Permainan Klasik yang Seru di Solitaire.org

Sejak menjadi youtuber mendadak, aku jadi suka mainin game. Seperti yang pernah kuulas sebelumnya, game yang kumainkan hanya sekadar game ringan, game klasik, karena hanya buat menghabiskan waktu sampai video yang sedang ku unggah ke youtube selesai semua.

Seperti yang kulakukan sore ini. Di sela mengunggah video tugas praktik ke youtube, aku menyempatkan untuk bermain game. Aku jadi ingat pepatah entah milik siapa, katanya sesuatu yang kita tunggu itu tidak akan terasa menunggu kalau kita habiskan sambil mengerjakan sesuatu.

Makanya, kali ini kuputuskan untuk bermain game. Game apa yang kumainkan? Mungkin aja kamu bakal terheran-heran melihat aku memainkan game ini. Atau malah kamu merasa pengin memainkan game serupa.

Solitaire

Terdengar tidak asing bukan? Game klasik ini masih sangat asik dimainkan di abad 21 ini. Menurutku game ini tidak akan lekang oleh waktu. Mengingat game ini sangat simple dan asik untuk dimainkannya. Lihatlah tangkapan layar yang kuambil di bawah ini:

image edited
https://www.solitaire.org/

Butuh waktu tidak sampai 6 menit untuk menyelesaikan permainan ini. Sebagai informasi, game yang satu ini kumainkan secara online, kamu bisa mengunjungi https://www.solitaire.org/ jika ingin memainkannya juga.

Aku pertama kali kenal dengan game ini waktu sekolah menengah atas, saat praktik pelajaran komputer. Setelah sebelas tahun lulus, baru tahu kalau ternyata ada cerita menarik di balik sejarah game ini.

Dikasih tahu situs kompas nih, katanya game ini bukan dibuat oleh karyawan Microsoft. Tahun 1986 ada seseorang yang bernama Wes Cherry yang magang di kantor Microsoft yang mengaku sedang bosan ketika itu, dan terciptalah game Solitaire.

Kemudian Wes Cherry membuat codingnya, lantas mempresentasikan kepada atasannya, dan ternyata sampai lah beritanya kepada Bil Gates – bos besar di Microsoft. Makanya dua tahun kemudian, di tahun 1988 akhirnya Microsoft secara resmi merillis game Solitare ini.

Keren banget ya? Dia yang gabut dan ngerasa bosan doang, langsung kepikiran bikin game. Lah kita gimana? Rebahan doang bisanya. Ya tapi emang tidak bisa dibandingkan seperti itu. Setiap orang mungkin punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Lanjut ke game di situs itu lagi. Karena waktu main yan cuma sebentar, dan setelah diperiksa unggahan video di youtube belum selesai, aku gulirkan ke sana-sini akhirnya ketemu game yang lain yang menurutku juga menarik.

Mahjong Games

Ada berbagai permainan di mana pemain menggeser ubin, kita sebagai pemain diminta untuk menghubungkan koleksi unik yang cocok dengan kartu yang serupa, tetapi mekanisme inti dari permainan mahjong solitaire ini adalah mencocokkan dua ubin terbuka untuk menghapusnya dari lapangan permainan.

Sebuah ubin dianggap terbuka apabila tidak memiliki ubin tepat di atasnya dan setidaknya salah satu sisi kiri atau kanannya bebas. Klik pasangan ubin untuk menghapusnya dari lapangan bermain, seperti itu cara memainkannya.

Banyak permainan mahjong berisi tombol petunjuk untuk membantu kita selaku pemain untuk menemukan pasangan atau tombol acak untuk mengacak ubin setelah tidak ada pasangan yang tetap terbuka mengingat konfigurasi papan saat ini.

Untuk memainkan game ini kamu bisa menuju tautan ini https://www.solitaire.org/mahjong-games/, terdapat beberapa jenis game mahjong yang dapat dimainkan, salah satunya adalah Daily Mahjong berikut ini:

image 1 edited
https://www.solitaire.org/daily-mahjong/

Hidden Object Game

Selanjutnya ada hidden game, permainan ini kita diminta untuk menemukan benda tersembunyi di dalam permainan.

Hidden Object Games.
https://www.solitaire.org/hidden-object-games/

Ada beberapa hidden game yang bisa kita mainkan di sini, sebagai berikut

  • China Temple – permainan objek tersembunyi yang agak sulit yang berisi objek, angka, dan temukan perbedaan fitur di masing-masing dari 10 level
  • Circus Adventure – temukan 10 objek, 30 angka, dan 4 temukan perbedaan di setiap 10 level permainan. Gim yang lebih mudah mirip dengan Kuil China.
  • Garden Secret Hidden Game – ini adalah permainan benda tersembunyi tradisional
  • Hidden Kitchen – game bertema kuliner 10 tingkat
  • Hidden Princess – permainan objek tersembunyi 3 tingkat yang menantang di mana item tertanam dalam ke dalam lanskap
  • Medieval Castel Hidden Objects – temukan angka 1 hingga 30 yang tersembunyi di setiap level
  • Pirates and Treasures – Game objek tersembunyi 8 tingkat dengan nomor tersembunyi dan fitur garis besar item.
  • The Palace Hotel – permainan objek tersembunyi 10 tingkat yang mudah

Zuma Ball

image 2 edited

Dari sekian banyak game di situs ini, Zuma Ball adalah yang paling menyita perhatianku dan akan kumainkan terus menerus berkali-kali.

Game ini mempunyai 10 level. Di setiap level ada rantai bola yang bisa bergerak menuju level terakhir. Tugas kita sebagai pemain adalah membuat set 3 atau lebih bola berturut-turut untuk melepaskannya dari rantai yang ada hingga ke ujung. Tembakan semua bolanya sampai bisa membuat reaksi berantai di mana menggerakkan bola dan menghilangkannya.

Perhatikan potongan seperti pinball. Beberapa bidak dapat kita tembakkan untuk meningkatkan skor, sementara bidak lain dari lapangan permainan akan memblokir bola yang kita miliki. Jika kita memiliki sebagian besar rantai yang dikalahkan dan itu jauh dari akhir level, kita dapat berulang kali menembak bola pada titik yang mencetak bumper untuk menambah skor.

Namun kalau kita membuat celah besar di tengah rantai maka bagian belakang rantai dapat bergerak sedangkan bagian depan rantai yang terputus tidak bergerak sampai bagian lain mengejarnya. Untuk itu kita dapat menembak bola di luar jangkauan rantai bola untuk menyingkirkannya jika muncul warna yang tidak kita sukai.

Yang menarik dari permainan ini jika kita kalah pada suatu level, kita dapat memutar ulang & skor total kita akan diakumulatisikan di seluruh level. Selain itu apabila kita me-refresh browser web atau secara tidak sengaja menutup tab, kita akan diberikan penawaran kesempatan untuk memulai permainan baru atau melanjutkan permainan sebelumnya. Menarik bukan?

Treasures of Atlantis

Game yang ini juga menjadi favoritku. Cara memainkannya pun cukup mudah.

Kita hanya diminta untuk menukar 2 item untuk mencocokkan 3 atau lebih item yang sama dalam kolom vertikal atau baris horizontal. Lalu gerakan yang valid mengharuskan kita untuk menyelesaikan satu set 3 atau lebih.

Jumlah keseluruhan level yang ada pada game ini adalah 25 level dan setiap level memiliki batas waktu tertentu.

image 3 edited
https://www.solitaire.org/treasures-of-atlantis/

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mendapatkan setiap bagian dari gambar atau peta ke bagian bawah level dengan menghapus potongan di bawahnya dengan membuat kecocokan. Saat maju melalui permainan, beberapa bagian terkunci di tempatnya. kita dapat membuka kuncinya dengan menggunakannya untuk membuat satu set 3 atau lebih berturut-turut.

Nah dari sekian banyak permainan yang kusebutkan di atas, game mana yang kamu sukai?

 397 total views,  1 views today