February 2016 - Hadi Ku
News Update
Loading...

Friday, 26 February 2016

Review Buku: Berikutnya Kau yang Mati

Judul: Berikutnya Kau yang Mati
Penulis: Arie F. Rofian
Penyunting: Dyah Utami
Penyelaras Akhir: Sasa
Perancang dan Ilustrasi Sampul: Fahmi Fauzi
Penata Letak: Theresa Greacella
Penerbit: Moka Media
Berikutnya Kau yang Mati


Blurb

Ini adalah kisah enam anak manusia, terpisah ruang dan jarak. Mereka semua tak saling mengenal. Mereka semua tak mengerti. Namun, tanpa pernah mereka sadari, mereka telah terjebak dalam lingkaran takdir kematian. tanpa bisa mereka tolak, kematian mengetuk pintu rumah mereka. Satu persatu, Dan sekarang, mereka harus menghadapi hal yang lebih menyakitkan dari kematian.


***
"Gelap dan hening. Terlampau hening, bahkan. Jantungku mendadak berdegup lebih keras. Tanganku meraba-raba, mencari pegangan untuk kemudian melangkah. Tak ada apa-apa, kecuali permukaan dinding yang memantulkan hawa dingin. Jari-jariku lantas menelusuri permukaan dinding secara perlahan. penelusuran itu baru berakhir ketika jariku mendapati gumpalan cairan yang kental membasahi dinding. Aku mengendus, mencium bau anyir dari jariku yang baru saja menyentuh dinding.

Darah!"

Review

Biasanya kisah Horror tidak lepas dari yang namanya 'kematian'. Awalnya saya menganggap enam kisah kematian yang terjadi di buku ini sebagai kisah-kisah mistis biasa yang menimpa seseorang yang sedang ketiban sial. saya juga bukan seorang penggemar buku horror, bahkan cenderung mencoba untuk menghindarinya. Apalagi setelah mengetahui bahwa isi dari buku ini sepertinya merupakan kumpulan cerpen. saya bukanlah tipe pembaca penggemar buku kumpulan cerita pendek.

Dan saya selalu membayangkan akan bertemu dengan berbagai macam tokoh hantu Indonesia pada buku ini seperti tuyul, genderuwo, kuntilanak, suster ngesot, pocong, dan lain-lain. Sekali lagi dugaanku salah. Pada awalnya saya benar-benar yakin dengan dugaanku ketika disambut oleh kisah Agus yang menegur Johan yang tampak bicara seorang diri, Tetapi menurut Johan dia baru saja berbicara dengan seorang anak kecil berambut panjang.

Kali ini ungkapan apa ya yang bagus untuk dikaitkan dengan buku karya Arie F. Rofian ini? Jangan menilai buku dari genrenya, mungkin?

Satu nilai tambah untuk Penulis, walaupun kisah pada setiap bab berbeda, Tetapi tokoh-tokoh pada satu kisah memiliki hubungan pada kisah selanjutnya yang membuat para pembaca tidak bisa melepas buku yang tidak terlalu tebal ini. Apalagi Penulis membuat 'sesuatu' untuk dijadikan sebagai suatu alasan bagi para pembaca untuk terus membaca bukunya ini, dan alasanku tetap melahap buku ini hingga ke lembar terakhir karena 'sesuatu' itu.

Namun sayangnya, ending cerita yang sempat dipakai oleh Penulis secara beruntun pada beberapa kisah di buku ini membuat feelku terhadap kisah itu sedikit berkurang. Membuatku mudah menebak apa yang akan terjadi pada tokoh utama pada kisah itu.

Penulis sukses merampungkan kisahnya dengan baik. saya sendiri merasa sangat puas setelah selesai membaca buku ini. Perjuangan melahap buku ini hingga lembar terakhir, terbayarkan dengan tuntas. Tidak ada rasa 'kurang tepat' yang sering kali dirasakan ketika selesai membaca beberapa buku stand-alone seperti ini.

Kelebihan

1. Ide ceritanya tidak hanya tentang takdir enam anak manusia yang tidak saling mengenal tapi mengalami keterkaitan takdir yang sama. Yaitu kematian.. Lebih dari itu. Penulis dengan apiknya menyisipkan tokoh di bab pertama ada di bab ke dua. Tokoh di bab kedua ada di bab pertama. Dan seterusnya... Saya yang membacanya juga sampai keheranan. Damn! Keren nih orang nulisnya!!! (baca; pake ekspresi squidward).
2. Alurnya tidak dapat ditebak.
3. Membuat pembaca tidak sabar ingin segera menamatkan bacaannya dan mengetahui bagaimana ending-nya.
4. Ketegangan yang diusahakan oleh penulis dalam narasinya, berhasil. Saya sampai panas dingin membacanya.
5. Tidak hanya tentang kematian. Tapi novel ini juga berisi unsur psikologis yang mengharuskan salah satu tokoh berkonsultasi ke seorang psikiater. Benar-benar  membuat saya lupa bahwa Penulis novel ini lulusan manajemen.

Review Buku: Everybody's Man

Penulis: Arie Fajar Rofian
Judul: Everybody's Man
ISBN: 9786020263618
Editor: Pradita Seti Rahayu
Est. Terbit: 29-Apr-2015
SPT Design Cover: Hadi
Penulis: Arie Fajar Rofian Judul: Everybody's Man
 Everybody's Man

R-I-A-N. Empat huruf, satu raga. Lima cerita, satu jiwa... Perempuan punya cara masing-masing dalam bercerita tentang cinta. Manis, getir, harap, juga bencana. Mana yang benar-benar Rian cinta?

Bercerita tentang sudut pandang dari beberapa perempuan atas diri Rian. Penampakan dari cowok cool yang sangat digandrungi di seantero kampus. Awalnya, saya kira ceritanya akan sama dengan cerita-cerita romance anak kuliahan pada umumnya. Cowok keren. Suka sama cewek yang biasa. Ah, pokoknya khas romance. Tapi ternyata, di luar dugaan saya, ceritanya justeru merangkum banyak sekali sudut pandang. Bukan hanya tentang cinta, tapi juga tentang kehidupan yang benar-benar terjadi dan ada di sekeliling kita.

Kak Arie mampu mengontrol emosi pembaca dengan menyelipkan beberapa candaan ringan dan tokoh yang jarang ada, semacam Prio (sahabat Rian yang tidak jelas kadar kewarasannya).

Membaca novel ini, sama seperti kamu sedang duduk santai sembari nikmatin teh hangat. Dan di sebelahmu seperti ada beberapa perempuan yang sedang bercerita tentang satu nama. Rian.

Ah. Lagi-lagi Riaaaaaaannnnn. :')

Review

Setelah hampir berbulan-bulan tersesat di antah berantah yang mendapatkan signal kencang itu hanyalah sebuah impian, akhirnya hari ini saya bisa online dengan numpang wifi gretongan di sekolah adik saya. Meski udah kelar dari entah kapan membaca novel terbaru Kak Arie, rasa nyesek bacanya masih kerasa. Apalagi kalau ingat Ryan, si tokoh utamanya itu...

Inilah reviewnya. Disimak ya, soalnya pasti kalian akan nyesel kalau sampai nggak kebagian novel itu di toko buku.

Novel terbaru Kak Arie ini, cara berceritanya nggak terlalu jauh berbeda dengan novel pertamanya "Berikutnya Kau yang Mati". Banyak sekali teka-teki yang membuat kita sebagai pembaca sulit sekali berhenti membaca meski sekedar untuk ke kamar mandi.

Saya banyak sekali membaca novel romance. Tapi membaca novel romance yang memiliki gaya khas bercerita yang unik, ya cuma punya Kak Arie ini recomended.



Thursday, 25 February 2016

Review Buku: More Than This

Banyak pembaca yang memuji akan kehebatan buku yang bergenre YA Dystopian ini. More THan This ini terbit 2013. Menggabungkan fiksi ilmiah dengan surealisme, memadukan kisah remaja yang familiar dengan cerita futuristik-distopia, More Than This bercerita tentang seorang remaja yang bunuh diri, tenggelam, di samudra, dan terbangun di sebuah dunia yang kosong. Sendirian, dia menjelajahi dunia barunya yang absen dari manusia, namun penuh tanda-tanda peradaban. Perlahan, ia mempelajari kenyataan-kenyataan yang ada – mengenai hidup dan kematian, mengenai nyata dan tidak – dan menemukan keganjilan yang tak terkatakan.

Judul: More Than This
Penulis: Patrick Ness
Tahun Terbit: 2013
Penerbit: Walker Books Ltd
Halaman: 480 lembar 

More Than This

Sinopsis buku More Than This 

Mengisahkan tentang seorang remaja pria, Seth, yang pingsan dan lalu  mendapati dirinya tidak  berada di Amerika Serikat melainkan berada di Inggris, di rumahnya di mana dia dibesarkan.  

Seth dibuat heran dengan apa yang terjadi dan mencoba mencari tahu mengapa dia bisa berada di sana. Seth bukan hanya kesepian, namun juga mendapatkan semacam mimipi-mimpi buruk akankenangan pahit sepanjang hidupnya. 

Review buku More Than This

Alasan yang menjadikan buku berkesan adalah penulis membuka pembukaan dengan mematikan tokoh utama atau lebih tepat lagi, 'bunuh diri'. Karena biasanya di buku-buku yang lain, tokoh akan dibuat mati di akhir cerita. Maka inilah keunikan dari buku More Than This ini (MTT)

MTT terbagi dalam empat bagian di mana bagian pertama dan kedua hanya menceritakan bagaimana Seth pingsan dan mendapati dirinya sendiri di tempat yang menjadi mimpi buruknya sewaktu kecil, yaitu Inggris. Suatu hal buruk terjai kepada adik lelakinya dan dia berefek pada Seth. Kerana itu dia membenci Inggris, lalu dia pindah ke Amerika Serikat. Kemalangan itu menghantui Seth dan membuat dia merasa bersalah sepanjang hidup. 

Patrick Ness - penulis buku ini, mengembangkan konflik cerita di dua bagian terakhir dengan memperkenalkan tokoh Thomasz dan Regine yang terperangkap bersama Seth dalam dunia asing. Kejutan mula terasa di bagian terakhir dan MTT diakhiri dengan akhiran yang dapat membuat pembaca tercengang, dengan kata lain plot-twist!! 

Pembaca seolah-olah sedang menyusun kepingan puzzle dan Patrick Ness memberantakan kepingan-kepingan itu. 

Paling menarik, MTT dilengkapi dengan transisi present dan past di mana ia diselang-selingkan dengan kehidupan Seth sebelum dia pingsan. Di sini pembaca mula mengenal tokoh utama ini tentang bagaimana dia mengalami tekanan hidup sejak kecil dan rasa dikucilkan oleh orangtuanya sendiri. Drama terjadi ketika Seth terpaksa berhadapan dengan orang sekelilingnya jika  rahasia hubungannya dengan Gudmund terbongkar. 

Hampir separuh dari buku ini hanya melibatkan tokoh utamanya, tapi siapa yang menyangka jika hanya dengan satu tokoh saja,  sudah cukup untuk menghidupkan sebuah cerita dalam buku ini?

Setiap bagian dalam MTT diceritakan dengan begitu terperinci membuatkan pembaca seolah-olah berada di tempat tokoh utamanya, Seth. Ketika membaca MTT, pembaca dapat merasakan ketakutan, kebingungan, dan perasaan seperti diasingkan yang dialami Seth. 

Wednesday, 24 February 2016

Review Buku: Di Bawah Langit yang Sama

Helga Rif
Judul : Di Bawah Langit yang Sama
Penulis : Helga Rif
Penerbit : GagasMedia
Tahun terbit : 2015
Cetakan : pertama
Tebal : 276 hlm
ISBN : 979-780-811-4

Di kotaku, gadis-gadis berkebaya meriung merangkai bunga.
Menyanyikan kidung. Juga membicarakan cinta, yang ternyata tak semudah yang kita sangka.

Seperti cintaku, yang kini kupertanyakan di tepi pura dekat taman bunga.
Dia dan aku sungguh berbeda meski berada di bawah langit yang sama.
“Kau seperti kupu-kupu,” katanya, “yang sempurna dan cantik warnanya.”
Seharusnya, aku bahagia mendengarnya.
Namun, aku sadar, sayapku tak bisa terbang bebas.

Cinta tumbuh di tempat yang jauh, sementara sayapku terikat di sini.
Di pulau para dewa, yang menyimpan banyak rindu untuk memanggilku kembali.
Yang nyanyian ombak di pantainya mampu mendamaikan risau di hati.

Langit masih memiliki warna yang sama, aku dan dia berada di bawahnya.
Kami mengirimkan cinta dan doa.
Namun, diam-diam juga saling bertanya, apakah doa kami akan sampai ke tempat yang sama?

Jika kau pernah mendengar kisah serupa, kabarkan kisahnya ke Pulau Dewata; apakah bahagia atau sesal yang ada di ujung kisahnya?

—Indira


Indira, gadis Bali yang melanjutkan kuliah di Singapura. Setelah lulus kuliah, dia bekerja di salah satu perusahaan tekstil sebagai desainer. Di sana dia berpacaran dengan Maximilian Liem, yang merupakan atasan sekaligus anak dari pemilik perusahaan.

Suatu ketika Max menawarkan Indira sebuah proyek besar dengan Mr. Howard,  klien dari Australia, bersamaan dengan berita duka yang didapatkannya dari  Iswara, adiknya yang tinggal di Bali, bahwa Niang—panggilan nenek untuk masyarakat Bali yang berkasta kesatria—meninggal. Berita duka itu membuat Indira harus pulang ke Bali dan meninggalkan segala hal, pekerjaannya, proyek besarnya dengan Mr. Howard, dan termasuk pula kekasihnya—Max.

Di situlah bagian paling menarik dari novel ini. Deskripsi budaya Bali yang digambarkan penulis sangat kental, belum lagi elemen-elemen adatnya, dan hal-hal yang erat sekali  kaitannya dengan agama Hindu. Diceritakan pula prosesi ngaben yang cukup merepotkan dan memakan waktu lama.

Setelah pulang ke Bali, waktu Indira banyak tersita untuk merayakan upacara ngaben neneknya. Desain pesanan untuk proyek dengan Mr. Howard jadi terbengkalai. Selain itu dia juga terpaksa memperpanjang masa cuti kerja, sebab upacara ngaben baru akan selesai berminggu-minggu kemudian. Sehingga membuatnya bertemu lagi dengan teman main semasa kecilnya yang setelah tamat SMP merantau ke Jakarta, namanya Gung Wah. Masalah bertambah saat Gung Wah ketahuan jatuh cinta pada Indira.

Konflik novel ini lekat dengan adat. Ada empat kasta di Bali, yaitu Brahmana, Kesatria, Wesya, dan Sudra. Di Bali, perkara kasta sangat sering menjadi pro-kontra, terutama dalam masalah pernikahan. Ada aturan jika perempuan yang menikah harus mengikuti kasta suami. Konflik semakin berkembang saat Indira terjerat pada keadaan yang memaksanya untuk memilih Max—laki-laki beragama Budha yang punya status sosial dan ekonomi yang bagus di Singapura, atau memilih Gung Wah—laki-laki berkasta sama yang dalam sistem kasta bisa masuk ke dalam keluarganya, tetapi tidak dicintainya. Sangat rumit sekali. Namun seru.

Berbeda dengan novel lain yang mengangkat latar Bali, novel ini hampir tidak membeberkan tempat-tempat wisata yang berada di pulau Dewata. Namun, novel ini akan membuat para pembacanya dekat dengan Bali melalui budaya, adat, ritual, dan kearifan lokalnya yang kental.

Monday, 22 February 2016

Review Buku: Skripsick: Derita Mahasiswa Abadi

SkripSick
Skripsick: Derita Mahasiswa Abadi
Penulis: Chara Perdana
Ilustrasi: Orikarikatur
Desain sampul: Apung Donggala
Penerbit: Matahari
ISBN: 978-602-1258-65-1
Cetakan I: Januari 2014
144 halaman
Buntelan dari @rach_char

Gue udah mulai galau, selain karena gue jadi jomblo akut, gue juga terdesak buat cepet-cepet lulus. Alasan gue lulus cukup berlogika.

- 95 persen penghuni di kampus gue cowok, 2,5 persen cowok ngondek, 2 persen waria, nah yang 0,5 persen cewek jadi jadian (sepertinya operasi kelamin mereka terkendala dana).

Statistika itu jelas membuat gue nggak betah di kampus.

- Gue telat!

Loe hamil Char?

Bukan! Bukan itu! Gue telat masuk sekolah! Gue telat masuk TK!! Bener-bener ngebohay banget! *hening


Ok, alasan-alasan itu cukup membuat gue untuk bertindak nekat!! Gue harus lulus cepet sebelum gue berubah orientasi seksual atau berpikir buat operasi kelamin. Tapi ternyata, hidup tidak semudah itu.


Masa-masa yang paling kelam bagi mahasiswa adalah ketika menghadapiskripsi. Buku ini menceritakan tentang kegalauan skripsi. Mulai dari pikiran, waktu juga uang yang terkuras. Mencari judul mati-matian, bolak balik revisi. Mencari referensi teori, masuk ke perpus berulang kali, beli buku penunjang yang cuma dipakai sekali aja. Jadi kalong karena dikejar deadline, paginya nguber dosbing biar mau mengoreksi.

    "Kalian ngapain kuliah di sini, Dek! Masuknya susah, di dalemnya susah, keluarnya juga susah."
    Gue inget banget waktu itu, karena waktu si MAPALA ngomong gitu, gue merhatiin temen gue ngupil dengan asoynya, yang gue ingat kata-kata, Masuknya susah, di dalemnya susah, keluarnya juga susah, persis banget kayak upil temen gue.
    Waktu pun berlalu, gue akhirnya terbebas sama yang namanya SETAN OSPEK, enam bulan Boi! Enam bulan! Kalo gue jadi TKI di Arab, gue udah nikah empat kali.
    Tapi ternyata "kutukan upil" itu masih berlaku, dia menunggu waktu yang tepat.


Sesuai dengan daftar pustaka, buku ini 80 persen berdasarkan kisah nyata, 15 persen hiperbola, dan 5 persen bualan semata. Nggak mau jadi mahasiswa abadi di kampusnya, Chara menargetkan harus cepat lulus, namun dia kesulitan dalam menyusun Skripsi,  dan dia tidak tau apa yang haris dia kerjain. Berbekal pengetahuan yang terbatas, dia memberanikan diri untuk mengajukan proposal ke Mr. Giant dan Mr. Suneo.

 Mr. Giant dipilih karena dia dosen senior tapi dia pelupa parah dan suka ingkar janji. Sedangkan Mr. Suneo dipilih karena dia multitasking di segala bidang, Chara tak ingin dia jadi penguji di sidang nanti. Ini sudah aturan yang ada di kampusnya. Dosen pembimbing tidak boleh jadi penguji.

Tak  hanya sampai di situ aja, Chara harus berpusing ria menentukan judul dan materi yang akan dia buat, bahkan sampai terjadi perbedaan pendapat antara dosen pembimbing. Kemudian mencari referensi, sempat di PHP-in toko buku online, siang malam ngerjain di lab kampus, menghadapi dosen pembimbing yang sulit ditemui dan pelupa, pinjem hp temen untuk mempraktekkan apa yang dia buat sampai ribut dengan kepala lab dan skripsinya mau dihapus. Cobaan tak henti-hentinya menghadang Chara demi mendapatkan gelar sarjana.

    Buat laporan itu ibarat pilek yang nggak sembuh-sembuh. Rasanya sakit di kepala, pengin ngeluarin ingus, tapi masih ada terus.

    Gue bener-bener ngelus dada, idup gue nggak jauh-jauh dari kata sial, tekor, jadi bulan-bulanan ababil, ditolak cewek melulu, jomblo ngiri, balik lagi ke sial. Hidup emang berputar, dan putaran roda hidup gue cuman di situ-situ aja. Kalo udah gini, cuman Baygon cair yang bisa muasin dahaga gue.

Ujian Nasional Menakutkan? Hadapi dengan 7 Tips Ini!

Ujian Nasional

Asumsi negatif tentang Ujian Nasional sudah jadi rahasia umum buat para dedek gemes. Saya pun dulu seperti itu. Apalagi saya bukan anak yang paling pintar di sekolah. Hanya masuk sepuluh besar di kelas, dan itu pun mentok dengan nilainya pas-pasan.

Pun begitu, setiap anak punya cara sendiri-sendiri dalam menghadapinya. Ada yang santai saja, ada yang sudah mulai giat belajar mengikuti bimbel, malah ada juga yang super santai. Ini biasanya yang kecanduan sosial media. Dedek gemes tipe ini lebih asik mainan gadget dibandingkan belajar. 

7 Tips berikut ini mungkin bakal berguna buat para dedek gemes yang akan segera menghadapi Ujian Nasional. 

MINDSET LULUS

Yang paling utama adalah pola pikir. Menurut artikel yang pernah saya baca, pola pikir seseorang akan memengaruhi tindakan. Jadi kalau pola pikir sudah tertanam, insya Allah, dedek gemes akan sukse menghadapi Ujian Nasional. 

PERCAYA DIRI 

Jangan pernah cemas. Percaya aja pada potensi diri yang kamu miliki. Dengan begitu pikiran kamu akan menjadi tenang. Sehingga dapat memperlancar kamu untuk berpikir positif. Ini juga berguna acapkali kamu ingin menggunakan jurus cap cip cup kembang kuncup. 

Sumber MICE Indonesia
JAGA KESEHATAN

Sebetulnya ini poin utama. Ujian Nasional kamu bakalan kacau jika kamu tidak sehat. Menjaga kesehatan itu penting. Sebab di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jadi kalau kamu nggak pengen sakit, artinya kamu harus menjaga kesehatan kamu. 

NYARI PACAR 

Ini penting dan tidak penting. Tapi bisa bikin nyesel juga kalau nggak dilakuin. Karena, kita mungkins aja sering membaca kalimat yang menyebutkan, kisah yang paling indah itu adalah saat SMA. Nah, mumpung masih SMA mending kamu cari pacar dulu. Jadi nanti pas sudah tua nggak nyesel, kenapa kok dulu jaman SMA nggak pacaran. Kalau udah punya pacar juga harus positif, jangan mainan sama sex, bikin pacar kamu sebagai sumber inspirasi tentang banyak hal, termasuk penyemangat dalam menghadapi Ujian Nasional. kontol gede adi nurgroho, kontol gede horan pratama, kontol gede robby purba

BELAJAR KELOMPOK 

Belajar kelompok bisa juga kamu ambil sebagai sarana untuk menghadapi Ujian Nasional. Perbanyak referensi soal ujian nasional. Belajar bareng pacar, atau temen-temen yang kamu akrabi juga bisa memepererat pertemanan kamu. Dan lagi, biasanya moment seperti ini lah yang pantas buat kamu jadikan sebagai ajang ngumpul. Sebab biasanya setelah ujian nasional berakhir, kamu dan temen-temen kamu bakalan sibuk sendiri-sendiri dengan aktivitas persiapan kuliah dan sebagainya. Jadi bakalan sulit punya waktu bersama. Bah!

DOA

Manusia hanya bisa berusaha sembari berdo'a. Adapun ketetapan semuanya ada ditangan Yang Maha Kuasa. Maka bertawakal dan banyak mendekatlah kepada-Nya dengan berbagai ibadah dan kebajikan. Kamu mungkin lupa, kalau keberhasilan itu adalah titik temu antara usaha dan doa. 

NGEBLOG 

Ini semacam pencatatan cerita. Jadi apa aja yang sudah kamu lalui dalam menghadapi Ujian Nasional, kamu ceritain ke blog. Dengan begitu kamu bisa membaca ulang beberapa tahun yang akan datang, semacam mengukir kenangan gitulah. 

“Kenangan itu cuma hantu di sudut pikiran. Selama kita cuma diam dan nggak berbuat apa-apa, selamanya dia akan tetap jadi hantu. Nggak akan pernah jadi kenyataan.” Dee Lestari, Perahu Kertas. 

Mungkin itu aja sih. 

Saturday, 20 February 2016

Nikmatnya Chitato Rasa Indomie Goreng


Kamu pasti suka bereksperimen dengan hal baru, demikian pula dengan cemilan kamu. Kini Chitato menyajikan rasa baru, rasa Indomie Goreng yang sering jadi andalan sarapan kamu. Sensasi rasa gurih Indomie Mi Goreng yang menyatu dalam potongan bergelombang Chitato, memberikan kenikmatan yang sensasional.

Nongkrong dan ngobrol dengan teman kamu jadi semakin rame dan seru dengan adanya Chitato rasa baru yaitu Chitato Rasa Indomie Goreng. Chitato Rasa Indomie Goreng diproduksi oleh PT. Indofood Fritolay Makmur dan tersedia dalam kemasan 55 g.

Chitato Rasa Mi Goreng
Selain heboh dengan berita Saipul Jamil yang ngemut titit cowok SMA, sekarang juga lagi heboh dengan jajanan baru. Namanya Chitato rasa Mi Goreng. Chitato sendiri adalah jajanan semacam keripik kentang yang dikasih rasa-rasa. Datangnya Chotato dengan rasa Mi Goreng ini berhasil membuat semua orang penasaran. Dan beberapa juga merasa excited abis buat nyobain, termasuk saya.

Sekilas rasanya biasa aja sih. Semacam keripik kentang lainnya. Yang jadi bedanya, Chitato Rasa Mi Goreng ini memiliki rasa sejenis mecin. Atau yang khas kayak bumbu mi goreng gitulah. Memakan Chitato rasa Mi Goreng ini malah seperti memakan mi mentah. Ada gurih-gurihnya, enak, dan sedikit pedas.

Overall dari segi rasa, Chitato ini sayakasih nilai 7 dari 10. Enak kok buat cemilan, jadi buat kamu yang mau beli Chitato rasa Indomie goreng, nggak bakalan nyesel. Mungkin sampai sini saja sih tentang ulasan rasa dari Chitato Indomie Goreng.

Kalau menurut Edho Zell, Chitato rasa Indomie Goreng ini mirip Chitato yang rasa BBQ. Namun wanginya Indomie Goreng yang ada minyak-minyak sayurnya. Jadi semacam nyicipin Chitato BBQ yang disisipin minyak sayur.

Selengkapnya review Edho Zell ada di video berikut ini.

Kompetisi Menulis Universal Nikko 2016

Kamu merasa kota tempat tinggalmu keren untuk dijadikan setting novel? Ikuti Kompetisi Menulis Universal Nikko 2016 dengan tema Young Adult Locality Novel yuk.

KOMPETISI MENULIS UNIVERSAL NIKKO 2016
Kompetisi Menulis Universal Nikko


"Young Adult Locality Novel"

Hai Nikko Ganks!
Setelah Universal Nikko sukses reborn lewat buku '19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres', sekarang saatnya kamu yang menampilkan kemampuan menulismu di sini.
Kenapa 'Young Adult Locality Novel'?
Indonesia kaya akan budaya dan tradisi yang perlu dikenalkan lebih luas lagi. Makanya, yuk tuangkan idemu!
Syarat & Ketentuan :
- Peserta adalah WNI
- Naskah belum pernah dipublikasikan dalam media apapun dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba serupa.
- Naskah merupakan karya asli, tidak plagiat, bukan terjemahan atau saduran.
- Naskah menampilkan kisah berlatar budaya maupun tradisi Indonesia dengan gaya bercerita yang ringan dan fresh
- Usia tokoh dalam cerita berkisar 17-25 tahun.
- Cerita tidak menyinggung SARA, politik & pornografi
- Panjang naskah 100-150 halaman A4, margin normal. Diketik font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1,5.
- Nama penulis tidak boleh dicantumkan di naskah. (Hanya ditulis dalam formulir yang telah disediakan)
- Penulis hanya boleh mengirimkan satu naskah terbaiknya.
- Naskah dikirim ke email portalnikko@gmail.com dengan subject Lomba YALN (spasi) Judul (spasi) Nama Penulis
- Sertakan satu foto diri bersama buku '19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres'
- Lampirkan formulir YALN yg bisa didownload di sini
- Naskah dikirim selambat-lambatnya 05 Maret 2016 pukul 23:59 WIB
- Pemenang diumumkan pada 10 April 2016.
Hadiah :
Juara 1 : Rp 7.000.000,- + kontrak terbit + sertifikat
Juara 2 : Rp 5.000.000,- + kontrak terbit +u sertifikat
3 Juara Harapan : Paket buku masing-masing senilai Rp 500.000,-
*Hadiah uang tunai termasuk kontrak beli putus dengan penulis*
Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Ayok tunjukkan
jurus menulismu! Let's born with Universal Nikko.

Wednesday, 17 February 2016

Review Buku; City of Rose

Penulis:  Rob Hart
Tanggal Pub: Februari 9, 2016 
ISBN: 978-1-940610-51-1 
Jumlah halaman: 304pp 
Penerbit: Polis Buku

City if Rose
Sebuah bouncer strip-klub menetapkan untuk menemukan seorang anak penari hilang dalam novel kedua menampilkan detektif Ash McKenna. Meninggalkan New York City setelah tragedi, Ash muncul bekerja di sebuah strip bersama vegan di Portland, Oregon. 

Sumpahnya untuk tetap low profile keluar jendela ketika dia memperingatkan untuk tidak melihat ke dalam kasus penari yang anaknya kecil diambil oleh pecandu mantannya. 

Jejak membawa Ash dalam kontak dengan kedua kartel narkoba Meksiko dan pol lokal yang ambisius. Ini adalah wilayah rebus akrab, tapi itu baik dieksekusi dan pemogokan keseimbangan menarik, kasar tanpa sadis, berpasir tanpa mesum. 

Keengganan Ash untuk menggunakan kekerasan untuk menghadapi musuh-musuhnya menyelesaikan sendiri dengan cara yang tidak bebek kebingungan moral pasifisme, meskipun dendam ia akhirnya mengambil tidak disajikan sebagai kemenangan, baik. 

Namun, keengganan berlangsung terlalu lama. kelambatan Ash dalam menerima bahwa orang-orang jahat yang jelas tidak terbuka untuk alasan strain bukan hanya kredibilitas plot, tapi komitmen pahlawan untuk keselamatan stripper dan putrinya. 

Penyimpangan sesekali ke dalam sentimentalitas tidak mengurangi dari membaca menarik, tetapi mereka jatuh pendek dari momen terbaik buku, yang ditandai dengan Hart bergantian cepat dan cerdas dari frase. 

Sebuah novel di mana seorang wanita mengumumkan "Ini adalah yang paling saya sudah merokok sejak aku tahu aku hamil" adalah salah satu untuk menghangatkan kerang keras digigit hati penggemar noir ini.

Monday, 15 February 2016

Review Buku THE LAST DETECTIVE

Robert Crais
Pub Date: Feb. 18th, 2003
ISBN: 0-385-50426-8
Page count: 400pp
Publisher: Doubleday
THE LAST DETECTIVE


Sebelum ia memukul waktu besar dengan Hostage (2001), Crais membuat namanya dengan tujuh novel tentang wisecracking tapi pernah lebih keras LA Shamus Elvis Cole. 

Sekarang kembali panas pahlawan tuanya menunjukkan bahwa seseorang tidak bisa pulang lagi. Menit sebelum wanita kesayangan Elvis, pengacara-berpaling-TV komentator Lucy Chenier, kembali dari lima hari di jalan, anaknya Ben, yang sudah punya ikatan dengan Elvis selama ketidakhadiran ibunya, yang menyambar dari bawah hidung tuannya. 

Sedikit bukti untuk tim tentara bayaran profesional, pembunuh untuk menyewa-persis seperti orang mantan Lucy, Baton Rouge gas exec Richard Chenier, telah berulang kali memperingatkan Lucy beau barunya menarik-sehingga tidak mengherankan bahwa Richard, melompat jet keluar ke pantai, tiba dengan asap mengepul dari telinganya dan trio dugaan ahli sendiri di belakangnya: sepasang pensiunan polisi New Orleans dan Leland Myers, kepala keamanan Richard sendiri. 

Pertengkaran wajib tentang salah siapa penculikan adalah, yang harus menjadi yang pertama di penyelidikan, dan yang harus hanya tinggal keluar dari jalan adalah penting terutama untuk kemudahan Elvis dalam mendapatkan LA detektif Carol Starkey, berkunjung dari Crais lain berdiri sendiri (Pembongkaran Angel, 2000), ke sisi dengan dia dan mitra lamanya Joe Pike, siapa yang gagah berjuang untuk pulih dari luka-luka yang dideritanya dalam outing terakhir Elvis (LA Requiem, 1999) dan rasa malu dalam menjalankan dari beruang (tidak meminta). 

Pekerjaan detektif, ketika Elvis memiliki kesempatan untuk itu, adalah suara dan plot yang cukup berkelok-kelok, tapi itu tidak lagi cukup untuk Crais, yang ante up dengan kilas balik ke masa kecil Elvis diabaikan dan layanan Vietnam, memberikan penjahat nya kelas dunia yang buruk kredensial -guy yang Anda harapkan dari sebuah film Austin Powers, dan tahap adegan aksi begitu cepat bahwa "semua itu terjadi dalam milidetik, atau bahkan mungkin lebih cepat." Elvis pada steroid. Ketat untuk kontingen Rusia-hakim.

Kutipan

"Dewasa selalu bertanya-tanya apa yang harus dikatakan dan bagaimana mengatakannya ketika mereka sedang berbicara dengan seorang anak. Anda ingin menjadi bijaksana, tetapi Anda hanya sendiri dalam tubuh yang lebih besar. Tidak ada yang pernah mengetahui apa yang tampak. Hal-hal yang Anda pikir Anda tahu nyatanya tidak pernah tertentu. Aku tahu itu sekarang. Saya berharap bahwa saya tidak." - Robert Crais

"Ketika Anda melihat seseorang , semua yang Anda lihat adalah apa yang mereka membiarkan Anda melihat." - Robert Crais

Terimakasih Buat Pembaca Long Distance RelationSick


Long Distance RelationSick: Pernah ngak sih mikir kalau waktu itu berlalu begitu cepat? Inget-inget lah coba, kapan kamu terakhir kali mainin mainan kamu waktu kecil? Kalau lupa, berarti itu udah lama banget. Dan kamu pasti nggak sadar kalau sekarang umur kamu sudah lumayan banyak. 

Ngomongin waktu yang berlalunya kelewatan, nggak nyangka juga ternyata Long Distance RelationSick sudah diterbitkan selama satu semester. Dan selama satu semester ini saya merasa bersyukur, karena bukunya lumayan laku. Ya anggap saja seperti itu, atau anggap saja ini doa, lalu bantuin saya untuk mengamininya bareng-bareng. Aamiin 

Jadi postingan kali ini saya dedikasikan kepada semua orang yang sudah membaca buku saya, Long Distance RelationSick. Terimakasih yang sebesar-besarnya juga setinggi-tingginya, atas apreisasi yang diberikan.


Long Distance RelationSick

Mengingat saya bukan orang yang punya pengaruh yang besar. Saya blogger biasa. Saya juga bukan orang terkenal. Lalu apa lagi? Ini juga debut pertama saya. Maka cukup menyenangkan saat saya tahu kalau buku Long Distance RelationSick ini ada yang beli. 

Pembuatan buku ini dimulai ketika saya merasa punya kegelisahan. tentang skripsi yang tak kunjung acc. Dan saya bingung mau melampiaskannya ke mana. Kebetulan, saya dikasih informasi oleh temen kalau penerbit Media Pressindo sedang mencari naskah komedi. Waktu itu, ketertarikan saya memang sudah ke komedi, meski entah saya berkiblat pada penulis mana, yang jelas kalau saya pengen nulis ya nulis aja.  Geje.

Blurb
Gue pikir, menjalin hubungan LDR itu sama aja kayak air kopi tanpa gula. Pahit. Banyak sekali cobaan. Gue seringkali ngalamin yang namanya galau. Kalau setiap Sabtu malam orang-orang nge-date sama pacarnya, sedangkan gue, ya, Tuhaaaan! Gue hanya bengong doang, nungguin anak ayam turun seribu yang mati satu tinggal sembilan ratus sembilan puluh sembilan. Giliran anak ayam tinggal dua dan gue melihat ayam itu gandengan, gue pasti bakalan envy abis. Anak ayam aja gandengan, masa gue enggak?
***
Ini bukan kisah sedih di hari Minggu. Ini kisah sedih yang dialami Minggu (iya, nama orang bukan nama hari). Semenjak terpisahkan oleh jarak dengan pacarnya, cowok itu sering gonta-ganti nada dering yang bikin bermuram durja. Kadang pake lagu Jaga Selalu Hatimu-nya Seventeen, kadang pasang Lagu Rindu-nya Kerispatih. Semuanya masih baik-baik saja asalkan stok pulsa terjamin atau operator nggak iseng-iseng nyapa doi: “Nomor yang Anda tuju sedang sibuk.” Kalau kedua hal itu udah kejadian, prasangka buruk pun dateng dan seharian bakal annoying. Dia lagi apa? Lagi pergi sama siapa? Udah makan belum? Udah poop belum? *abaikan pertanyaan terakhir* Dih, ngerasa senasib sepenanggungan? Daripada lo nangis senderan di dalam kamar mandi sambil shower-an, mending lo meratapi nasib bareng Minggu aja deh!

Selain itu, dulu banget waktu kuliah, pernah nyeletuk di atas motor. Kalau saya pengen punya buku sebelum lulus kuliah. 

Tuhan Mahabaik, yang selalu mengabulkan permintaan hambaNya. Dan sebelum saya tamat kuliah, saya beneran berhasil punya buku. Kuliah saya molor satu semester gegara ngerjain buku ini. Tidak patut dicontoh, emang. Tapi menjadi dewasa itu kudu bisa menentukan sikap, kalau mau ambil ini jangan setengah-setengah, meski ada resiko lain yang menunggu. 

Terbayar lah. Sedih terlambat sarjananya, karena di tahun yang sama saya wisuda, buku ini juga dipasarkan. 

Beberapa ini juga komentar yang masuk ke Goodreads lumayan baik-baik. Walaupun yang ngasih komentar adalah orang-orang yang mengenal saya, dan masih segelintir sekali. Saya harap sih penilaian mereka kali ini subyektif. 3.91 dari 5 bintang. 22 ratings, dan 8 reviews. 

Ada yang ngasih bintang satu juga di sana. SADIS!!! Sedih sih. Tapi seperti itulah karya, kalau sudah dipubilkasikan, semua orang bebas untuk menilainya. Reviewnya juga beragam. 

Ada yang memuji
Safitri Hirawling

Richa Miskiyya 


Ada yang lega

Rido Arbain 

Ada yang kayaknya senang
Vindy Putri 


Eva Sri Rahayu
Vivie Hardika



Ada yang terkesan sinis



Dan ada juga yang bikin mikir

Haris Firmansyah


Buku ini juga sempat nangkring di beberapa blog kawan dekat saya. Sekali lagi, azas pertemanan sangat berguna dalam hal review, meski ada juga yang tanpa diminta pun sudah mengulasnya. 

http://www.edotzherjunotz.com/2015/06/ngomongin-buku-long-distance.html ~ ulasan Edotz Herjunotz
http://www.ketimpukbuku.com/2015/11/review-long-distance-relationsick-hadi.html ~ ulasannya Inokari
https://www.vindyputri.com/review-long-distance-relationsick-bikin/ ~ ulasannya Vindy Putri 
http://www.immanuel-notes.com/2015/09/long-distance-relationsick-by-had1k.html ~ ulasannya Immanuel 
http://www.harisfirmansyah.com/2015/06/long-distance-relationsick-sakit.html ~ ulasannya Haris Firmansyah
https://miafajarani.com/kehidupan/review-long-distance-relationsick-by-hadi-kurniawan/ ~ ulasannya Mia Fajarani
http://www.mis-fil.com/2015/06/review-singkat-cast-prediction-novel.html ~ ulasannya Si Misfiil
http://thejourneyofpurple.blogspot.co.id/2015/06/kisah-galau-di-hati-minggu.html ~ ulasannya Arista Devi
https://www.facebook.com/notes/isnanto-fitriansyah/ldr-sick-on-everywhere-where/930124280357509 ~ ulasannya Isnanto Fitriansyah 
http://peripinus.blogspot.co.id/2015/06/long-distance-rela-nggak-rela.html ~ ulasannya Vivie Hardika

Baru segini doang yang mengulas Long Distance RelationSick, nggak apa-apa. Semoga bakalan nambah lagi. Urutan ini saya ambil dari pencarian google.

