September 2019 - Hadi Ku
News Update
Loading...

Monday, 30 September 2019

PPG Dalam Jabatan Sudah Dibuka




Iya sih sudah dibuka. Tapi sebagai guru yang masih dinyatakan sebagai CPNS saya tidak bisa mendaftar program ini. Ada tanda silang pada kolom Kualifikasi dan pada TMT mengajar.

Ya mau bagaimana lagi. Katanya kalau bukan rejeki kita, mau dikejar bagaimana pun juga tetap gak bakalan jadi milik kita. Sebaliknya, kalau memang sudah rejeki kita, pasti akan datang pada kita. 

Sabar. Akan datang saatnya. Pasti akan ada waktunya. Yang perlu dilakukan hanya menunggu saja. Tidak akan lama. Tenang saja. Semua pasti akan sampai pada waktunya. Jangan khawatir. 

Catatan ini hanya coba-coba saja. Dikirim via email melalui badan text. Apa yang akan terjadi selanjutnya? Mari kita perhatikan. 

Sunday, 29 September 2019

Traveloka Xperience Inspirasi Untuk Berbulan Madu


Saya baru menikah 3 bulan yang lalu. Sebagai sepasang laki bini yang sedang menyelami berbagai pengalaman baru, kami berdua senang mencoba apa saja. 

Nah, kebetulan nih, beberapa waktu lalu saya membaca laman dari kompas.com yang mengulas tentang Traveloka Xperience.  

Wah kayaknya semesta mendukung nih. Apalagi buat saya dan bojo yang belum sempat liburan, uhuk-uhuk, bulan madu maksudnya.


Selama ini saya tahunya aplikasi Traveloka hanya bisa dipakai untuk tujuan travel aja. Ternyata dari laman kompas.com saya baru tahu nih kalau 

Traveloka sekarang sudah mengembangkan sayapnya dengan membuat fitur baru di aplikasi. Namanya Traveloka Xperience.

Ada cerita menariknya selama pembuatan fitur ini. Konon katanya fitur ini dibuat berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh tim Traveloka di Haris Group. 

Kemudian mendapatkan hasil  bahwa kebanyakan kaum milenial lebih memilih untuk menghabiskan uang mereka untuk pengeluaran yang bertujuan mencari pengalaman baru. 

Wah wah, saya dan bojo yang masuk di generasi ini kayaknya ikut membenarkan. Kami berdua memang lebih senang mencari atau melakukan hal-hal baru dengan tujuan menciptakan pengalaman baru. 

Pengalaman baru yang saya maksud di sini seperti menonton konser, mendaki gunung, tur ke luar negeri, naik roller coaster di taman impian, nonton bioskop dan lain sebaginya. 

Ternyata dari hasil studi itu kalangan muda dominan memiliki minat yang sama seperti saya dan bojo, yaitu mengeluarkan uang demi pengalaman baru ketimbang untuk membeli barang berupa pakaian, mobil, rumah atau perhiasan. 


Dari hasil itulah katanya yang selanjutnya meyakinkan sesebapak Christian Suwarna namanya, beliau akhirnya yakin nih kalau membuat fitur baru di Traveloka dengan tujuan tersebut di atas adalah sesuatu yang tepat. 

Maka terbentuklah fitur baru yang dinamai Traveloka Xperience ini.

Oh iya ada tambahan pendapat juga nih, kali ini dari Head of Xperience Product Marketing Traveloka, alias kepala bagian pemasaran fitur Traveloka Xperience ini  Terry Santoso. Saya masih mengutip dari laman kompas.com, sesebapak ini bilang kalau fitur ini tidak hanya  memiliki tujuan untuk memudahkan para penggunanya dalam menggali pengalaman baru di bidang lifestyle saja, akan tetapi juga dapat digunakan oleh semua mitra Traveloka  di seluruh nusantara maupun dunia dalam mengelola tempat wisata yang baik, sehingga bisa dijadikan sebagai wadah untuk memberikan rekomendasi aktivitas liburan ataupun gaya hidup yang telah dikurasikan. 

Semua ini maksud dan tujuannya adalah supaya apa yang terdapat pada aplikasi langsung sesuai dengan ekpektasi para penggunanya. 

Tidak hanya itu, masih ada juga layanan Easy Acces yang sudah dapat dipastikan sangat berfaedah buat kita semua kaum milenial. Wah luar biasa kan Traveloka Xperience ini?



Pokoknya hadirnya Traveloka Xperience ini menurut saya dan bojo memberikan inspirasi banget dalam mencoba banyak pengalaman baru. Karena di dalamnya ada banyak layanan yang diberikan. 

Setidaknya ada sekitar 12 kategori layanan yang saya dan bojo temukan dalam Traveloka Xperience ini. Yaitu atraksi, tur, hiburan, spa & kecantikan, bioskop, makanan dan minuman, olahraga, taman bermain, event, transportasi lokal, pelengkap travel, dan kursus atau workshop.

Setelah membaca-baca beberapa layanan yang ada di Traveloka Xperience ini, saya jadi punya niat yang besar untuk berbulan madu. 

Asli. Semua layanan yang diberikan seru-seru banget. Saya dan bojo bisa bersenang-senang dengan mencicipi setiap kategori layanan yang diberikan. 


Dalam benak saya nih, saya bakalan ke Dufan atau ke Trans Studio Bandung buat menikmati atraksi yang memacu adrenalin di setiap wahananya. Terus karaoke atau ice scatting, nyobain layanan hiburannya. 

Kemudian makan-makan, dan selanjutnya saya bisa berolahraga sambil menunggu bojo saya menikmati spa dan kecantikan.  Pasti bojo saya bahagia nih kalau saya beneran ngajakin begitu. 

Tapi  kapan ya? Semoga ada waktu deh untuk menjajal #XperienceSeru ini. Aamiin



Referensi:
  1. https://travel.kompas.com/read/2019/06/21/210700927/kini-kamu-bisa-booking-kegiatan-menarik-di-traveloka
  2. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3993635/traveloka-xperience-hadirkan-layanan-inspirasi-dalam-menemani-keseharian-anda?utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.0&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F
  3. https://bisnis.tempo.co/read/1250431/traveloka-gelar-diskon-80-persen-catat-tanggal-dan-waktunya

Tuesday, 24 September 2019

Traveloka Xperience Inspirasi Untuk Berbulan Madu


Saya baru menikah 3 bulan yang lalu. Sebagai sepasang laki bini yang sedang menyelami berbagai pengalaman baru, kami berdua senang mencoba apa saja. 

Nah, kebetulan nih, beberapa waktu lalu saya membaca laman dari kompas.com yang mengulas tentang Traveloka Xperience.  

Wah kayaknya semesta mendukung nih. Apalagi buat saya dan bojo yang belum sempat liburan, uhuk-uhuk, bulan madu maksudnya.


Selama ini saya tahunya aplikasi Traveloka hanya bisa dipakai untuk tujuan travel aja. Ternyata dari laman kompas.com saya baru tahu nih kalau 

Traveloka sekarang sudah mengembangkan sayapnya dengan membuat fitur baru di aplikasi. Namanya Traveloka Xperience.

Ada cerita menariknya selama pembuatan fitur ini. Konon katanya fitur ini dibuat berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh tim Traveloka di Haris Group. 

Kemudian mendapatkan hasil  bahwa kebanyakan kaum milenial lebih memilih untuk menghabiskan uang mereka untuk pengeluaran yang bertujuan mencari pengalaman baru. 

Wah wah, saya dan bojo yang masuk di generasi ini kayaknya ikut membenarkan. Kami berdua memang lebih senang mencari atau melakukan hal-hal baru dengan tujuan menciptakan pengalaman baru. 

Pengalaman baru yang saya maksud di sini seperti menonton konser, mendaki gunung, tur ke luar negeri, naik roller coaster di taman impian, nonton bioskop dan lain sebaginya. 

Ternyata dari hasil studi itu kalangan muda dominan memiliki minat yang sama seperti saya dan bojo, yaitu mengeluarkan uang demi pengalaman baru ketimbang untuk membeli barang berupa pakaian, mobil, rumah atau perhiasan. 


Dari hasil itulah katanya yang selanjutnya meyakinkan sesebapak Christian Suwarna namanya, beliau akhirnya yakin nih kalau membuat fitur baru di Traveloka dengan tujuan tersebut di atas adalah sesuatu yang tepat. 

Maka terbentuklah fitur baru yang dinamai Traveloka Xperience ini.

Oh iya ada tambahan pendapat juga nih, kali ini dari Head of Xperience Product Marketing Traveloka, alias kepala bagian pemasaran fitur Traveloka Xperience ini  Terry Santoso. Saya masih mengutip dari laman kompas.com, sesebapak ini bilang kalau fitur ini tidak hanya  memiliki tujuan untuk memudahkan para penggunanya dalam menggali pengalaman baru di bidang lifestyle saja, akan tetapi juga dapat digunakan oleh semua mitra Traveloka  di seluruh nusantara maupun dunia dalam mengelola tempat wisata yang baik, sehingga bisa dijadikan sebagai wadah untuk memberikan rekomendasi aktivitas liburan ataupun gaya hidup yang telah dikurasikan. 

Semua ini maksud dan tujuannya adalah supaya apa yang terdapat pada aplikasi langsung sesuai dengan ekpektasi para penggunanya. 

Tidak hanya itu, masih ada juga layanan Easy Acces yang sudah dapat dipastikan sangat berfaedah buat kita semua kaum milenial. Wah luar biasa kan Traveloka Xperience ini?



Pokoknya hadirnya Traveloka Xperience ini menurut saya dan bojo memberikan inspirasi banget dalam mencoba banyak pengalaman baru. Karena di dalamnya ada banyak layanan yang diberikan. 

Setidaknya ada sekitar 12 kategori layanan yang saya dan bojo temukan dalam Traveloka Xperience ini. Yaitu atraksi, tur, hiburan, spa & kecantikan, bioskop, makanan dan minuman, olahraga, taman bermain, event, transportasi lokal, pelengkap travel, dan kursus atau workshop.

Setelah membaca-baca beberapa layanan yang ada di Traveloka Xperience ini, saya jadi punya niat yang besar untuk berbulan madu. 

Asli. Semua layanan yang diberikan seru-seru banget. Saya dan bojo bisa bersenang-senang dengan mencicipi setiap kategori layanan yang diberikan. 


Dalam benak saya nih, saya bakalan ke Dufan atau ke Trans Studio Bandung buat menikmati atraksi yang memacu adrenalin di setiap wahananya. Terus karaoke atau ice scatting, nyobain layanan hiburannya. 

Kemudian makan-makan, dan selanjutnya saya bisa berolahraga sambil menunggu bojo saya menikmati spa dan kecantikan.  Pasti bojo saya bahagia nih kalau saya beneran ngajakin begitu. 

Tapi  kapan ya? Semoga ada waktu deh untuk menjajal #XperienceSeru ini. Aamiin



Referensi:
  1. https://travel.kompas.com/read/2019/06/21/210700927/kini-kamu-bisa-booking-kegiatan-menarik-di-traveloka
  2. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3993635/traveloka-xperience-hadirkan-layanan-inspirasi-dalam-menemani-keseharian-anda?utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.0&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F
  3. https://bisnis.tempo.co/read/1250431/traveloka-gelar-diskon-80-persen-catat-tanggal-dan-waktunya

Thursday, 19 September 2019

Mengapa Harus Sandisk?

pixabay.com



Indonesia adalah Negara yang berada di urutan keenam sebagai pengguna smartphone terbanyak di dunia. 

Namun kebanyakan yang dialami oleh para pengguna smartphone di Indonesia adalah kehilangan data atau kebiasaan buruk yang tidak pernah backup data. Alasannya klasik. Malas.

Ini juga yang sering saya alami. Saya malas sekali untuk melakukan backup data. Kenapa? Karena butuh waktu lama. 

Apalagi untuk backup data berupa video. Biasanya untuk satu buah video yang berdurasi 5 menit saja, kapasitasnya bisa mencapai 1 GB sendiri. 

Kalau dibackup kan perlu waktu lama. Makanya saya malas untuk backup. Celakanya smartphone yang sering saya pakai biasanya tidak memberikan fitur yang punya media penyimpanan besar. 

Jadi mau tidak mau terkadang saya harus menghapus beberapa data yang ada di smartphone, termasuk video yang sebenarnya mau #dibuangsayang

Tapi kalau memori penuh ya mau gimana lagi. Emang harus dicampakan. Kan sedih jadinya. Apalagi video itu isinya adalah kenangan. Kenangan sama mantan lagi. Eh?

Pengalaman saya di atas ternyata adalah pengalaman yang sering dialami banyak orang pula. 


Dari survey yang dilakukan oleh Western Digital, ada sekiranya 51% responden dari 1.120 responden yang berasal dari 6 kota menyatakan kalau mereka menghapus data mereka untuk menghemat memori. 

Ya memang benar, tidak ada pilihan lain kalau memori sudah full. Apalagi untuk orang-orang yang tidak punya waktu banyak, atau orang yang suka malas nunggu proses bakcup data yang perlu waktu lama kayak saya.



Survey di atas dilakukan di 6 kota besar di Indonesia, yaitu di Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar, hasilnya adalah terdapat setidaknya 97% responden yang mengandalkan smartphone sebagai perangkat utama dalam kehidupan mereka sehari-hari. 

Bahkan untuk kawula muda mereka cenderung lebih banyak memanfaatkan smartphone mereka untuk kepentingan mobilitas, seperti gaming, navigasi, video, streaming, dan online shopping. 

