Cara Terbaik Nego Mobil Bekas

Harga mobil bekas umumnya mempunyai rentang pasaran yang tergantung dari kondisi dan tahun produksi. Mobil bekas menjadi pilihan mayoritas orang yang ingin memiliki mobil. Karena harganya lebih terjangkau ketimbang mobil baru untuk tipe model yang sama.

Mobil bekas telah terbukti lebih kuat dan lebih bandel secara performa dibandingkan dengan mobil baru yang beredar di pasaran saat ini. Saat mencari mobil bekas, kita bisa mencari ke bursa mobil bekas atau langsung ke penjual perorangan.

Harga yang ditawarkan tentu akan berbeda-beda, mengingat motivasi dealer menjual mobil bekasnya adalah memang untuk mencari keuntungan. Sedangkan, penjual perorangan biasanya menawarkan lebih terjangkau. Kebanyakan mereka biasanya menjual mobil karena ingin mencari dana tambahan untuk mengganti menjadi mobil baru, atau karena sedang ada keperluan lain yang mendesak.

Ketika kita mencari mobil bekas, hal wajib yang harus kita lakukan adalah tawar menawar harga. Tujuannya agar kita bisa mendapatkan harga mobil bekas yang sesuai ekspektasi kantong, atau minimal dapat mengurangi harga dari kekurangan yang ada pada mobil tersebut.

Sebab, banyak sekali ditemukan mobil bekas yang dijual tak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Estimasi perbaikan kendaraan atau mengurus surat-suratnya akan mencapai puluhan juta rupiah.

Penjual biasanya akan mematok harga yang tinggi terhadap mobil bekas mereka karena penjual hanya mengacu pada harga pasarannya saja. Mereka tidak melihat aspek lain seperti bagaimana kondisi fisik dan kondisi mesin mobil tersebut.

Cara Nego Terbaik Ketika Membeli Mobil Bekas


Berikut ini adalah beberapa langkah dalam mencari mobil bekas:

Tentukan Pilihan

Ketika membeli mobil bekas, sebaiknya harus disesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika akan rutin dipakai untuk bekerja, tentu lebih baik memilih mobil mungil yang nyaman dan irit bahan bakar. Kita yang sering bepergian bersama keluarga dapat memilih mobil berukuran besar.

Tentukan pula fitur apa saja yang dibutuhkan dari mobil impian, misalnya AC, power window, atau mengenai fitur safety seperti ABS / air bag. Dari sini, kita sudah bisa berburu harga pasaran dari mobil impian yang memiliki fitur yang kita mau tersebut.

Dari harga pasaran yang ada di bursa mobil bekas, nanti kita bisa mengajukan penawaran dengan nilai yang jauh di bawah harga itu. Tapi ingat, tetap logis dalam memberi penawaran yang rendahnya. Cara tawar menawar seperti ini biasanya akan terjadi pada dealer mobil bekas.

Kalau sudah cocok dengan harga yang diberikan, proses berikutnya adalah memeriksa kondisi kendaraan, baik fisik maupun mesinnya. Pastikan mobil yang akan kita pilih kondisinya masih sehat semuanya. Jika ada kerusakan, ini akan menjadi poin kita untuk kembali menawar harga dengan alasan perbaikan.

Memeriksa Kondisi Eksterior dan Interior Mobil

Lakukan pengecekan keadaan mobil bekas dengan cermat. Jika perlu, bawa rekan yang memang mengerti mesin mobil untuk membantu memeriksa kondisinya.

Setiap mobil berbeda perlakuannya, ada yang mahal dalam perawatan mesin serta komponennya. Serta ada pula mobil yang justru lebih murah dalam perawatan mesin namun mahal untuk body repair. Pastikan terlebih dulu, kondisi mesin dan bodi sehat agar kita tidak akan terbebani banyak perbaikan setelah membelinya.

Pertama periksa dulu bagian eksterior. Periksa dengan sangat teliti kondisi cat mobil. Perhatikan apakah di sana ada titik-titik karat, penyok maupun goresan. Lihat detil permukaan sisi mobil dari ujung ke ujung.

Apabila ada yang bergelombang, tandanya bagian tersebut sudah pernah dicat ulang, itu menandakan bekas dempul yang kurang rata. Jika ada bagian kasar, bisa jadi itu juga bekas lakban penutup saat cat ulang.

Jangan lupa periksa  juga knalpot mobilnya. Kalau ada bercak oli di ujung pipa berarti menandakan masalah besar. Ketika kita menyalakan mesin dan keluar asap putih, ini pun merupakan pertanda buruk dari kerusakan pada bagian mesin karena oli rembes ke ruang pembakaran.

Kalau dirasa cukup dengan urusan bagian luar, maka pemeriksaan bisa dilanjutkan ke bagian dalam. Periksa dulu bagian panel-panel apakah tetap utuh dan catnya masih cerah. Lalu periksa pula bagian jok, apakah ada sobekan, lubang ataupun kerusakan lainnya. Ketika duduk di kursi pengemudi periksa dulu kondisi lampu-lampu yang ada. Hal ini termasuk kamera parkir, sistem audio, sensor parkir, dan sebagainya.

Periksa Kondisi Mesin

Apabila knalpot bersih? Bukan berarti kita harus mengabaikan soal kondisi mesin. Kita tetap  perlu memeriksa kondisinya baik secara visual ataupun suara. Pada blok mesin ini, cermati apakah terdapat noda oli atau tidak. Jika ada artinya ada kebocoran di sana, dan kemungkinan membutuhkan perbaikan besar di kemudian hari. Periksa pula minyak rem dan reservoirnya dan pastikan sekali lagi kalau tidak ada kebocoran.

Cara lain untuk memeriksa mesin ini adalah dengan cara mendengarnya. Hidupkan mesin 3 – 5 menit dan dengarkan. Ulangi cara ini, selanjutnya buka kap atau tutup mesin mobil.

Pastikan suara mesin masih halus dan konstan pada saat mesin dihidupkan tanpa harus membleyer gas. Jika kita mulai merasa ada yang janggal pada pengamatan pertama, lebih baik kita tinggalkan saja.

Test Drive Mobil Bekas

Banyak dealer atau pun penjual perorangan yang merasa enggan apabila diminta melakukan test drive. Apabila mereka tak percaya, mintalah izin dan ajak juga pemilik mobil untuk kita coba kendarai mobilnya.

Kendarailah dengan berbagai manuver dan cobalah sesekali berkecepatan tinggi. Lalu pada kecepatan rendah, lakukan lepas stir untuk mengecek apa mobil tetap berjalan lurus atau tidak.

Apabila kita telah merasa yakin dengan kondisi mobil saat sesi test drive, pastikan sekali lagi kondisi pajak kendaraannya. Mobil sehat yang dijual relatif murah terkadang pajaknya menunggak beberapa tahun. Jika benar terjadi seperti ini, kita perlu menawar harga yang sesuai dengan jumlah pajak yang tertunggak.

Jika pihak penjual tidak memberi harga nego, cobalah untuk meminta kepada penjual untuk melunasi pajak yang tertunggak. Dengan demikian, kita tidak terbebani pajak yang tertunggak sampai balik nama saat mobil telah berada di tangan kita.

Demikian tips tawar menawar mobil bekas dan cara memeriksa kondisi mobil bekas sebelum membelinya. Semoga bermanfaat bagi kita semua untuk mendapatkan mobil impian.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kita sangat dituntut untuk meminimalisirkan kegiatan di luar rumah. Sehingga sebisa mungkin kita tetap harus berada di rumah saja. Lantas pertanyaannya bagiamana cara kita membeli mobil kalau kita tidak boleh keluar rumah.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah cari mobil bekas yang memberikan layanan COD, seperti mobil88. Untuk mengakomodir kebutuhan supaya dapat melihat mobil idaman tanpa harus keluar rumah, mobil88 berikan layanan COD (Car On Delivery).

Layanan COD ini memungkinkan pelanggan untuk dapat melihat dan melakukan cek mobil yang telah dipilih dari mobil88 bahkan dapat pula melakukan test drive #DariRumahAja, karena staff mobil88 yang akan mengantar mobil ke rumah dan free biaya antar showing.

mobil bekas
Hadi

Halo, saya Hadi. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Jangan lupa tinggalkan jejak, agar saya dapat mengunjungimu balik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

{post ads 1}

{post ads 2}