9 Tips Memilih Produsen Kubah Masjid Terbaik

Tahukah apa saja fungsi kubah masjid? Kebanyakan dibangun dengan tinggi dan bentuknya yang besar agar dapat memudahkan orang untuk menemukan masjid tersebut. Selain itu, sebuah masjid akan mendapatkan ciri khas kalau dibangun dengan elemen eksterior terbaik.

Fungsi Kubah Masjid

kubah masjid

Setidaknya ada 6 fungsi kubah yang perlu kita ketahui:

  • Identitas Masjid – dengan banyaknya bangunan masjid di Indonesia, maka peran kubah akan menjadi simbol identitas dari suatu masjid.
  • Lambang Keindahan Agama Islam – mayoritas orang yang pertama kali dilakukan ketika menatap masjid adalah dengan memandangi kubahnya, maka tak heran kalau kubah dianggap sebagai simbol keindahan agama islam.
  • Biar Gampang Ditemukan – sebelum ada maps, jaman dulu orang suka kesulitan mencari masjid, makanya kubah masjid dibuat agak tinggi agar dapat dengan mudah ditemukan.
  • Kubah Menentukan Arah Kiblat – dengan memandangi kubah kita dapat menemukan ke mana arah kiblat yang benar.
  • Tempat Sirkulasi Udara – bentuk kubah yang besar dan setengah bulat ke atas, akan memberikan ruang udara yang lebih banyak, sehingga akan menjadikan jamaah tidak merasa engap ketika berada di masjid.
  • Sumber Pencahayaan – biasanya kubah modern sudah dilengkapi dengan reflektor cahaya yang tujuan lebih untuk memaksimalkan sumber cahaya yang ada di dalam masjid.

Jenis Bahan Kubah Masjid

Anugerah Kubah Indonesia4

Setelah kita paham apa saja fungsi kubah masjid, di bawah ini kita akan membahas jenis-jenis kubah masjid:

  • Beton – Beton kerap dipakai sebagai bahan utama kubah, karena karakteristik bahan beton yang kuat disertai besi tulangan dianggap dapat menunjukkan simbol kemegahan dari masjid tersebut.
  • GRC – selain dari bahan beton, GRC juga dapat dijadikan bahan untuk membuat kubah, karena GRC biasanya kuat, tahan panas, serta antikarat.
  • Galvalum – bahan lain yang biasanya diuntuk membuat kubah adalah galvalum, jenis bahan ini dikenal tahan panas, berdaya rekat fleksibel, dan juga antikarat.
  • Enamel – bahan enamel pada kubah dikenal mampu memberikan unsur ketajaman dan kecerahan warna yang baik, selain itu bahan ini juga berpotensi minim bocor.
  • Stainless – bahan stainless ini yang kebanyakan dipakai di mushala dan masjid yang berada di Indonesia, bentuknya yang mengkilap dipilih banyak orang sebagai bahan pembuatan kubah.

Tips Memilih Produsen Kubah Masjid

Anugerah Kubah Indonesia23

Ada sembilan tips yang perlu diketahui sebelum menentukan produsen masjid terbaik, diantaranya sebagai berikut:

Cari Produsen Terdekat

Dengan mencari pabrik kubah masjid terdekat kita dapat mengunjunginya secara langsung, bukan hanya melihat gambar ataufoto saja. Namun jika dirasa lokasinya jauh dan tidak memungkinkan untuk dikunjungi, kita dapat melakukan video call untuk lebih meyakinkan dalam pemilihan produsen kubah terbaik.

Sudah Berpengalaman

Pilihlah produsen masjid yang berpengalaman dalam melakukan jual kubah masjid. Setidaknya yang pernah mendapat kepercayaan sebagai jasa kontraktor kubah masjid di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari instansi swasta, instansi pemerintah, sampai lembaga negara seperti kantor dinas maupun sekolah.

Gratis Biaya Konsultasi

Biasanya, dalam mencari kubah masjid, pelanggan pasti akan melakukan konsultasi terlebih dahulu. Mulai dari bagaimana bentuk desain, diameter, sampai ke berapa banyak budget atau harga kubah masjid tersebut. Untuk itulah, cari produsen masjid yang memberikan gratis biaya konsultasi.

Bisa Custom

Dengan menemukan produsen kubah yang bisa custom, akan memudahkan kita untuk menentukan bentuk desain kubah terbaik yang sesuai dengan keinginan kita.

Memiliki Banyak Portofolio

Semakin banyak portofolioo yang dimiliki oleh produsen kubah, akan menandakan bahwa mereka sudah pernah menerima pesanan dari berbagai daerah yang membutuhkan jasa kubah masjid. Dengan begitu akan lebih membuat kita percaya untuk menggunakan jasa produsen kubah tersebut.

Terkomputerisasi

Kubah yang diproduksi dengan terkomputerisasi akan menghasilkan presisi yang sangat baik. Selain dapat menonjolkan keindahan, kita juga tetap harus menanyakan keamanannya kubah yang akan kita pesan.

Garansi

Garansi biasanya diberikan dalam bentuk surat perjanjian kerjasama yang tertulis. Apabila masih berada dalam masa garansi, produsen masjid akan memudahkan kita untuk meminta produsen melakukan perbaikan atas masalah yang kemungkinan muncul. Baik itu sebelum maupun sesudah pemasangan.

Tepat Waktu

Sebaiknya kita juga mempertimbangkan produsen kubah yang melayani proses pemasangan dan pengiriman yang tepat waktu. Sebab menunda-nunda pembangunan masjid sangat tidak baik untuk keberlangsungan ibadah umat Islam.

Harga Bersahabat

Jika menggunakan jasa kontraktor kubah masjid secara langsung dari pabriknya, kemungkinan besar kita bisa menekan harga kubah masjid bersama dengan para ahli di bidangnya. Sehingga produsen pun dapat menetapkan harga terbaik dan bersahabat sesuai perencanaan, tanpa adanya mark up harga.

 347 total views,  17 views today