Startup Studio Mendorong Pertumbuhan Perusahaan Unicorn

Jika harus berkiblat, Indonesia memang harus banyak belajar dari Amerika, India dan Kanada. Karena ketiga negara tersebut menduduki posisi puncak dalam jumlah startup yang tumbuh. Sebenarnya Indonesia udah menduduki posisi kelima dalam jumlah banyaknya, menurut Startup Ranking yang di tahun 2019. Namun sayangnya banyak startup yang tidak berhasil tumbuh menjadi unicorn. Bahkan ada beberapa yang sudah tutup padahal belum punya untung.

Penyebab Startup di Indonesia Pupus

startup studio

Ada beberapa hal yang membuat startup ini gagal, dan ini akan menjadi tantangan bagi beberapa startup di Indonesia, sebagai berikut:

Pendanaan

Untuk menjadikan suatu startup tumbuh dan dapat meraup keuntungan membutuhkan pendanaan yang tidak sedikit. Meski kadang tidak harus memiliki toko fisik, namun startup tetap butuh server yang harus mampu mengakses internet yang cepat, belum lagi kebutuhan yang lain, dan semua itu dananya sangat banyak.

Akses pendanaan ini di Indonesia masih tergolong susah, ini yang membuat startup jadi susah tumbuh.

Investor

Sumber dana terbesar startup bisa didapatkan dari investor. Tapi belum banyak investor yang mau memberikan dananya untuk startup. Karena menjadi investor di bidang startup tergolong memiliki resiko yang cukup besar, dengan total keuntungan yang masih klise. Ada sih investor asing yang mau memberikan dananya, namun akses ke sananya masih minim sekali, sehingga banyak startup yang akhirnya berujung gagal.

Product Market Fit

Product market fit adalah sebuah kondisi di mana sebuah startup menemukan market (pasar) yang sesuai dengan produk yang dimilikinya. Startup ini bisa dibilang sudah memiliki pelanggan yang mau membeli dan menggunakan produknya bahkan mau membagikan produknya.

Founder startup di Indonesia umumnya banyak yang begitu antusias untuk mewujudkan ide dan gagasan yang dimiliki. Tapi solusi yang ditawarkan masih belum sanggup untuk memenuhi kebutuhan pasar. Tidak sedikit pula startup yang mengembangkan produknya hanya berdasarkan asumsi semata.

Ini adalah tantangan yang sulit ditangani oleh para startup baru.

Apa pentingnya Product Market Fit untuk Startup?

Suatu product market fit menjadi penting agar semua hal yang berkaitan dengan pengembangan startup dapat berjalan dengan baik. Pembeli ataupun calon pembeli akan mendapatkan rekomendasi langsung dari temannya, atau orang yang sudah pernah melakukan pembelian di suatu perusahaan.

Dari sinilah betapa pentingnya membuat product market fit yang tidak hanya menjadi tanggung jawab CEO -nya saja, namun juga jadi tugas dari seluruh divisi perusahaan untuk mengembangkan suatu startup.

Saat konsumen membagikan pengalaman positif tentang produk yang diberikan pada suatu startup kepada orang lain sehingga startup tersebut mendapatkan konsumen baru, artinya dalam hal ini sudah terjadi suatu sistem product market fit di tangan startup tersebut. Apabila hal-hal ini terjadi secara masif, berarti para konsumen sudah menjadi sales person bagi perusahaan startupnya.

Sumber Daya Manusia

Tantangan terbesar bagi Indonesia adalah minimnya orang atau anak muda yang tergolong mumpuni dalam mengembangkan suatu startup. Untuk itulah Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia membuat Program Startup Studio untuk memfasilitasi para startup digital di Indonesia yang sudah berada di tingkat product market fit, agar dapat mengembangkan usahanya hingga memperoleh keuntungan yang diharapkan.

Ada dua program unggulan yang diberikan melalui coaching dan mentoring, yakni:

  1. Founder’s Camps – dengan durasi selama 5 hari para pelaku usaha dapat melakukan mentoring sekaligus berdiskusi untuk mengembangkan usahanya.
  2. 1-on-1 Coaching – dengan durasi 7 hari, pelaku usaha dapat melakukan choaching private per-startup untuk mendapatkan sesi konsultasi dan supervisi eksekusi bersama para expert yang memang sudah ahli di bidangnya.

Sehingga sesuai dengan tujuannya, bahwa program ini memang diinisiasi untuk menjawab masalah sulitnya mendapatkan sumber daya yang berkualitas dalam pengembangan bisnis, untuk itu Startup Studio Indonesia hadir dalam mengembangkan solusi yang dibutuhkan oleh para startup.

 607 total views,  3 views today