Long Distance RelationSick


Sempat ada juga yang nanya, kenapa nggak ngadain GA, Mas? 

Sebenarnya dulu banget saya pernah bikin GA hadiah buku ini. Itu waktu musim PO. Ya, doakan lah kalau saya punya rejeki lagi, saya bakal ngadain GA lagi. Cuma masalahnya, saya bingung mau bikin GA yang model kayak gimana. Takutnya nanti kadung bikin GA, malah nggak ada yang ikutan. Kan sedih juga kesannya.

Punya ide nggak mau bikin GA apa? Coba komen, kali aja seru. :D 

Ya udah, kali ini intinya makasih banyak buat yang udah baca buku Long Distance RelationSick. Buat yang belum baca, semoga ada niatan untuk membaca. Yang nggak punya duit semoga nanti pas punya duit berkenan membeli buku ini. Aamiin

Friday, 12 February 2016

6 Tips Menolak Semangat Kerja yang Mulai Kendur

Apakah kamu merasa memerlukan tips untuk membangkitkan semangat kerja yang mulai kendur? Banyak hal yang bisa menyebabkan semangat kerja kendur. Mulai dari ketidakpuasan terhadap posisi kerja atau atasan yang galak, lingkungan yang kurang menyenangkan, rekan kerja yang kurang kita sukai, termasuk kondisi ekonomi yang tidak juga beranjak.

Lalu pertanyaanya selanjutnya, saat semangat dalam bekerja mulai kendur, apakah kita harus mengikutinya? Kita biarkan semangat kendur, lalu akhirnya prestasi kerja kita pun jeblok. Apakah ini akan baik? Atau membuat segalanya semakin buruk? Lalu kita bisa saja dipecat, bisa saja terjalin hubungan yang tidak baik, bahkan bisa mengganggu kesehatan. Emosi yang terus negatif akan mengganggu kesehatan.

Untuk itu, saat semangat kerjamu mulai kendur, kamu harus membangkitkan semangat kerja sesegera mungkin. Berikut ada beberapa alasan kenapa kamu harus semangat kerja. 


1. Tanamkan cinta terhadap pekerjaan
rubrik-cinta.blogspot.com
Adanya rasa cinta terhadap pekerjaan dalam diri kamu akan membuat kamu bertahan di tempat kerja, walau banyak alasan yang membuat kamu jenuh. Atasan bawel, rekan kerja yang menjengkelkan, dan lain lain, itu adalah salah satu ujian yang harus kamu lalui. Jadi, menanamkan rasa cinta atas pekerjaan kamu akan dengan mudah meminimaliris kebosanan saat berada di tempat kerja.

2. Karena Kamu butuh Uang
www.m.ask.com

Dengan berpikir kamu butuh uang secepatnya, kamu akan lebih semangat lagi untuk mengerjakan semua tugasmu. Sehingga kamu tak sabar menunggu tanggal gajian, supaya kamu segera mendapatkan uang. 

3. Ingat, kamu juga harus menikah!
rafikamaluddin.blogspot.com

Ketika kamu berpikir usia kamu sudah cukup untuk menikah, maka pekerjaan kamu akan terasa lebih terfokus dibandingkan sebelumnya. Apakah kamu sudah menanamkan sikap seperti ini? Jika belum tak mengapa. Namun, buat kamu yang sudah di atas usia 23 tahun, lebih baik mulailah menanamkan sikap seperti ini. Dan bayangkan betapa bangganya kekasih kamu menunggu hari bahagia itu. 


4. Ingat tujuan utama kamu lagi
www.pulsk.com
 
Emang kebanyakan dari kita yang diharapkan dari pekerjaan adalah mengharapkan gaji atau penghasilan. Namun, di sisi lain tentu saja kamu juga punya tujuan lain dong? Ayo ingat-ingat lagi. Apakah akhir tahun nanti kamu ingin ngebolang? Mulailah bekerja dengan semangat, sesemangat kamu nabung untuk mengumpulkan perencanaan ngebolang kamu. 

5. Pikirkan kamu bekerja buat siapa
 
www.cintaindo.com
Dengan begitu kamu pasti tidak akan menemukan alasan untuk tidak semangat lagi. Karena yang ada dialam pikiran kamu adalah membahagiakan seseoarang. Entah itu kekasih kamu, atau bahkan orangtua, atau Bibi, atau selain itu. Kamu tentu harus punya semua itu. Jadikan ini sebagai cita-cita ya

6. Kamu pengen beli apa? 
 
www.kaskus.co.id
Nah, ini solusi bisa manjur juga bisa sebaliknya. Dengan memikirkan apa yang ingin sekali kamu beli akan membuat kamu lebih semangat bekerja lagi. Hingga tahu-tahu sudah gajian aja. Lalu kamu  bisa belanja deh. Memanjakan diri sesekali penting loh. 

Itulah 6 alasan kenapa kamu harus menolak semangat kerja yang mulai kendur. Ada yang masih malas-malasan? Apa yang  membuatmu malas kerja? Ayo kita bedah bersama.

Saturday, 6 February 2016

Unfrorgettable Baper Moments, Gak Selamanya Baper Itu Bikin Hati Kleper-kleper


Unfrorgettable Baper Moments
Unfrorgettable Baper Moments
Penulis: @JustParody & Haris Firmansyah
Penyunting: Radindra Rahman
Penyelaras Akhir: Seno Teguh Pribadi
Pendesain Sampul: MU-GO Studio
Penata Letak: Tri Indah Marty R
Penerbit: Wahyu Qolbu

Buku ini dibuat atas keprihatinan setelah melihat begitu banyaknya jomblo yang galau, katanya. Penulisnya ada 11 orang. Jadi kalau dibikin tim sepak bola sudah cukup. Eh 12 deng dengan akun @justparody.  

Unforgettable Baper Moment ini membahas tentang cerita baper yang tak terlupakan yang dialami langsung oleh penulis. Namun ceritanya di sini bukan hanya membahas tentang jomblo saja, melainkan ada keberagaman lain seperti baper karena pertama kerja, baper sebagai mamah muda, baper karena jomblo juga ada. 

Yang menarik dari buku ini, selain memiliki layout yang cantik, buku ini juga menyuguhkan solusi bagaimana caranya mensiasati kebaperan tersebut. Sehingga pembaca tidak hanya disuguhkan dengan adanya cerita yang seru, namun juga dapat mengambil pembelajaran dari buku ini. 

Seperti tip move on yang ditulis oleh Haris Firmansyah berikut ini
"Cinta-cintaan itu butuh biaya besar. Cari kerja yang bener dulu deh sebelum cari pacar. Jadilah sukses untuk orang yang lu sayangi."
Iya, hanya begitu saja tip move on ala Haris. Dia sebelumnya bercerita tentang kisah cintanya yang tidak direstui oleh orangtua. Kisah seperti ini banyak di drama korea. Tapi emang kisah yang seperti ini bisa bikin moment baper yang tak terlupakan sih. 

Saya paling suka cerita buatan  Meyke Santoso. Dia menulis tentang Move On Antimainstream. Yang menceritakan tentang kiat-kiatnya melupakan mantan yang sudah dipacarinya selama 58 bulan.

Saya juga suka sama poin-poin penting yang dibikin Risma Rusli untuk orang-orang yang susah move on. Risma Rusli ini semacam belajar dari pengalaman hidupnya yang menyedihkan sekali kalau menurut saya. Aduh, perasaan kok bisa diedit seperti itu ya. 

Dan saya ngakak waktu baca tulisannya Evy Yulianty, dengan cerita Job in My Life-nya yang berhasil menyajikan kekocakan cerita tentang pengalaman-pengalamannya bekerja.  Penasaran? Baca lah bukunya. 

Sayangnya saya tidak menemukan tulisan yang dibikin @justParody  dalam buku ini. Serta ketidak konsistenan dalam melabeli buku aja sih. Di cover depan ditulis TRUE STORY. Tapi kok di barcodenya malah dibikin Fiksi Religi

True Story atau Fiksi Religi
Bukannya kisah nyata dengan fiksi itu berbanding terbalik? Mungkin penerbitnya punya alasan lain. Buku bagus nih. Cocok buat kamu yang lagi nyari bacaan ringan. 



Thursday, 4 February 2016

Review Buku WICKED SEXY LIAR

CHRISTINA LAUREN
Pub Date: Feb. 2nd, 2016
ISBN: 978-1-4767-7798-6 
Page count: 384pp 
Publisher: Gallery Books/Simon & Schuster 
Wickes Sexy Liar
Ketika sebuah kecelakaan berselancar meyakinkan London yang akan pulang dengan wanita-pembunuh Luke adalah ide yang baik, dia tertarik padanya meskipun reputasinya.

London menikmati nya sedikit pemalas gaya hidup di San Diego. Berselancar di pagi hari dan bartending di malam hari ketika tinggal di rumah ia diwarisi dari neneknya adalah menyenangkan, tanggung jawab bebas keberadaan dan cara sempurna untuk membayar tagihan sementara dia melakukan beberapa proyek desain grafis kecil untuk membangun portofolio nya.

Teman sekamar Lola dan teman-temannya memberikan lingkaran sosial diterima, membantu dia mendapatkan lebih dari pengkhianatan pacar jangka panjang. Biasanya menolak untuk perhatian laki-laki di bar, terutama dari orang-orang yang memberikan off getaran penggoda, London menemukan dirinya mengatakan ya untuk Luke setelah tumpahan dari papan selancarnya meninggalkan dia perasaan tegang.

Suatu malam pikiran-bertiup seks adalah semua yang dia inginkan, tapi Lukas adalah menarik dan lebih menyenangkan daripada dia ingin. Pada awalnya dia mencoba untuk menjaga jarak karena reputasinya, tapi hal-hal yang lebih rumit ketika ia menemukan ia dibesarkan dengan Lola dan memiliki hubungan jangka panjang dengan salah satu sahabatnya, Mia, yang meledak setelah kecelakaan pre-college.

Terlalu banyak drama dan kecemasan untuk London, jadi mengapa Luke terus mendorong untuk lebih? Untuk main perempuan brengsek diverifikasi, ia tampaknya akan banyak kesulitan untuk tetap dalam hidupnya. Kedua penulis yang dikenal bersama sebagai Lauren mengambil seri liar Seasons mereka di luar trio asli berteman dengan gelar keempat ini, dan fans tidak akan kecewa.

London adalah suka berkelahi dan dimengerti ambivalen terhadap Lukas, yang merupakan pacar buku yang sempurna: pemain yang panas, sensitif, dan siap untuk mereformasi untuk gadis yang tepat. dialog Lauren tajam, olok-olok lucu, dan dual perspektif orang pertama (dengan bab bolak mengatakan dari London dan poin Lukas pandang) menjaga emosi tinggi, dekat, dan intens. Sebuah hypersexy, asmara canggih yang sempurna menangkap rasa lapar, sensasi, dan tidak diragukan muda, cinta modern.Ketika sebuah kecelakaan berselancar meyakinkan London yang akan pulang dengan wanita-pembunuh Luke adalah ide yang baik, dia tertarik padanya meskipun reputasinya.

London menikmati nya sedikit pemalas gaya hidup di San Diego. Berselancar di pagi hari dan bartending di malam hari ketika tinggal di rumah ia diwarisi dari neneknya adalah menyenangkan, tanggung jawab bebas keberadaan dan cara sempurna untuk membayar tagihan sementara dia melakukan beberapa proyek desain grafis kecil untuk membangun portofolio nya.

Teman sekamar Lola dan teman-temannya memberikan lingkaran sosial diterima, membantu dia mendapatkan lebih dari pengkhianatan pacar jangka panjang. Biasanya menolak untuk perhatian laki-laki di bar, terutama dari orang-orang yang memberikan off getaran penggoda, London menemukan dirinya mengatakan ya untuk Luke setelah tumpahan dari papan selancarnya meninggalkan dia perasaan tegang. Suatu malam pikiran-bertiup seks adalah semua yang dia inginkan, tapi Lukas adalah menarik dan lebih menyenangkan daripada dia ingin.

Pada awalnya dia mencoba untuk menjaga jarak karena reputasinya, tapi hal-hal yang lebih rumit ketika ia menemukan ia dibesarkan dengan Lola dan memiliki hubungan jangka panjang dengan salah satu sahabatnya, Mia, yang meledak setelah kecelakaan pre-college.

Terlalu banyak drama dan kecemasan untuk London, jadi mengapa Luke terus mendorong untuk lebih? Untuk main perempuan brengsek diverifikasi, ia tampaknya akan banyak kesulitan untuk tetap dalam hidupnya.

Kedua penulis yang dikenal bersama sebagai Lauren mengambil seri liar Seasons mereka di luar trio asli berteman dengan gelar keempat ini, dan fans tidak akan kecewa. London adalah suka berkelahi dan dimengerti ambivalen terhadap Lukas, yang merupakan pacar buku yang sempurna: pemain yang panas, sensitif, dan siap untuk mereformasi untuk gadis yang tepat. dialog Lauren tajam, olok-olok lucu, dan dual perspektif orang pertama (dengan bab bolak mengatakan dari London dan poin Lukas pandang) menjaga emosi tinggi, dekat, dan intens.

Sebuah hypersex, asmara canggih yang sempurna menangkap rasa lapar, sensasi, dan tidak diragukan muda, cinta modern.

Featured

[Featured][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done