Cara Menghindari Kebakaran Mobil

Pemilik mobil tentu harus tahu penyebab-penyebab mobil bisa terbakar baik saat diparkir maupun sedang di jalan. Dengan mengetahui berbagai penyebab tersebut maka tentunya bisa meminimalisir terjadinya kebakaran.

Selain itu juga penting untuk mengetahui cara penanggulangan yang benar ketika mobil sudah mulai terbakar. Semua hal penting tentunya harus diketahui pemilik agar saat kebakaran terjadi bisa ditanggulangi dengan baik dan benar.

Bahkan ada beberapa tahapan yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran mulai dari jangan panik dan tetap tenang. Rasa panik tentu hanya akan membuat pengemudi tidak bisa berpikir makanya tetaplah tenang dan tahu apa yang harus dilakukan untuk memadamkan api.

Setelah tenang selanjutnya adalah berhentikan mobil di pinggir jalan, langsung matikan mesin, dan langsung evakuasi semua penumpang ke tempat yang aman. Selanjutnya adalah ambil APAR yang sudah disediakan di dalam mobil sambil meminta pertolongan kepada pemadam untuk segera datang ke lokasi kejadian.

Dengan melakukan tahapan tersebut, maka api bisa dipadamkan dan mobil terselamatkan. Setiap orang tentu tahu bahwa mobil rawan terbakar karena berbagai faktor, tetapi ada 3 cara berikut ini yang bisa dilakukan untuk menghindari kebakaran.


Selalu berkala melakukan perawatan

Hal paling pertama yang wajib dilakukan dan tidak boleh diabaikan yaitu berkala dalam melakukan perawatan. Saat mobil berada di bengkel tentunya jika ada komponen yang rusak atau harus diganti maka akan langsung diperbaiki oleh mekanik. Jangan lupa juga rutin dalam mengganti oli agar meminimalisir risiko mesin terbakar.

Jangan menyimpan benda yang mudah terbakar

Saat mesin mobil mati dan tidak ada orang di dalam mobil, maka akan ada peningkatan suhu di dalam mobil yang akan berdampak pada benda yang ada di dalamnya. Maka itu, jangan meletakkan atau menyimpan benda yang mudah terbakar seperti korek api gas, power bank, charger, kamera, dan berbagai peralatan elektronik lainnya.

Apalagi jika mobil di parkir pada siang hari di tempat terbuka tentunya akan membuat peningkatan suhu menjadi lebih cepat dan dapat memicu ledakan dari berbagai alat elektronik tersebut.

Jangan parkir kendaraan dekat sumber api

Sebelum parkir kendaraan baik sebentar atau lama, maka harus memastikan kondisi di sekitar tempat parkir. Jangan sampai salah tempat parkir karena jaraknya dekat dengan sumber api karena dikhawatirkan bara api akan terbang dan menempel di bagian yang mudah dan cepat terbakar. Maka itu sebaiknya parkir di tempat yang aman agar tidak terjadi kebakaran pada mobil.

Itulah cara yang bisa dilakukan pemilik kendaraan agar tidak terjadi kebakaran pada mobil milik pribadi. Jika terjadi kebakaran tentunya tidak akan layak dijual ke orang lain, makanya calon pembeli mobil bekas harus peduli terhadap hal ini.

Carilah situs jual beli yang aman seperti platform mobbi yang sebelumnya bernama mo88i. Platform ini menyediakan berbagai merek kendaraan roda empat salah satunya Toyota. Setiap orang bisa cek harga Fortuner bekas dan juga model lainnya hanya melalui aplikasi yang disediakan mobbi.

Hadi

Halo, saya Hadi. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Jangan lupa tinggalkan jejak, agar saya dapat mengunjungimu balik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

{post ads 1}

{post ads 2}