Seberapa Pentingnya Kalkulator Kehamilan?

Selamat pagi. Mungkin jarang sekali terjadi saya menyapa selamat pagi di blog ini. Alasan utamanya lantaran saya tidak pernah menulis blog di waktu pagi. Tapi sebetulnya ini tidak terlalu tepat untuk disebut pagi. Saat ini jam di laptop saya menunjukkan pukul 07;48 WIB. Padahal sejak semalam saya berniat untuk update blog di subuh hari. Namun apalah artinya niat, karena manusia hanya bisa berencana.

Jadi ingat setahun yang lalu, ketika tahu istri saya mulai mengandung. Saking senangnya istri saya langsung mengajak USG padahal usia terlambat haidnya baru beberapa hari.

pregnant 2568594 960 720

Lalu tahukah bagaimana hasilnya?

Blas. Belum terlihat apapun. Hanya kantungnya saja yang tampak. Itupun juga masih hitam putih, karena kami memutuskan USG ke bidan, bukan ke dokter kandungan.

Sejak saat itu istri yang punya ide dan memutuskan untuk mencari kalkulator kehamilan. Atas saran beberapa teman juga yang memberikan cerita positif betapa bergunanya kalkulator kehamilan, maka istri pun semakin yakin untuk menggunakannya.

Kalkulator kehamilan sangat membantu untuk dipakai oleh wanita yang sedang hamil untuk mengecek informasi mengenai kehamilannya. Mulai dari usia kandungan, sampai berat badan normal ibu pada saat kehamilan.

Apa saja sih guna kalkulator kehamilan itu?

HPL (Hari Perkiraan Lahir)

Kalau kamu selama ini mengira penggunaan kalkulator kehamilan hanya untuk mengetahui usia maupun kesehatan janin dan ibu, sebetulnya ini tidak keliru. Namun ada kegunaan lain yang lebih spesifik, karena kalkulator kehamilan juga dapat digunakan untuk menghitung hari perkiraan lahir bayi, sehingga ibu dapat mempersiapkan persalinan dengan baik.

Usia Kehamilan

Mengetahui usia kehamilan sang ibu itu sangat penting. Lama waktu kehamilan biasanya sekitar 38 minggu dihitung dari sejak masa pembuahan. Namun ternyata, tidak semua ibu menyadari proses pembuahan yang terjadi pada tubuhnya, sehingga masa pembuahan dapat dilakukan melalui perhitungan dari hari pertama haid terakhir. Kalkulator kehamilan ini dapat istri saya ketika sedang hamil.

Berat Bayi Sesuai Usia Kandungan

Kalkulator kehamilan ini sangat berguna sekali untuk kami, karena kami dapat memantau berapa berat yang sesuai dengan usia kandungan. Istri saya pun sangat merasa terbantu memahami berat badan calon bayi, sehingga proses kehamilan dan persalinan nantinya akan berjalan lancar.

Pada setiap kehamilan, ibu biasanya akan disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan memiliki gizi baik untuk mencukupi kebutuhan asupan pada bayi. Begitu juga dengan istri saya, menjelang persalinan berat bayinya dianggap di bawah angka yang sesuai dengan usia kandungan, pada waktu itu dokter kandungan yang biasanya kami datangi setiap bulan menyarankan istri saya untuk memperbanyak makanan dengan kalori yang lebih besar dari pada biasanya.

Dengan mengetahui berat badan bayi, tentu istri saya lebih mengetahui asupan dan nutrisi apa yang dibutuhkan untuk perkembangan bayinya.

Memperkirakan Kenaikan Berat Badan Normal

Ada yang bilang lebih baik membesarkan bayi ketika sudah lahir, ketimbang membesarkannya ketika masih berada di perut. Karena jika sudah terlanjur besar ketika berada di perut hanya akan membuat ibu kesulitan saat melahirkannya. Untuk itu pentingnya kalkulator kehamilan ini salah satunya mampu membantu ibu dalam memperkirakan kenaikan perkembanga janin sesuai angka normalnya. Sehingga dapat membuat mental ibu lebih tenang, dan siap ketika waktu persalinannya tiba.

Demikianlah kegunaan kalkulator kehamilan yang sejauh ini kita berdua rasakan. Terlebih kami adalah pasangan yang baru pertama kali memiliki anak. Mungkin ada lagi kegunaan yang dapat dinikmati, di sini saya hanya mengambil beberapa poin yang menurut saya penting.

Selain hal yang tersebut di atas, kalkulator kehamilan juga sangat berguna untuk mengetahui kapan awal dan akhir trimester. Ada banyak aplikasi kalkulator kehamilan yang dapat diakses secara gratis, namun kali ini saya akan merekomendasikan kalkulator dari SehatQ.com, saya dan istri saya sering pakai yang ini karena gampang dipake. Cukup masukan tanggal hari pertama haid, dan rata-rata siklus haidnya. Tampilannya seperti ini:

kalkulator kehamilan

Akhir kata, kalkulator kehamilan ini memang penting, tapi lebih penting lagi kesehatan Anda. Jangan lupa tetap konsumsi makanan yang bernutrisi, perbanyak minum air putih, olahraga meski tipis-tipis, dan istirahat yang cukup. Semoga bermanfaat!

 493 total views,  3 views today