10 Tanya Jawab Ramadhan Terbaik di Umma

Hadirnya aplikasi umma emang nggak pernah main-main dalam memberikan layanan untuk pengguna. Karena sekarang ada fitur tanya jawab Ramadhan. Dengan adanya fitur ini, kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan yang mungkin sebelumnya kita tidak ketahui.

Nah, apakah kamu punya pertanyaan seputar ramadhan juga? Berikut ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan.

Tanya Jawab Ramadhan Terbaik di Umma

tanya jawab ramadhan
Tanya Jawab Ramadhan

Katanya masukin air ke mulut saat puasa makruh, bagaimana ketika wudhu?

Ustas Faqih Arif Saputro menjawabnya seperti ini: Orang yang berpuasa masih disyariatkan untuk berkumur dan beristinsyaq (menghirup air ke hidung) saat berwudhu namun ketika berpuasa berkumur dan istinsyaqnya tidak dengan berlebihan. Ibnu Taimiyah rahimahullah menyatakan,

Adapun berkumur-kumur dan beristinsyaq (menghirup air dalam hidung) disyari’atkan (dibolehkan) bagi orang yang berpuasa dan hal ini disepakati oleh para ulama.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat juga berkumur-kumur dan beristinsyaq ketika berpuasa. Akan tetapi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam katakan pada Laqith bin Shabirah,

Bersungguh-sungguhlah dalam beristinsyaq (menghirup air dalam hidung) kecuali jika engkau berpuasa.[1] Yang dilarang saat puasa di sini adalah dari berlebih-lebihan ketika istinsyaq.

(Majmu’ah Al Fatawa, 25: 266)

Mengapa Ramadhan disebut sebagai bulan penuh berkah?

Dijelaskan pada HR Muslim bahwa “Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya.”

Selain itu pada surat Al Baqarah 185 dijelaskan bahwa bulan Ramadan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang ba-til). Karena itu, barang siapa di antara kalian hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.

Apakah boleh menggosok gigi saat berpuasa?

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita untuk menyikat gigi meski tengah berpuasa, karena beliau juga berkali-kali melakukannya sepanjang hari. Kitapun tetap boleh menggosok gigi dengan memakai pasta gigi, asalkan tidak disengaja untuk menelannya.

Bagaimana hukum junub saat puasa?

Syekh Hasan Sulaiman An Nuri dan Syekh Alawi Abbas Al Maliki memberi penjelasan beberapa hal terkait junub ketika berpuasa. Dalam hadist Ibanatul Ahkam dijelaskan, bahwa pada saat sedang berpuasa diperbolehkan mandi junub. Ini berarti seseorang bisa menunda mandi wajib sampai terbit fajar, tapi akan lebih baik bila disegerakan.

Apakah batal mencicipi makanan saat puasa?

Salah satu hal yang membatalkan puasa itu adalah memasukkan makanan ke tubuh dan menelannya. Jadi mencicipi makanan tanpa menelan diperbolehkan sehingga tidak membatalkan puasa.

Bolehkan meninggalkan tawarih meski tidak meninggalkan salat wajib?

Boleh. Menjalankan puasa dan salat 5 waktu adalah rukun wajib yang tetap harus dikerjakan. Sementara menjalankan salah Tarawih hukumnya adalah sunah, sehingga tidak berdosa apabila meninggalkannya. Namun salah Tarawih adalah salah satu sunah Ramadhan yang begitu mulia, sehingga usahakanlah untuk tetap menjalankannya.

Bagaimana cara mengganti puasa yang ditinggalkan apabila lupa jumlahnya?

Solusi dari tanya jawab ramadhan yang satu ini adalah dengan melakukan taubat pada Allah SWT. Bertaubatlah secara ikhlas, dan menyesali semuanya untuk tidak kan mengulanginya kembali. Kemudian berusaha pula untuk terus menjalankan perintah Allah SWT, serta perbanyak salat sunah dan membayar semua puasa dengan jumlah yang diingat.

Apa boleh memeluk istri saat berpuasa?

Hukum tanya jawab ramadhan yang satu ini termasuk dalam makruh tahrim yang sebaiknya kita hindari. Hukum ini bukan hanya berlaku ketika memeluk istri saja, melainkan juga aktivitas lain misalnya mencium, bergelendotan, ndusel-ndusel, dan sebagainya. Sesungguhnya hal ini tidaklah membatalkan puasa, namun dapat mengurangi sempurnanya pahala puasa Ramadhan. Boleh dilakukan, apabila tidak disertai nafsu sampai mengeluarkan cairan dari kemaluan. 

Apa boleh salat tarawih sendirian di rumah?

Tanya jawab ramadhan yang ini sering ditanyakan saat pandemi. Salat Tarawih ternyata boleh dilakukan sendirian di rumah, sebab tidak ada perintah wajib untuk dilakukan berjamaah. Tapi tentunya akan lebih baik apabila kita menjalankannya secara berjamaah, karena pahalanya lebih berlipat-lipat jumlahnya.

Bolehkah makan atau minum setelah imsyak?

Sesuai anjutan dalam QS. Al Baqarah : 187, yang menjelaskan bahwa Allah SWT mengizinkan umatnya untuk tetap makan dan minum sampai yakin telah terbit fajar. Hal ini biasanya bersamaan dengan masuknya waktu subuh, yang biasa ditandai dengan suara adzan subuh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa imsyak bukanlah batas akhir waktu sahur, karena batas akhirnyada adalah waktu adzan subuh.

Demikian beberapa tanya jawab Ramadhan yang sering ditanyakan di aplikasi Umma. Sebagai muslim, tentu saja tanya jawab Ramadhan ini sangatlah membantu kita supaya bisa menjalankan ibadah yang lebih baik. Aplikasi Umma ini memang sangat membantu mempermudah kita dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

 408 total views,  3 views today