2017 - Hadi Ku
News Update
Loading...

Friday, 10 November 2017

Tips Supaya Tak Jadi Pengangguran

Ada sebuah pepatah yang mengatakan ‘Hanya yang bekerja yang layak untuk makan’. Hal itu tentu agar tiap manusia yang hidup di dunia ini tidak bermalas-malasan. Namun beberapa orang merasa kalau mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Terlebih bagi orang-orang yang baru saja menyelesaikan studinya.

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang merasa kesusahan mendapat pekerjaan. Tapi, jangan lantas berputus asa. Karena dengan menerapkan lima cara ini, kamu pasti akan segera mendapat pekerjaan.

Siapkan File yang Dibutuhkan


Sebelum melamar pekerjaan, tentunya kamu harus menyiapkan segala yang dibutuhkan seperti surat lamaran pekerjaan hingga segala data yang dibutuhkan seperti ijazah dan juga daftar riwayat hidup. Lengkapilah semua peryaratan untuk melamar pekerjaan tersebut, dan jangan sampai ada yang terlewat. Kelengkapan persayaratan tersebut sangat penting untuk menunjukkan keseriusanmu dalam mencari pekerjaan.

Aktif di Jejaring Sosial

[ Image Source ]

Di zaman yang serba canggih ini, tak jarang perusahaan atau boss yang menyebar informasi lowongan pekerjaan di jejaring sosial. Hal ini tentu saja sangat mempermudah banyak pihak. Kamu juga bisa memanfaatkan hal ini dengan bergabung dengan grup-grup informasi pekerjaan di facebook. Tiap harinya pasti ada info lowongan pekerjaan, kamu bisa memilih yang sesuai denganmu dan mengcoba mendaftarkan diri.


Belajar Interview

[ Image Source ]

Setelah mengirim lamaran pekerjaan, tak serta merta kamu akan diterima. Tentu saja ada bagian yang begitu sulit, yaitu sesi wawancara. Seorang personalia akan memutuskan menerima kamu atau tidak setelah melakukan interview. Untuk mengurangi risiko ditolak, baiknya kamu berlatih interview terlebih dahulu. Kamu bisa mencari video di YouTube, bagaimana cara melakukan wawancara yang benar.


Jangan Mematok Standar Terlalu Tinggi

[ Image Source ]

Memiliki pekerjaan yang bergengsi dan bergaji tinggi adalah impian setiap orang. Tapi, tentu hal itu tidak semudah membalik telapak tangan. Profesi bagus, tentu banyak pesain yang ingin mendapatkannya. Karena itu, jika Anda gagal mendapatkannya, bukan berarti Anda harus berpangku tangan menunggu kesempatan yang sama datang. Carilah peluang kerja yang lain. Jangan biarkan diri Anda jadi pengangguran. Sebab, sekecil apapun suatu pekerjaan, masih lebih terpandang daripada jadi seorang pengangguran.

Berdoa

[ Image Source ]

Setelah merasa cukup melakukan persiapan, kini Anda hanya perlu menyerahkan hasilnya pada yang Maha Kuasa. Banyak-banyaklah berdoa, agar hati personalia digerakkan untuk menerima Anda. Jangan lupa, mintalah restu ibu, istri atau orang-orang yang ada di sekeliling. Sebab, tak ada yang lebih ajaib dari doa.

Demikianlah lima tips mendapatkan pekerjaan. Di zaman modern ini memang tak mudah untuk mencari pekerjaan meski dengan pendidikan tinggi. Namun, dengan kemauan keras, tak ada gunung yang tak bisa didaki. Semoga beruntung.

Monday, 20 February 2017

Wakacau, Sekolah Induk di Info GTK Warna Merah




Ada yan ngalamin hal serupa? Kalau kejadian seperti ini emang bikin cemas juga sih. Pertama, ada perasaan beban tersendiri yang bakal dirasa. Akibatnya bakal memicu apa saja. Bisa stress berlebih. Parahnya malah bikin mudah marah. 

Kedua, bakal dicap nggak baik. Misalnya dikatain nggak becus ngerjain ini. Ya elah, padal kadang dibelain melek malam juga. Kadang emang yang komentar itu nyelekit banget, kita yang jalanin cuma bisa diem, sedangkan rencana Tuhan tetap ada. Udahlah senyumin. 

Jadi ini sebenarnya apa? 
Buat yang nggak tahu ini adalah Info GTK. Ngejelasinnya gimana dah, agak ribet juga ya. Intinya ini adalah biodata PNS. Harus diunduh dan diprint. Gunanya adalah untuk digunakan sebagai pemberkasan sertifikasi. Bahasa sepelenya begitu.  +Edotz Herjunot  mungkin lebih bisa ngejelasin. Hehe 

Terus kalau udah kejadiannya seperti ini bagaimana? 

Dari berbagai sumber, katanya ada 6 penyebab kenapa hal ini bisa terjadi. 

1. Tidak/Belum diisi Pembelajaran Pada Semester Sebelumnya


Saya ngecek dapodik. Karena semua ini berkaitan dengan dapodik. Rasanya nggak mungkin kalo masalah saya ini terletak di sini. Jadi alasan ini tidak terjadi pada saya. Jadi pembelajaran pada semester sebelumnya aman. 

2. Status Induknya Pada Dapodik Tidak Dicentang


Saya sudah ngecek juga. Sejak input pertama kali juga sudah saya centang. Kalo ngerjain dapodik pasti tahulah di mana letak yang saya bahas ini. Ada di Penugasan GTK yes. 

Lanjut

3. Mengajar di Lebih dari 1 Sekolah dan Dicentang Sekolah Induk Semua


Ini mungkin terjadi. Karena hari ini, guru sertifikasi harus penuh mengajar 24 jam selama seminggu. Artinya, perlu mengajar di sekolah lain apabila guru yang bersangkutan di sekolah induknya kekurangan jam. Tapi di kasus saya ini, gurunya sudah cukup mengajar 24 jam. Jadi saya rasa bukan. 


4. Mengajar di Lebih dari 1 Sekolah dan Dicentang Bukan Sekolah Induk Semua


Sama kasusnya dengan poin ke 3. Jadi saya rasa bukan ini yang saya alami dengan GTK saya ini. Jadi pasti ada alasan yang lain. Oke, kita cek yang selanjutnya. 

5. NUPTK Dipakai di Sekolah Lain


Ya ini masih mirip-mirip dengan poin ke 3 dan 4. Tapi di kasus saya nggak mungkin, sebab emang GTK ini hanya mengajar di sekolah yang dapodiknya saya kelola. Jadi alasan di poin ini lewatkan saja. 

6. Salah Mengetik NUPTK


Nah, kayaknya feeling saya condong ke sini. Sebab beberapa hari terakhir di dapodiknya muncul tanda seru. Terus diproseslah dengan cara vervalptk. Caranya dengan klaim NUPTK. Tapi kalo di form NUPTK pada dapodiknya tidak terkunci, cukup lakukan input manual dari sana aja. Singkron. Selesai. 


Jadi solusi dari kasus ini, perhatikan dulu ada di poin mana. Biasanya info GTK berkaitan sekali sama Dapodik, jadi bakal rajin dan harus rajin singkron sih kayaknya. 

Sekian


Featured

[Featured][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done