Sementara itu fitur yang paling sering mereka gunakan adalah kameranya sehingga data yang paling banyak tersimpan di smartphone mereka adalah berupa foto dan video.

Saya paham dengan situasi ini. Apalagi saya berada di generasi ini. Memang dalam beberapa event, beberapa kegiatan, yang paling menarik dilakukan adalah swafoto. 

Tujuannya tidak lain ialah untuk membuat kenangan yang suatu saat nanti bakal bisa dikenang sambil tersenyum bahagia, atau sambil cerita ke anak cucu. 

Tapi sayangnya, kebanyakan dari generasi saya ini suka lalai dan suka cuek untuk melakukan backup data. 

Padahal ada beberapa kemungkinan hal yang bisa menyebabkan data itu hilang. Seperti tidak sengaja terhapus, dihapus dengan sengaja karena memori penuh, atau data hilang karena virus. 

Untuk itu, di sini dibutuhkan kesadaran betapa pentingnya melakukan backup data.

Pada dasarnya melakukan backup data itu hanya untuk dua tujuan. Yaitu, mengembalikan data yang hilang atau corrupt, dan juga mengembalikan ingatan kita kepada titik di mana data itu diambil pada waktu itu. 

Namun alasan di bawah ini diharapkan mampu menjadi pembuka pikiran kita semua, bahwa memang penting melakukan backup data.

Menghargai Waktu


Dengan melakukan backup data, kita akan sadar betawa waktu itu sangat berharga. Misalnya ketika kita barusaja selesai mengetik skripsi. Tiba-tiba computer yang kita gunakan ini rusak entah kenapa. 

Akhirnya kita jadi rugi waktu. Maka penting sekali untuk melakukan backup data. Supaya kita tidak mengalami kerugian berupa waktu yang telah kita luangkan untuk membuat karya tulis dan sebagainya.

Menikmati Hasil Jerih Payah


Biasanya untuk suatu karya yang dihasilkan membutuhkan suatu usaha yang tidak sedikit. Seperti berpikir mencari ide, merangkum, mengetik, dll. 

Inilah alasan pentingnya melakukan backup data, supaya kita tidak kehilangan kerja keras yang sangat berharga.

Smartphone Bisa Soak


Manusia saja bisa mati. Apalagi smartphone. Memang teknologi jaman sekarang sudah canggih, tapi tidak pernah ada jaminan bahwa smartphone yang kita miliki itu tidak akan bermasalah. Banyak kemungkinan yang bakal terjadi. 

Misalnya kecelakaan, tingkat kestabilan listrik yang kurang memadai, kehujanan, bencana alam, dll, sehingga bisa mengakibatkan smartphone kita soak. Makanya penting untuk melakukan backup data.

Untuk itu mendingan jangan malas deh untuk backup data. Ini juga bakalan jadi pengingat buat saya pribadi. 

Karena melakukan backup data itu tidaklah sulit. Bisa dilakukan kapan pun, dan di mana pun, meski sambil melakukan apa pun kita juga tetap bisa melakukan backup data.



Apalagi sekarang sudah ada USB OTG SanDisk. Ini bakal lebih membantu kita untuk melakukan backup data. 

USB OTG SanDisk ini dapat membantu kita dengan mudah dalam melakukan backup data dari smartphone ke komputer. 

Cukup colokin ke smartphone kita, lalu semua data yang kita punya terbackup dengan aman.  Mengapa harus SanDisk?  

Karena SanDisk memiliki garansi yang resmi sehingga untuk melakukan klaim garansi dapat dilakukan dengan mudah. 

Produk terbaik memang memiliki alasan yang paling baik untuk digunakan sebagai solusi dalam melakukan backup data.



Selain itu USB OTG SanDisk ini juga memiliki beberapa fitur keren, seperti Flash Drive yang membuatnya mudah dan cepat dalam melakukan backup data, Dual Connectors yaitu konektor USB 3.0 dan USB 2.0 di sisi lainnya, dan Super Fast Transfer berupa kecepatan yang sangat kencang hingga 150MB/detik yang memungkinkan kita untuk melakukan backup data ukuran besar tanpa waktu yang lama. #SanDiskAPAC 

Pembelian produk SanDisk yang asli dengan garansi resmi bisa dimana saja. Salah satunya dengan menemui official store SanDisk yang ada di Shopee

Udah buruan langsung beli aja, ingat ya cari official store SanDisk di Shopee, mumpung hari ini ada promo ongkir gratis.

Yuk backup data kita sebelum terlambat.



Cara Menulis Outline Novel Ala Haris Firmansyah

Dewasa ini blogger sepertinya pada gencar menulis, dalam artian menulis yang lebih banyak. Bisa cerpen maupun novel. Bukan hal yang mustahil sih kalau blogger punya karya yang serius, punya ISBN yang terdaftar di perpus nasional. Karena sekarang blogger pada variatif, punya pergaulan yang luas, sehingga memiliki cerita yang luar biasa yang dapat dibukukan.  Pertanyaannya bagaimana sih cara menulis novel itu?



Raditya Dika sering dijadikan kiblat seorang blogger untuk menulis novel. Padahal sebenarnya banyak kok blogger lain yang menulis buku. Hanya saja kekerennya kalah banyak. Makanya pamor Raditya Dika lebih tersohor.


Dalam sebuah kesempatan saya pernah ngobrolin novel sama Haris Firmansyah. Dia adalah penulis 3 Koplak Mengejar Cinta. Buku terakhirnya adalah petualangan Seperempat Abad. Ini bisa jadi the next Raditya Dika kalau menurut saya. Jadi buat kamu yang pengen nyari kiblat penulis muda, ke Haris juga bisa. Karena Raditya Dika sekarang lebih ke film, mungkin karena film lebih banyak menghasilkan duit kali ya.

Cowok yang paling suka sama anime Yukitate ini sempat bilang ke saya, setidaknya ada 13 bab untuk membuat novel itu utuh.

Penulis Komedi
Meskti sebenarnya jumlah bab tidak bisa menjadi patokan dalam menulis. Namun penggagas Hirawling Kingdom ini membagikan 'template' menulis novel sebagai berikut.

Bab 1 
Isi dengan perkenalan tokoh.

Menurut saya sih  benar aja. Pengenalan tokoh di awal berguna untuk memancing para pembaca supaya membuka halaman novel berikutnya, dan berikutnya lagi.

Bab 2 
Mulai masuk ke penderitaan tokoh

Ini bisa dibilang sebagai konflik awal. Berguna untuk memberikan sedikit kejutan, bisa juga mengajak pembaca untuk menduga-duga. Dengan begitu pembaca lebih merasa penasaran untuk melanjutkan membaca novel kita.

Bab 3 
Ceritain bagaimana usaha tokoh untuk bangkit

Setelah mendapatkan konflik, buat solusi. Terangkan bagaimana cara tokoh yang kamu buat untuk bergerak dari masalah yang dialaminya. Bisa dengan menggunakan solusi yang salah, bisa juga yang benar. Namun harus tetap menggunakan cara yang manusiawi.

Bab 4 
Berikan rintangan yang menghalangi tokoh 

Tokoh sudah mendapatkan solusi untuk bangkit. Kemudian bubuhkan rintangan lain. Sehingga pembaca dapat berkomentar, 'wah seru nih' atau sebagainya.

Bab 5 
Bikin tokoh menemukan inspirasi untuk mengubah nasibnya

Inspirasi mengubah nasib menurut saya lebih ke pendewasaan diri. Sama halnya ketika kita mengalami masalah. Kita harus bertindak untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Kemudian, kita belajar, apakah solusi yang kita pilih ini sudah benar atau belum. Dengan begitu nasib kita bakal berubah. Kira-kira begitu.

Bab 6 
Buat tokoh seolah-olah melakukan perjuangan

Ini lebih ke konflik utama. Kamu bisa membubuhkan drama untuk membuat cerita dalam novel kamu lebih menegangkan.

Bab 7 
Tokoh mendapatkan apa yang dia mau

Buat tokoh utama kamu bahagia dengan apa yang sudah dia dapatkan. Karena tokoh dalam novel yang baik itu sejatinya sama seperti kehidupan manusia pada umumnya. Jadi bikin cerita selogis mungkin.

Bab 8 
Tokoh merasa jadi lebih baik

Proses pendewasaan adalah memahami apa yang sebenarnya baik dan apa yang sebenarnya buruk untuk diri kita sendiri. Untuk itu buat tokoh kita melakukan proses pendewasaan ini.

Bab 9 
Bikin apa yang sudah didapatkan oleh tokoh mendadak lenyap

Tokoh dibuat istigfar. Bahwa sebenarnya mendapatkan jauh lebih mudah dibandingkan mempertahankan. Semacam drama gitulah, misal di awal-awal tokoh berhasil mendapatkan teman baik, namun karena sesuatu teman baiknya ini enggan menemuinya lagi.

Bab 10 
Buat tokoh merasa terpuruk

Buat tokoh kamu tergugah hatinya. Setelah berhasil sadar akan kesalahan, maka yang biasa kita lakukan adalah memahami 'Wah, seharusnya gue tidak layak melakukan ini.' Terpuruk adalah kata yang cocok untuk kondisi ini. Dan seetul-betulnya penyesalan, memang berada di akhir bukan?

Bab 11 
Tokoh melakukan usaha akhir

Tokoh dibuat berpikir sedemikian rupa. Lalu mengambil hikmah dari segala kejadian yang sudah dialami dalam cerita.

Bab 12 
Tokoh mendapatkan kemenangan yang nyata

Happy Ending, kadang sebgaian kita lebih menyukai akhir yang bahagia bukan? Nah, bikin tokoh kamu bahagia dengan apa yang dia dapatkan melalui pelajaran hidup yang telah dialami tokoh-tokohmu.

Bab 13 
Tokoh dibikin mikir dengan pemahaman bahwa apa yang dia inginkan bukanlah sesuatu yang dia butuhkan 

Pelajaran hidup terakhir. Ini bisa memengaruhi pembaca untuk belajar sesuatu. Tapi sebaiknya jangan terkesan menggurui dalam bab ini ya.

Jadi seperti itulah cara menulis novel yang diberikan oleh Haris Firmansyah. Buat yang pengen nanya-nanya lagi, langsung aja lah ke twitternya @harishirawling

Sunday, 15 September 2019

Selamat Ulang Tahun, Bu

Hari ini ibu saya ulang tahun. Sepagian ini diculik kakak saya ke tempat rekreasi pemandian air panas di luar kota. Ibu saya terlihat bahagia walau di sana tidak mau mandi. 'Cuma nyelupin kaki,' begitu cerita beliau ke saya sepulangnya dari sana. 

Semingguan yang lalu saya bilang ke ibu negara kalau mau pesan kue ulang tahun. Kebetulan temannya bisa diorderin kue. Kemudian saya memberikan usul kalau saya mau bikin kue yang pake topping keju. Browsing lah saya kemudian. Nemu kue yang ada buah kiwinya di atas topping yang dominan keju itu. Jadilah kue ini. 



Ternyata, di tempat penculikan ibu saya di luar kota tadi sudah terjadi peniupan kue ulang tahun. Ibu saya mengenang ceritanya sembari terharu. Saya senang. Sebagai anak laki-laki yang sangat menyayangi ibunya jelas bagi saya kebahagiaan ibu adalah nomor satu. 'Ohya? Terus bahagia gak?' saya menimpali antusias. 'Bahagia sih, tapi juga sedih. Campur aduk dan menyenangkan.' Lalu ibu saya nyengir. 

Saya bilang kalau hari ini belum selesai. Kita masih akan tiup lilin lagi. Ibu saya ketawa. Dikiranya saya becanda. Terus saya ambil kue dari dalam kamar saya. Dan jadilah foto ini.



Harapan saya di usia ibu saat ini, semoga ibu selalu bahagia. Gak usah mikirin anak-anaknya lagi. Biar anak-anaknya aja yang mikirin ibu. Ibu sehat terus. Biar bisa momong anak saya, nanti. Ibu harus lihat saya lebih berkembang lagi di tahun-tahun berikutnya. Dan ribuan doa kecil, doa sedang, serta doa besar yang terselip untuk ibu.

Saya sayang ibu saya.

Sejak bapak meninggal, saya suka ngerasa insecure. Takut. Khawatir. Dan saya bisa mellow sendiri. Karena kepergian bapak kala itu bisa dibilang sangat mendadak. Malamnya dibawa ke RS. 8 jam kemudian bapak dinyatakan udah gak ada. Semuanya berjalan cepat dan singkat. Saya belum siap ini terjadi kepada ibu saya. Saya belum sanggup ditinggal ibu. Meski saya sadar, ibu tidak bakal selamanya nemenin saya. Tapi sekali lagi, saya sayang ibu saya. Saya ingin ada ibu terus. Saya kadang malah pingin jadi anak kecilnya ibu lagi, yang ke mana-mana sama ibu, yang kalau ibu mengajar saya ikut duduk di meja guru. Cuma ya kayaknya gak mungkin. Saya tetap tumbuh dan mendewasa. Sementara ibu saya semakin menua.

Ibu mulai mengeluhkan kesehatannya. Katanya kakinya linu-linu. Pas ngecek kolesterol, ternyata sudah lebih dari 300. Termasuk sangat tinggi. Semoga segera ada solusi. Soalnya ibu tetap susah menghindari makanan yang enak-enak. Maklum, pencinta makan kan gitu. 

Sekali lagi saya mau bilang selamat ulang tahun ke 67, Ibu. I love you.



Tuesday, 10 September 2019

Jenis Material Dompet yang Paling Kuat dan Awet

Apakah kamu sedang mencari dompet dan bingung dengan jenis material dompet yang palng kuat dan awet? Semoga artikel di bawah ini bisa membantumu.

Pixabay.com


Dompet merupakan aksesoris tambahan selain untuk menyimpan uang atau kelengkapan lain seperti kartu atm, atau kartu identitas. Selain itu bagi beberapa kalangan dompet juga berfungsi sebagai gaya yang berguna untuk menunjang penampilan. Khusunya wanita, dompet tak dapat lepas dari akvitas sehari-hari mereka seperti berbelanja, kondangan, jalan-jalan atau mendatangi acara khusus. Maka tidak heran apabila dompet dianggap mampu membuat fashion style menjadi kece. 

Dompet juga dibuat dengan bahan yang beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan fashion si penggunanya. Ingin tau apa saja jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat dompet? Yuk simak ulasannya:

Taiga


Bahan pertama yang sering digunakan untuk membuat dompet adalah taiga. Bahan ini sebenarnya perkembangan dari jenis kulit. Bahan taiga sangat mudah dirawat. Bahan taiga memiliki sifat yang kedap air, sehingga mudah dibersihkan apabila terkena noda. Caranya gampang cukup dengan menggunakan minyak kayu putih dan tisu, atau bahkan hanya dengan kain basah saja, noda pada bahan taigan ini akan dengan mudah dihilangkan. Selain itu bahannya elastis namun juga sangat padat dan kokoh. Jika kita menyentuh permukaan bahan ini akan terasara ukiran bergaris-garis dan kasar.

Clemence


Jenis bahan berikut ini biasanya digunakan untuk membuat tas dan dompet untuk wanita. Disebut bahan clemence karena bahan ini berasal dari kulit anak sapi jantan. Tekstur bahannya seperti butiran yang dibuat dengan benjolan halus yang lentur dan datar. Meskipun bahan ini lentur, namun cukup kuat dan awet untuk digunakan dalam jangka panjang. Untuk harga sebuah dompet dengan bahan clemence ini biasanya relative mahal. Jadi harus banyak-banyak menabung jika ingin memiliki dompet dengan bahan clemence ini. 

Kulit


Material selanjutnya adalah berbahan dasar kulit. Jenis bahan yang satu ini sangat banyak digunakan. Di pasaran baik regional maupun online, kita akan dengan mudah menemukan berbagai dompet dan tas wanita yang berbahan kulit. Bahan ini cukup kuat dan awet. Hanya saja, harga tas dan dompet yang terbuat dari kulit sapi atau kambing sangat mahal dikarenakan sulitnya mencari bahan baku. Namun saat ini sebagai alternatif, kulit buaya dan ular makin sering digunakan untuk menggantikan kulit sapi dan kambing. Harga dari bahan kulit ini menjadi terjangkau. Tekstur dari bahan satu ini berpori-pori. Mirip dengan kulit asli yang tidak beraturan dan tidak konsisten. Ada juga yang terbuat dari kulit sintesis sebagi alternative lain untuk harga yang sangat murah namun kualitas tidak murahan. Seperti Dompet Miniso yang terbuat dari material kulit sintesis yang awet karena diproduksi dengan mesin canggih sehingga kekuatan dompet sangat awet dan dengan harga yang terjangkau.

Suede


Selanjutnya material terbuat dari bahan suede. Bahan ini sangat mirip dengan bahan beludru atau berjenis kain. Meskipun mirip namun keduanya sangat berbeda. Suede cenderung memiliki bulu lebih sedikit. Itu dikarenakan bahan ini berasal dari kulit hewan yang dibalik sebelum dilakukan penyemakkan.

Denim


Denim merupakan bahan terbuat dari kain yang tidak hanya pakaian saja yang terbuat dari denim. Kini tas dan dompet juga ada yang terbuat dari bahan yang satu ini. Bahan yang satu ini memiliki tekstur yang kukuh. material bahan yang tersusun dari katun will yang sangat mirip dengan karet yang halus dan tipis. Dompet dengan bahan ini biasanya digemari oleh anak muda. Selain bahannya lembut serta simple, harganya juga sangat terjangkau.


Itulah beberapa material bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan dompet atau tas wanita. Jenis bahan ini cenderung kuat namun kamu juga harus melakukan perawatan agar lebih awet. 

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari dompet dengan kualitas bahan yang kuat dan awet.

Sunday, 1 September 2019

Sawit Kuat Indonesia Hebat dengan Beberapa Fakta Kelapa Sawit

Pixabay.com


Pemerintah kita saat ini sedang mencanangkan untuk melakukan peningkatkan dalam sector pariwisata. 

Katanya sih biar bisa menghasilkan devisa Negara lebih banyak dari selain sumber daya alam. Akan tetapi tidak bakal bisa dipungkiri kalau prospek industry pada kelapa sawit sampai saat ini masih menunjukkan tingkat yang cerah baik yang ada di pasar dalam negeri maupun di pasar dunia.  

Sehingga akan semakin berpotensi menjadi penghasil devisa Negara terbesar. Untuk itu agaknya harus ada peningkatan perawatan kelapa sait di Indonesia supaya dapat lebih menghasilkan panen yang lebih banyak, sehingga devisa Negara juga menjadi lebih meningkat. 

Dengan ketersediaan lahan dan perawatan yang mendukung, serta iklim yang baik, maka Indonesia akan memiliki peluang besar untuk menguasai pasar industry kelapa sawit dunia. 

Untuk itu kelapa sawit Indonesia harus kuat. Karena ketika kelapa sawit kuat maka Indonesia akan jadi hebat.




Tahukah kamu ada beberapa fakta yang menarik dari kelapa sawit? Berikut ini adalah fakta-fakta tentang kelapa sawit yang masih belum diketahui oleh banyak orang:

Satu-Satunya Tanaman Penghasil CPO dan CPKO Sekaligus

Kelapa Sawit adalah tanaman yang menghasilkan minyak lebih banyak jika dibandingkan dengan tanaman penghasil minyak yang lain. 

Oleh karena itu kelapa sawit mampu menghasilkan dua jenis minyak yang berbeda meskipun dari buah yang sama. Yaitu Crude Palm Oil (CPO) dan Crude Palm Kernel Oil (CPKO). 

CPO diambil dari pengepresan buah sawit, sedangkan CPKO diperoleh dari proses pengepresan inti sawit.

Penghasil CPO Dunia Terbanyak

Pada tahun 2008 lalu, Crude Palm Oil (CPO) dunia dihasilkan dari kelapa sawit. Indonesia adalah Negara terbanyak kedua setelah Malaysia yang tercatat memproduksi CPO dari kelapa sawit. 

Untuk itu pemerintah saat ini melakukan usaha peningkatan kualitas produksi kelapa sawit per hektarnya. Wah suatu usaha yang luar biasa nih. Semoga membuahkan hasil ya

Mampu Menghasilkan 3.8 Ton Minyak Nabati Pertahun

Pada setiap 1 hektar kebun kelapa sawit dapat menghasilkan 3,8 ton minyak nabati pertahun. 

Fakta ini cukup mencengangkan jika dibandingkan dengan kedelai yang hanya mampu menghasilkan 0,4 ton saja dalam setiap tahunnya. 

Padahal apabila ditinjau dari jumlah luas lahan produksinya, kebun kedelai merupakan yang paling besar.

Sumber Pendapatan dari 6 Juta Tenaga Kerja Indonesia yang Bekerja

Ada jutaan pekerja Indonesia yang menggantungkan mata pencahariannya dari sector kelapa sawit. 

Hal ini tersebar dari seluruh penjuru nusantara, dari Sabang sampai Merauke. Dari sini juga konon katanya kelapa sawit mampu mengentaskan kemiskinan dari 10 juta penduduk di Indonesia loh. 

Keren kan tuh?

Penghasil Devisa Negara Terbesar di Indonesia

Pada tahun 2015 terdapat data yang menyebutkan bahwa penermaan devisa Negara berasal dari kelapa sawit, yaitu sebanyak US$18,6 miliar. 

Kemudian meningkat lagi menjadi US$23 miliar di tahun 2017 yang setara dengan 300 triliun rupiah. Benar-benar kelapa sawit kuat Indonesia hebat nih!

40% Total Lahan Sawit di Indonesia Milik Rakyat

Belakangan ini banyak isu yang mencuat bahwa kelapa sawit di Indonesia terlalu banyak menguntungkan para pengusaha saja. 

Padahal semua itu tidak sepenuhnya benar. Karena terdapat data dari Dirjen Perkebnunan yang menyebutkan bahwa kepemilikan lahan kelapa sawit antara perusahaan dan rakyat hampir imbang. 

Ada selisih 10% lebih sedikit milik rakyat.

Nah sekarang kita sudah sama-sama tahu nih fakta-fakta tentang kelapa sawit. Postingan ini diikutkan dalam lomba yang diadakan oleh @sawitbaik.id dengan tema sawit kuat Indonesia hebat.


Featured

[Featured][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done