8 Bahan Skincare untuk Memperbaiki Tekstur Kulit Bopeng

Bagaimana cara memperbaiki tekstur kulit bopeng? Pertanyaan itu nggak hanya muncul dari wanita saja, namun juga jadi pertanyaan yang paling banyak dicari oleh pria yang punya kulit bopeng.

Mempunyai tekstur kulit yang tidak merata dan bopeng memang sangat tidak nyaman. Apalagi kalau ingin menggunakan makeup. Belum pula bekas jerawat dan bopeng yang sangat jelas tampak. Untuk memperbaiki tekstur kulit bopeng dan menyamarkan bopeng memang dibutuhkan kesabaran tinggi.

Selain dengan menggunakan laser yang cukup menelan bujet, kita bisa mengatasi masalah kulit ini dengan produk skincare.

Bahan Skincare untuk memperbaiki tekstur kulit bopeng

Bopeng atau tekstur wajah yang tidak merata atau rusak menjadi salah satu masalah kulit wajah pada pria dan wanita yang sangat mengganggu. Dibandingkan dengan menghilangkan noda kemerahan, cara memperbaiki tekstur kulit bopeng bekas jerawat memang cukup sulit.

Karena itu, kita perlu memerhatikan secara detail kandungan atau bahan yang terdapat pada tiap produk skincare. Simak 10 bahan skincare berikut ini untuk memperbaiki tekstur kulit bopeng.

Vitamin C untuk Regenerasi

Vitamin C. (Foto: Shutterstock)
Vitamin C. (Foto: Shutterstock)

Tak hanya efektif untuk mencerahkan, Vitamin C juga baik untuk memperbaiki tekstur kulit bopeng. Penggunaan Vitamin C secara teratur juga dapat mempercepat regenerasi sel kulit. Sehingga bisa dengan cepat mengganti sel kulit yang rusak melalui sel kulit baru yang sehat.

Selain itu, penggunaan produk skincare yang mengandung vitamin C juga bisa meningkatkan produksi kolagen yang terdapat pada kulit. Ini akan membangun tekstur normal untuk memperbaiki tekstur kulit bopeng atau kasar. Vitamin C juga perlu dikonsumsi sehari-hari untuk menangkal radikal bebas yang bisa menghambat regenerasi kulit.

Calendula untuk memperbaiki keseimbangan kulit

Calendula adalah bahan alami yang kaya manfaat bagi kulit. Ekstrak tanaman calendula ini dapat  mencegah penuaan dini dengan dua cara berbeda, yakni dengan membantu mengencangan kulit, yang mengurangi kerusakan kulit secara bertahap. Serta mmbantu meningkatkan hidrasi pada kulit, yang merupakan salah satu cara untuk mencegah tanda-tanda penuaan.

Bahan ini juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka sekaligus mengurangi peradangan. Inilah yang membuat tumbuhan Calendula ideal untuk membantu menyembuhkan kemerahan, jerawat, dan sengatan matahari.

Kandungan bahan ini juga cocok untuk jenis kulit normal ke berminyak dan berjerawat. Bahan ini juga bisa membantu melindungi kulit terhadap sinar UV.

Lendir siput untuk membuat tekstur kulit lebih halus

Lendir siput sangat baik untuk memperbaiki tekstur kulit bopeng, sebab mengandung asam glikolat, protein, dan elastin yang secara alami karena berfungsi untuk melindungi kulit dari infeksi, kerusakan, dan paparan sinar UV.

Kandungan ini juga bermanfaat untuk menstimulasi produksi kolagen, sehingga cocok untuk memperbaiki luka bekas jerawat seperti bopeng. Lendir siput ini juga bisa membantu meningkatkan kemampuan kulit untuk menahan kelembaban dan mempercepat penyembuhan luka.

Kelebihan lainnya adalah lendir siput juga mengandung antioksidan, allantoin, senyawa antibiotik, elastin, asam hyaluronat, serta vitamin A, D, dan E. Hampir semua masalah kulit yang rusak dapat diatasi dengan kandungan multifungsi satu ini.

