Kegunaan Pisang Raja Dempet

Pisang raja dempet – Pernah nggak mikir apa sih kegunaan pisang raja dempet? Gak harus pisang raja sih. Pisang apapun yang dempet sebenarnya apa kegunaannya? Kalau pernah mikirin gitu, berarti kita harus tos. Sama, aku juga. Sebelum kita bahas kegunaannya, kita cari tahu dulu kenapa pisang bisa dempet?

Kegunaan Pisang Raja Dempet

Pada dasarnya pisang raja dempet ini disebabkan oleh adanya kelainan genetic yang terjadi pada dua buah pisang yang tumbuh dempet seperti kembar. Masyarakat di Jawa sangat tidak menganjurkan memakan buah pisang yang dempet. Apalagi bagi orang yang sedang hamil.

Alasannya klasik, karena adanya mitos yang bilang kalau makan pisang dempet bakalan menimbulkan dampak yang tidak baik pada anak yang akan dilahirkan nantinya. Selain itu ibu hamil juga memiliki pantangan-pantangan lain, yang banyak banget, yang tidak boleh juga untuk dilakukan.

Akan tetapi larangan untuk makan pisang dempet ini tidak hanya berlaku bagi ibu hamil saja, melainkan juga berlaku untuk para suami yang istrinya sedang hamil. Jadi bakal diwanti-wanti sekali nih para suami supaya tidak memakan buah pisang yang dempet.

Jika hal tersebut dilanggar, nah ini ada hukumannya. Agak menyeramkan sih, tapi sebenarnya hanya mitos belaka. Katanya kalau nekat makan pisang dempet maka dikhawatirkan kalau nanti anak mereka bisa terlahir dengan tidak sempurna dan mengalami kekurangan baik fisik atau malah jadi ikutan dempet alias kembar siam.

Untuk yang kembar siam ini ada kasus lain, katanya yang dapat menyebabkan jari tangan atau tubuh bayi yang sedang lahir dempet itu tidak melulu lantaran orangtuanya makan pisang yang dempet. Bayi yang lahir dengan memiliki suatu kekurangan pasti ada hal-hal yang mempengaruhinya.

Larangan pisang dempet hanyalah suatu keyakinan bagi masyarakat Jawa saja,akan tetapi bila suatu hal itu dilarang sebaiknya dilaksanakan untuk tidak melanggarnya saja, demi kebaikan bersama. Makudnya ya cari aman, gitu.

Bagi ibu hamil cukup menjaga kesehatan diri dan bayi yang ada di rahimnya. Kemudian juga kesehatannya sehingga suami, karena pasti dibutuhkan tenaga segala halnya apabila nanti tiba saatnya bayi akan dilahirkan, supaya tidak kurang sesuatu apapun.

Tapi ya lagi-lagi balik ke kepercayaan masing-masing. Boleh percaya, boleh juga enggak. Karena sebenarnya masalah makan pisang dempet ini belum terbukti secara ilmiah. Tapi juga gak ada literature mana pun yang membahas tentang kegunaan pisang raja dempet, atau pisang jenis lainnya yang dempet apabila dikonsumsi.

Ibuku orang Jawa, kata ibuku kalau nemu pisang dempet, terus kita mau memakannya, sebaiknya dipisahkan saja dulu keduanya. Supaya pisang itu menjadi tidak dempet lagi. Kan bagi orang Jawa yang dilarang itu memakan pisang dempet, makanya dipisahin, biar gak jadi pisang dempet.

Tentang bayi yang telahir kembar siam apakah pengaruh dari orangtuanya yang memakan pisang dempet? Baik kita bahas sekarang.

Fakta Tentang Kembar Siam

Secara garis besar, kembar dibagi menjadi dua macam. Monozigot, kembar yang berasal dari satu telur dan dizigot kembar yang berasal dari dua telur. Dari seluruh jumlah kelahiran kembar, sepertiganya adalah monozigot. Kembar dizigot berarti dua telur matang dalam waktu bersamaan, lalu dibuahi oleh sperma.

Akibatnya, kedua sel telur itu mengalami pembuahan dalam waktu bersamaan. Sedangkan kembar monozigot berarti satu telur yang dibuahi sperma, lalu membelah dua.

Masa pembelahan inilah yang akan berpengaruh pada kondisi bayi kelak. Masa pembelahan sel telur terbagi dalam empat waktu, yaitu 0 – 72 jam, 4 – 8 hari, 9-12 dan 13 hari atau lebih. Pada pembelahan pertama, akan terjadi diamniotik yaitu rahim punya dua selaput ketuban, dan dikorionik atau rahim punya dua plasenta.

Sedangkan pada pembelahan kedua, selaput ketuban tetap dua, tapi rahim hanya punya satu plasenta. Pada kondisi ini, bisa saja terjadi salah satu bayi mendapat banyak makanan, sementara bayi satunya tidak. Akibatnya, perkembangan bayi bisa terhambat.

Lalu, pada pembelahan ketiga, selaput ketuban dan plasenta masing-masing hanya sebuah, tapi bayi masih membelah dengan baik. Pada pembelahan keempat, rahim hanya punya satu plasenta dan satu selaput ketuban, sehingga kemungkinan terjadinya kembar siam cukup besar.

Pasalnya waktu pembelahannya kelamaan, sehingga sel telur keburu berdempet. Jadi kembar siam biasanya terjadi pada monozigot yang pembelahannya lebih dari 13 hari. Dari keempat pembelahan tersebut, tentu saja yang terbaik adalah pembelahan pertama, karena bayi bisa membelah dengan sempurna.

Namun, keempat pembelahan ini tidak bisa diatur waktunya. Faktor yang memengaruhi waktu pembelahan, dan kenapa bisa membelah tidak sempurna sehingga mengakibatkan dempet, biasanya dikaitkan dengan infeksi, kurang gizi, dan masalah lingkungan.

Jadi dapat disimpulkan kalau makan pisang yang berdempet itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan terjadinya anak kembar siam, proses pembelahan pada saat masih di rahim yang kurang sempurna yang menyebabkan kelahiran bayi kembar siam bukan karena pisang yang dempet.

Tentang kegunaan pisang raja dempet sebenarnya tidak ada. Tidak hanya pisang raja, tetapi pisang apapun yang dempet sebenarnya tidak ada. Namun pisang jenis apapun dapat berguna untuk tubuh apabila dikonsumsi. Karena dapat berguna untuk mempercantik kulit, mengontrol berat badan dan sebagainya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *