Tampil Modis dengan Hoodie dan Sweater

Apakah hoodie dan sweater termasuk jaket? Nah, beberapa orang masih suka keliru dalam menyebutkan nama dari pakaian ini. Meskipun fungsinya sama-sama sebagai pakaian hangat, ternyata antara sweater, hoodie dan jaket itu tidak sama. Mari kenali perbedaan hoodie dan sweater.

Dan ini yang kita bahas sekarang:

Hoodie / Jumper

hoodie

Hoodie atau yang biasa juga disebut dengan jumper. Umumnya dikenakan oleh anak muda, hingga umur 20an. Dinamakan hoodie karena diambil dari bahasa Inggris yaitu hood yang artinya tudung atau tutup kepala. Sedangkan jumper, memiliki kancing resleting di bagian depan yang hampir menyerupai jaket dan sweater.

Hoodie biasanya dilengkapi dengan kantong besar di bagian depan, dan tali di bagian kepala yang berguna untuk menyesuaikan ukuran tudung kepala.

Hoodie dibedakan menjadi dua jenis, yakni hoodie dengan resleting dan hoodie tanpa resleting.

Sweater

people ga576dce56 640

Sweater sebetulnya adalah outwwear atau dengan kata lain disebut juga sebagai pakaian yang dikenakan di luar pakaian lainnya. Umumnya memiliki kontur tebal dan berbahan lembut, sehingga cocok dikenakan saat cuaca sedang dingin. Namun ada juga sebagian orang yang sengaja mengenakan sweater untuk menunjang penampilannya.

Sedangkan dari segi desain, sweater mirip sebagai terusan yang dibuat tanpa kancing dan tanpa resleting di bagian depan. Ada tiga jenis model sweater, yakni sebagai berikut;

  1. Sweater O Neck – sweater ini bentuknya simpel, memiliki lubang berbentuk bulat di bagian leher.
  2. Sweater V Neck – sweater ini modifikasi dari bentuk sebelumnya, dengan lubang pada bagian depan berbentuk V yang melebar ke bagian dada.
  3. Sweater Turtleneck – sweater ini memiliki model garis leher yang mendekati kerongkongan, umumnya dikenakan oleh para wanita.

Jika dibandingkan dengan hoodie, sweater ini lebih banyak digunakan oleh dewasa baru usia 20an hingga usia 30an awal. Karena pengaplikasiannya cocok untuk situasi yang casual maupun formal sekalipun. Beberapa kesempatan mengenakan sweater yang tepat diantaranya sebagai berikut:

Padukan dengan Kemeja

Sweater juga dapat dikenakan sebagai luaran yang dapat dikombinasikan dengan kemeja, dan dikenakan untuk bekerja. Meski sebetulnya sweater merupakan pakaian simpel, namun dengan paduan kemeja, sweater dapat menjadi outwear yang ciamik untuk menambah penampilan menjadi lebih modis.

Padukan dengan Jeans Longgar

Pulang dari kantor, dan masih ingin mengenakan sweater yang sama? Kita bisa memadukannya dengan jeans longgar dan sepatu flat. Dengan paduan seperti ini kita bisa menghadiri acara casual yang sifatnya santai, dan cocok juga untuk dikenakan saat kopi darat maupun ke bioskop untuk menonton film kesayangan.

Pasangkan dengan straight pants

Kita bisa juga memadukan sweater dengan straight pants untuk outfit jalan-jalan yang mantap. Cara ini juga cocok untuk pria 30an awal. Bahkan jika kamu percaya diri untuk bermain warna, kamu juga bisa memadukan sweater dengan warna yang cerah seperti hijau, oranye, atau merah, dengan celana berwarna putih dan sepatu sneakers.

Siskamling

Jika di daerahmu masih ada siskamling, kamu juga bisa mengenakan sweater sebagai penghangat badan sekaligus menjaga penampilan.

***

Dari pembahasan di atas, jelas bukan perbedaan hoodie dan sweater? Baik hoodie maupun sweater sebetulnya cocok dipadukan dengan apapun, tinggal kita saja yang berani dan percaya diri atau tidak.

Untuk menemukan hoodie dan sweater yang cocok, kamu bisa mencarinya di marketplace ataupun di toko online kesayanganmu. Karena di jaman kenormalan baru seperti sekarang ini, sebaiknya kita mengurangi aktivitas yang menimbulkan kerumunan, seperti berkumpul di toko maupun mal.

 495 total views,  1 views today

Leave a Reply