Perlu diingat, pada umumnya produk yang memiliki kandungan konsentrasi lendir siput yang tinggi. Oleh sebab itu, lebih baik untuk melakukan uji coba dahulu sebelum memulai penggunaan rutin. Usahakan pula untuk mencobanya dulu di lengan bawah sebagai tes alergi. Karena pasalnya, meski lendir siput berasal dari bahan alami namun bisa saja bereaksi negatif pada kulit, apalagi kulit sensitif yang bertekstur bopeng.

Soybean untuk meningkatkan elastisitas kulit

Soybean. (Foto: Shutterstock)
Soybean. (Foto: Shutterstock)

Soybean atau kedelai mempunyai beberapa manfaat untuk memperbaiki tekstur kulit bopeng, khususnya kulit kering. Karena kedelai efektif dalam mengatasi kulit kusam dan kering.

Selain itu kedelai sangat kaya Vitamin B1, antioksidan dan kolagen yang sangat efektif membantu memperbaiki jaringan kulit. Produk skincare dengan kandungan kedelai umumnya ditujukan untuk perawatan anti penuaan dan memperbiki tekstur kulit bopeng.

Bakuchiol untuk meningkatkan elemen pembentuk struktur kulit

Bakuchiol merupakan ekstrak dari daun dan biji babchi. Bakuchiol mampu menstimulasi kolagen dan kaya vitamin E yang bekerja sebagai antioksidan. Bahan ini berguna untuk mempercepat memperbaiki tekstur kulit bopeng, meskipun secara perlahan. Bakuchiol dapat meregulasi sel mitokondria yang mampu mengurangi kerusakan sel dari radikal bebas.

Selain itu, Bakuchiol juga bisa melembapkan dan menghidrasi kulit. Bakuchiol dapat melawan jerawat karena mengandung antibakteri yang dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Bakuchiol juga menjadi pengganti penggunaan Retinol bagi jenis kulit sensitif.

Ceramide untuk menjadikan kulit halus dan kenyal

Ceramide merupakan jaringan lemak (lipid) alami yang ada pada membran sel tubuh manusia. Fungsinya sebagai pembentuk lapisan pertahanan yang dapat menahan kadar air pada lapisan kulit, sehingga kulit akan lebih lembap, kenyal, tidak dehidrasi, dan terlihat awet muda. Selain itu, Ceramide juga berfungsi sebagai zat anti–aging yang mampu membuat kulit lebih lembap, dan tidak mudah kendur atau keriput.

Namun, jumlahnya kian lama akan kian berkurang seiring dengan bertambahnya umur dan beberapa faktor lainnya. Faktor penyebabnya seperti paparan sinar matahari, perawatan kulit yang telalu kasar dan keras, pola makan yang tak bernutrisi, serta penggunaan obat–obatan.

Ketika tekstur kulit kita bermasalah atau tumbuh bopeng pada wajah, salah satu langkah yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas ceramide alami pada kulit.

Buah bit

Buah bit (Foto: Shutterstock)
Buah bit (Foto: Shutterstock)

Biasanya, ekstrak buah bit terdapat dalam serum kecantikan wajah. Salah satu produk yang memiliki kandungan buah bit seperti Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum yang konon diklaim dapat memperbaiki tekstur kulit bopeng pada wajah, melembapkan hinga mencerahkan kulit.

Ekstrak pada buah bit yang terkandung dalam produk skincare dipercaya pula ampuh untuk mengatasi masalah kerusakan pada wajah. Seperti, mengatasi jerawat, mengurangi noda hitam di wajah dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Sunflower seed oil

Sunflower seed oil atau minyak biji bunga matahari sangat efektif dalam memperbaiki tekstur kulit bopeng dan sel kulit wajah yang rusak. Kulit bermasalah akibat stres atau peradangan akan hilang secara tuntas dengan produk skincare yang berbahan dasar alamiah ini.

Selain itu, ekstrak dari biji bunga matahari juga terbukti ampuh dalam membantu menghilangkan kulit yang bersisik, mengelupas serta mampu melembapkannya. 

Hadi

Halo, saya Hadi. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Jangan lupa tinggalkan jejak, agar saya dapat mengunjungimu balik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

POST ADS1

POST ADS 2