Pengertian Hingga Kelebihan Dan Manfaat Digital Marketing

Apa itu digital marketing? Istilah yang mungkin sudah sering didengar belakangan ini, namun masih banyak juga yang belum tahu, pada dasarnya digital marketing sendiri merupakan kegiatan pemasaran yang melibatkan penggunaan jaringan dan teknologi digital dengan tujuan tertentu. Sekarang ini banyak perusahaan yang mulai menerapkan pemasaran digital tersebut, apalagi juga tidak dapat dipungkiri jika berbicara mengenai manfaat digital marketing juga banyak.

Digital marketing sendiri dapat diterapkan tidak hanya pada perusahaan besar, melainkan mulai dari yang skalanya kecil juga bisa menerapkannya, karena biaya yang dibutuhkan untuk pemasaran digital jauh lebih terjangkau. 

Tinggal pilah-pilih teknik yang sesuai saja, mengingat digital marketing sendiri memiliki banyak jenis teknik, seperti diantaranya adalah dengan menerapkan SEO, content marketing, digital advertising maupun yang lainnya. lalu apakah teknik ini sulit dilakukan? bagi pemula akan terasa sulit, namun dapat dipercayakan kepada perusahaan lain atau pihak ketiga.

Ilmu terkait dengan digital marketing ini dapat dipelajari, meskipun memang tidak bisa dipelajari sekaligus, namun bisa satu persatu sesuai dengan minat serta bakat yang Anda miliki saja. Kembali lagi dengan pembahasan mengenai manfaat digital marketing pada dasarnya sangat banyak, berikut ini yang patut diketahui, yaitu:

Penarget pasar

Tools yang ada pada digital marketing sudah didesain sedemikian rupa, sehingga nantinya memungkinkan untuk memperoleh data secara akurat tentang calon konsumen mereka. Termasuk diantaranya adalah kebiasaan serta preferensinya mengenai produk serta jasa yang ditawarkan tersebut. Sehingga akan mempermudah Anda untuk menyusun strategi yang tepat mengenai produk yang dijual, sehingga hasilnya bisa lebih efektif untuk bisa menggaet target market. Kemungkinan penjualan juga bisa meningkat.

Mempermudah dalam melakukan evaluasi dan analisis

Manfaat yang selanjutnya adalah memungkinkan dalam melakukan evaluasi hingga analisis, hal ini digunakan sebagai bahan untuk perusahaan menyusun strategi yang tepat dalam rangka pemasaran agar hasilnya lebih efektif, sehingga kemungkinan produk atau jasa yang ditawarkan akan laris manis ke pasaran.

Dapat meningkatkan reputasi brand

Banyaknya pengguna internet serta platform online sebenarnya hal ini besar juga kemungkinannya untuk meningkatkan reputasi brand produk atau jasa yang dijual tersebut. Tingkat keberhasilan dalam membangun brand akan membuat masyarakat atau target market juga menjadi semakin yakin atau percaya untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan, dampak jangka panjangnya tidak lain adalah penjualan yang kian meningkat.

Adapun juga kelebihan dari digital marketing dibandingkan dengan pemasaran tradisional, yaitu:

  1. Hemat biaya, kelebihan yang pertama adalah membantu menghemat biaya pemasaran, ini bisa dibandingkan sendiri dengan tarif pemasaran konvensional seperti iklan yang dilakukan pada media cepat ataupun iklan televisi yang biayanya relatif mahal.
  2. Dapat diukur, hasil dari digital marketing jelas dan dapat diukur, misalnya adalah lewat Google Ads dimana Anda akan tahu berapa jumlah orang yang membuka atau klik iklan tersebut, sedangkan berbeda dengan iklan konvensional misalnya adalah baliho, Anda tidak tahu berapa jumlah orang yang sudah melihatnya, begitu juga dengan billboard.
  3. Merupakan jenis pemasaran yang interaktif, mengapa dikatakan interaktif? Karena nantinya Anda sebagai pengiklan juga dapat berinteraksi dengan target market, misalnya adalah untuk pemasaran yang dilakukan melalui media sosial, dimana ketika posting konten maka nantinya orang lain bisa secara mudah mengomentari postingan Anda.

Jangkauannya lebih luas, tentu untuk hal yang satu ini banyak yang sudah tahu, karena internet dapat menjangkau lebih banyak orang di luar sana, tanpa adanya batasan waktu serta geografis. Jadi memungkinkan setiap orang yang menggunakan internet bisa jadi target market.

Tingkat keterlibatan dengan pelanggan yang lebih besar, faktanya dengan adanya digital marketing yang membuat pelaku usaha menjadi lebih interaktif dengan target market, maka tingkat keterlibatan konsumen untuk memberikan ulasan atau masukan juga lebih tinggi.

Manfaat digital marketing ini tidak main-main untuk bisa membantu meningkatkan perkembangan bisnis. Asah ilmunya dengan ikut pelatihan yang diadakan oleh Prasmul-ELI, langsung dibimbing oleh mentor yang berpengalaman serta punya kompetensi di bidangnya, dapatkan sertifikat setelah lulus pelatihan.

Hadi

Halo, saya Hadi. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Jangan lupa tinggalkan jejak, agar saya dapat mengunjungimu balik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

{post ads 1}

{post ads 2}