Solusi Tanda Silang Merah dan Tanda Tanya Saat Mendaftar PPG Dalam Jabatan 2019

Sudah cek SIMPKB? Pendaftaran PPG dalam jabatan sudah dibuka sejak 30 September lalu, dan bakal tutup pada 23 Oktober.
 
Ada yang beda untuk PPG dalam jabatan tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Guru honor sekolah tidak bisa ikut mendaftar, karena akan ada tanda silang dan akan langsung diblokir sistem. 
 
CPNS juga awalnya tidak bisa mendaftar, sistem menolaknya. Namun beberapa waktu terakhir status CPNS berubah jadi centang hijau yang artinya tidak masalah.
 
Hanya saja beberapa kasus yang terjadi pada CPNS adalah TMT Mengajarnya yang muncul tanda tanya. Atau bagian NUPTK dan Kualifikasi Pendidikan yang bertanda silang merah. 
 
 
Jangan dulu khawatir untuk para CPNS, percaya pada rejeki kan? Kayak kemaren waktu tes CPNS awalnya juga dinyatakan tidak memenuhi passing grade, lalu akhirnya juga ikut perengkingan dan akhirnya lulus. Jadi berdoa aja dulu. 
 
Karena pada dasarnya kita sudah memenuhi syarat kok sebagai peserta PPG, ya kecuali TMT mengajar katanya harus 2 tahun terakhir.
 
Lalu bagaimana solusi tanda  silang merah pada saat mendaftar PPG dalam jabatan tahun 2019 ini? 
 
Pada bagian paling bawah terdapat catatan bahwa data diambil dari dapodik dan dapat diperbaiki sampai 14 Oktober 2019. Hanya saja pernyataan ini jadi agak ambigu. 
 
Lalu memunculkan paradigma baru lagi. Siapa yang dapat mengubah perubahan data yang masih silang merah karena tidak terbaca oleh sistem ini? 
 
1. OPS Sekolah

 

Ada yang bilang operator sekolah masing-masing. Saya rasa operator sekolah sudah menyisipkan pendidikan S1 kita di aplikasi. Sedangkan pada simpkb ini kok tetap tidak terbaca. 
 
2. OPS GTK

Ada lagi yang bilang langsung saja ke dinas nanya ke bagian GTK buat ngubah datanya. Terus apa kaitannya antara Ops bagian GTK dengan Data Pokok Pendidik (Dapodik), sementara di sana tercantum keterangan seperti di bawah ini.
 

Mohon Maaf, Data Anda di DAPODIK TIDAK MEMENUHI PRASYARAT untuk dapat mengikuti seleksi. JIKA ADA KETIDAKSESUAIAN Data Induk (Dapodik) Anda, segera lakukan update sesuai dengan prosedur pemutakhiran data pada Dapodik, sampai tanggal 14 Oktober 2019

 
 
Jadi sepertinya bukan admin GTK. Karena tidak ada kaitannya sama GTK. Lalu kemungkinan terakhir. 
 
3. Ops Dinas

 

Ini agak masuk akal. Mungkin bisa langsung diolah oleh admin dapodik dinas. Jangan lupa ditraktir kopi biar semangat ngedit datanya
 
 
Bila perlu hubungi semuanya satu persatu minta tolong buat ngubah data. Jangan lupa kopi dan gorengannya buat sarapan kali aja ngantuk. Terus sabar lah, biasanya update data bakal berubah seminggu setelah dapodik singkron terakhir. 
 
Semoga kita semua punya rejeki untuk ikut PPG dalam jabatan tahun 2019 ini. Aamiin
 
Saya sih minimal bisa ikut pretest aja udah seneng apalagi bisa ikut PPG beneran. 

Kesimpulannya adalah segera hubungi operator sekolah untuk melakukan singkron ulang, lalu nunggu dengan sabar sampai waktunya tiba. Jangan lupakan DL pemutakhiran. Ingat bayas update pemutakhiran terakhir adalah 14 Oktober 2019. Tetap semangat, terus berkarya, salam satu data, semoga ada rejeki di sini. Aamiin

Update perkembangan selanjutnya.

Tanggal 7 Oktober lalu saya nyamperin Operator Sekolah buat ngedit beberapa data, termasuk riwayat pendidikan. Lalu yang terjadi pada tanggal 10 Oktober adalah semua status pemenuhan syaray saya menunjukkan centang hijau.

Akhirnya saya bisa ikut mendaftar PPG dalam jabatan. Unggah SK CPNS, Unggah Ijazah S1, Unggah SK Pertama Mengajar, dan dapat diperoleh lah hasil berikut ini. Bagian kolom TMT mengajar jadi otomatis terisi, tidak tanda tanya lagi.

Langkah seelanjutnya adalah Cetak Bukti Ajuan. Nantinya kita akan memperoleh file berbentuk pdf seperti gambar di bawah ini. Kali ini ada keterangan kayak gini:

Formulir Pendaftaran Anda telah dikirim ke LPMP. Silakan pantau status Pendaftaran Anda di halaman ini, hingga LPMP selesai memverifikasi Formulir Anda.

Semoga saya beruntung. Bismillah

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *