Pisang Siam untuk Lambung

Diposting pada
85 / 100 Skor SEO

Apa benar banyak manfaat pisang siam untuk bayi 1 bulan? Jujur nih ya, saya tuh orangnya suka receh dan gampang penasaran gitu. Kadang mikir juga, apa benar pisang dempet ada gunanya? Apa bedanya sama pisang yang gak dempet ya kan? Wong sama-sama pisang.

Nah, rasa penasaran saya kali ini lari ke pisang siam untuk bayi 1 bulan, katanya sih bagus. Emang sih, ada beberapa bayi yang butuh makanan pendukung ASI. Tapi kenapa harus pisang siam ya? Apa kelebihannya?

Sebelum ngebahasa pisang siam untuk bayi 1 bulan, saya cari tau dulu nih semua hal tentang pisang siam. Kan penasaran juga. Di daerah saya gak ada istilah pisang siam soalnya.

Berikut ini beberapa fakta pisang siam yang katanya punya manfaat untuk bayi 1 bulan. Kampret, apa sih istimewanya sebenarnya?

Cekidot!

Pisang Siam Adalah …?

Pisang siam adalah
Pisang siam

Ngoahahaha. Saya bingung juga mau bikin subjudul apa. Karena sebenarnya pengin nyari tau apa beneran pisang siam untuk bayi 1 bulan itu banyak manfaatnya. Tapi ya dah lah, sudah kadung. Itung-itung lumayan lah buat nambahin satu postingan organik. Mohon maaf ya kalau temen-temen nyasar ke sini gak nemu manfaatnya. Maaf ya.

Pisang siam adalah satu jenis pisang dari puluhan nama pisang yang tersebar di seluruh nusantara. Saya gak nemuin sih nama latin pisang siam ini. Katanya di Vietnam disebut chuối xiêm. I dont know, saya nemu ini dari hasil browsing. Gak tau kebenarannya juga anjay. Wkwkwkw

Dari hasil browsing juga, saya akhirnya nemuin fakta bagaimana ciri-ciri pisang siam. Kayak gini nih:

Ciri Pisang Siam

Sekilas pisang siam ini mirip sama pisang kapok, tapi ukurannya lebih pendek. Warna kulitnya hijau dan akan menjadi kekuningan ketika matang. Dagingnya berwarna putih, pulen kalau digigit, rasanya manis agak asam enak. Pisang ini memiliki biji sebesar lada hitam. Biasanya diolah menjadi keripik.

Oh kalau pisangnya kayak gitu cirinya saya tau. Di daerah saya nyebutnya pisang awak.

Pisang siam adalah buah yang terkenal di Indonesia serta di Amerika. Seperti buah pisang pada umumnya yang tidak tebal juga tidak tipis. Untuk aroma buah ini tidak harum dan untuk rasa buahnya manis tetapi ada rasa asamnya.

Pisang siam atau awak ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan seperti mengobati sakit lambung dan juga baik unuk bayi 1 bulan.

Wadaw. Ternyata bener nih bagus buat bayi. Kandungan di dalam buah jenis siam ini banyak sehingga dapat mencegah serta mengobati berbagai penyakit seperti liver, system pencernaan serta anemia.

Bukan Pisang Gancet

Saya kira pisang siam itu kayak pisang gancet gitu. Kan istilah kembar siam untuk kembar yang gancet gitu ya kan. Makanya saya mikirnya pisang gancet. Wkwkwk

Ternyata saya keliru. Jadi paham ya kalau pisang siam itu bukan pisang gancet. Saya yakin pasti banyak teman-teman mengira gitu juga kayak saya. Makanya penting juga dibahas di sini supaya gak keliru lagi.

Nama lain pisang siam

Untuk nama lain pisang siam di beberapa daerah ada yang menyebutnya sebagai pisang susu. Setidaknya begitu kalau kita mau menemukan pisang siam di tokopedia. Tapi di daerah lain ada juga yang menyebutnya sebagai pisang awak, termasuk di daerah saya. Menurut saya pisang awak dan pisang susu beda sih. Hmm.. entahlah, saya juga bingung anjay.

Harga Pisang Siam

Untuk harga pisang siam di tokopedia dibandrol dengan harga 20 ribu – 30 ribu rupiah. Hampir sama dengan harga pisag raja dan pisang-pisang lainnya.

Manfaat Pisang Siam

Manfaat pisang siam ada banyak. Selain dapat diolah menjadi berbagai makanan, manfaat pisang siam lainnya juga bisa dijadikan sebagai makanan bayi, dan bagus untuk asam lambung. Mengingat betapa besarnya manfaat pisang siam tersebut, agaknya ada baiknya untuk menyediakan stok pisang siam di rumah.

Pisang Siam untuk Bayi

Ternyata pisang siam itu baik untuk bayi 1 bulan. Khususon 0 – 6 bulan. Begini faktanya.

  • Pisang siam kaya akan potasium yang baik untuk kebutuhan energi harian bayi. Selain itu jug mengandung kalsium, zat besi, vitamin A, C, dan B6.
  • Mengutip dr. Eva J. Soelaeman, Sp.A dari Rumah Sakit Anak Bunda Harapan Kita, pemberian pisang siam pada usia terlalu dini dapat menimbulkan beberapa ancaman penyakit. Seperti:
    • Sembelit
    • Alergi Makanan
    • Obesitas
    • Potensi masuknya kuman

Dari urain di atas ternyata pemberian pisang siam tidak baik untuk bayi 0 – 6 bulan. Meski pisang siam kaya akan vitamin dan kalsium, namun pemberian pisang siam untuk bayi semestinya diberikan pada saat usianya sudah berada di atas 7 bulan.

Pisang Siam untuk Lambung

Meskipun pisang siam tidak baik untuk bayi di bawah 6 bulan, ternyata pisang siam untuk asam lambung kita bagus.

Buah pisang siam mempunyai tingkat keasaman atau pH sebanyak 5,6. Hal ini cocok untuk mengatasi gejala asam lambung. Namun, sebaiknya kita tidak makan pisang siam dengan berlebihan.

Selain makan pisang siam, kita juga sebaiknya mengubah pola makan dengan cara makan dengan porsi sedikit namun dengan lebih sering. Perbanyak konsumsi air putih setiap hari demi mencegah serangan dari penyakit ini, dan jangan tiduran setelah makan.

Perbedaan Pisang Kepok dan Pisang Siam

Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan pisang kepok dan pisang siam. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Kriteria PembedaPisang SiamPisang Kepok
Bentuk KulitTipisTebal
BijiBerbijiTidak
HargaRp 35.000Rp 30.000
Nama LainPisang Susu, Pisang AwakPisang Kepok

Pisang Siam Rebus

pisang siam rebus
Pisang siam rebus

Berikut ini resep dan cara membuat pisang siam rebus yang pulen dan enak.

Bahan-bahan

  • 10 biji pisang siam matang
  • secukupnya Air
  • sedikit Garam
  • sedikit Gula

Langkah Pembuatan

  1. Masukkan air secukupnya ke dalam panci
  2. Lalu tambahkan gula dan garam secukupnya
  3. Aduk aduk sebentar, kemudian masukkan pisang siam ke dalam panci
  4. Tutup panci sampai rapat, dan masak sampai kulit pisang siam berubah warna jadi agak kecoklatan,
  5. Angkat dan tiriskan

 4,836 total views,  58 views today

Gambar Gravatar
Hadi Kurniawan adalah nama lengkap dari pemilik blog ini. Berprofesi sebagai guru di Kab. Musi Rawas Utara. Seorang penyendiri yang tak lagi sendiri. Dapat dihubungi di hadisujatman@gmail.com

One thought on “Pisang Siam untuk Lambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *