Solusi Maag dan Asam Lambung yang Wajib Diketahui

lambung

Sudah tahu kan jika masalah maag dan asam lambung bisa mengakibatkan dua kondisi pada tubuh kita? Dua hal tersebut adalah tukak lambung dan penyakit maag. Dari dua penyakit tersebut, masalah tukak lambung adalah yang paling berbahaya, karena dapat menyebabkan luka pada lambung. Keadaan ini dipicu oleh asam lambung yang tinggi.

Apabila asam lambung meninggi maka bagian yang terkena asam dapat mencapai ke kerongkongan, akibatnya kemudian dapat memperburuk kesehatan.

Asam lambung yang naik yang biasa dikenal dengan sebutan gastroesophagal reflux (GERD) yaitu keadaan ketika cairan lambung sedang mengalami pelonjakan yang tinggi sehingga mencapai ke arah tenggorokan.

Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, gangguan-gangguan tersebut seperti sensasi panas pada heartburn (ulu hati),  rasa mual, muntah-muntah, dan semua itu dapat mengganggu masalah vitalitas.

lambung

Baca juga Konsultasi Dokter Online Gratis 24 Jam

Berikut ini adalah solusi maag dan asam lambung yang perlu diketahui

Diet yang tepat

Makan yang berlebihan tidak hanya akan membuat kita jadi mudah mengantuk, tapi juga dapat membuat maag  gampang kambung. Kondisi ini disebabkan oleh keadaan perut yang membuncit yang mudah menjadi begah, karena lambung terlalu banyak terisi oleh makanan.

Diet adalah solusi yang baik untuk keadaan seperti ini. Diet akan membantu membersihkan usus sehingga membuat pencernaan lebih bekerja dengan optimal. Ada banyak cara diet yang bisa kita pilih, maka bijaksanalah dalam berdiet.

Mengatur Pola Makan yang Sehat

Mengatur pola makan yang sehat artinya Anda memiliki kewajiban untuk memakan makanan yang selalu sehat. Salah satunya adalah dengan cara mengkonsumsi makana yang berserat seperti Buah-buahan, biji-bijian, sayur-sayuran dan lain-lain, guna untuk melindungi saluran pencernaan supaya dapat bekerja dengan baik.

Selain itu, mengurangi makanan pedas dan makanan yang berminyak dapat menjadi solusi maag dan asam lambung yang baik. Di samping itu, mengkonsumsi air putih secara teratur juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan.

Memperbaiki Posisi Tidur

Solusi maag dan asam lambung berikutnya adalah dengan memperbaiki posisi tidur. Posisi tidur yang baik sebaiknya berada di sisi kiri, dan meninggikan posisi kepala ketika berbaring.

Karena ketika sedang berbaring pada posisi tempat tidur yang datar dengan bantal yang agak rendah dapat menyebabkan rasa mulas yang lebih serius. Hal ini disebabkan oleh keadaan tenggorokan dan perut yang berada pada tingkat yang sama dengan posisi kepala, sehingga membuat asam lambung dapat dengan mudah mengalir ke arah kerongkongan.  

Hindari Makan Malam

Semua ahli kesehatan selalu memberikan rekomendasi untuk tidak makan dalam jangka dua atau tiga jam sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk mengurangi asam lambung yang dampaknya dapat merugikan.

Ada baiknya sebisa mungkin untuk membiarkan perut dalam keadaan sebagian kosong sebelum memutuskan untuk pergi tidur. Karena ketika kita makan dalam jumlah besar sebelum tidur, yang akan kita rasakan adalah ketidaknyamanan saat berbaring, hal ini disebabkan oleh perut yang mengalami tekanan lebih oleh asupan makanan dalam porsi besar yang kita konsumsi. Solusi yang paling tepat memanglah menghindari makan malam sebelum tidur.

Mengkonsumsi Probiotik

Selain 4 cara di atas, cara menjaga kesehatan lambung terakhir yang bisa kita coba adalah dengan cara mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan probiotik.

Probiotik memiliki kandungan bakteri baik yang berfungsi untuk memperlancar serta menjaga sistem pencernaan Anda agar dapat berjalan dengan baik. Lebih lanjut, probiotik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang datang pada musim hujan seperti sekarang ini. Kita bisa menemukan probiotik di yogurt, tempe, tahu serta kefir.

Demikian tadi 5 cara menjaga kesehatan lambung yang penting untuk diketahui. Maag dapat mengganggu apabila hal itu terjadi begitu sering. Terkadang yang diperlukan untuk mencegah kambuhnya maag dan asam lambung adalah dengan melakukan perubahan dalam gaya hidup. Jangan lupa pastikan untuk selalu mengonsumsi probiotik.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *