Biaya Kesehatan Mengalami Inflasi, Perlukah Asuransi?

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020, didapatkan bahwa persentase laju inflasi biaya kesehatan di indonesia mencapai 2,79% yang menunjukkan derajat laju inflasi lebih tinggi dibandingkan biaya lainnya.

Namun, ketika menganalisis data tahun-tahun sebelumnya, kita dapatkan bahwa ternyata tingkat inflasi pada tahun 2020 sendiri lebih rendah dibanding tahun-tahun sebelumya. Contohnya, pada tahun 2019 laju inflasi sebesar 3,46% lebih besar hampir setengah kali laju inflasi pada tahun 2020.

Oleh karena itu, pandemi sendiri tidak berpengaruh besar dalam peningkatan laju inflasi pada biaya kesehatan. Tanpa adanya pandemi, laju inflasi biaya kesehatan memiliki tren yang naik sehingga perlu bagi kita dalam mempersiapkan diri agar di masa mendatang kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membiayai kebutuhan kita akan hidup sehat.

Perlukah Asuransi Kesehatan

Seiring meningkatnya biaya kesehatan, menjadi penting bagi masyarakat untuk siap sedia dalam menghadapi resiko-resiko kesehatan yang ada karena menjaga kesehatan merupakan hal penting yang harus dilakukan. Bahkan, saat ini kesehatan juga mulai menjadi kebutuhan pokok manusia selain sandang, pangan, dan papan.

Makanya masyarakat perlu dikenalkan dengan sebuah produk keuangan yang dapat memberikan perlindungan dari kerugian finansial yang membengkak ketika kita menghadapi musibah terkait kesehatan, yakni asuransi.

Terdapat banyak jenis asuransi yang ada dan ditawarkan kepada masyarakat, mulai dari asuransi mobil terbaik, asuransi jiwa terbaik, hingga asuransi kesehatan terbaik. Namun, dalam menghadapi resiko kerugian finansial dari segi kesehatan kita memerlukan asuransi kesehatan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa penting untuk kita dalam melindungi dan menyiapkan diri dalam menghadapi resiko kerugian finansial yang membengkak dalam menjaga hidup agar lebih sehat.

Saat ini, perlindungan tersebut dapat disediakan melalui produk keuangan yang disebut sebagai asuransi, khususnya asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan sendiri merupakan jenis asuransi yang dapat mengcover sebagian dan/atau seluruh biaya rumah sakit, mulai dari pemeriksaan kesehatan, perawatan jalan/inap, operasi, bahkan obat-obatan dengan setiap bulannya tertanggung membayarkan sejumlah besar iuran (premi) kepada perusahaan penyedia asuransi.

Manfaat yang diberikan oleh sebuah produk asuransi tentu berbeda-beda, begitu pula besar preminya. Contohnya, saat ini ada asuransi kesehatan yang mengcover biaya perawatan ketika kita terjangkit Covid-19, namun ada pula perusahaan asuransi yang membedakan asuransi kesehatan umum dengan asuransi covid 19 dengan berbagai macam manfaat berbeda-beda yang diberikannya.

Asuransi Kesehatan yang semakin menjadi penting di masa sekarang ini bahkan untuk di masa depan, maka perlu bagi kita menyiapkan asuransi kesehatan terkhusus untuk memberikan perlindungan dari asuransi kesehatan untuk keluarga tercinta.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi kesehatan untuk keluarga:

Perlindungan dari berbagai jenis penyakit

Kamu perlu mengetahui penyakit apa saja yang dapat ditanggung oleh produk asuransi yang kamu pilih. Hal tersebut untuk menghindari kejadian produk asuransi yang tidak bisa diklaim karena penyakit yang menimpa anggota keluarga merupakan penyakit yang tidak tercantum dalam daftar penyakit yang ditanggung.

Manfaat rawat inap dan rumah sakit

Asuransi Kesehatan memberikan manfaat rawat inap (apabila kamu memilih rawat inap, namun biasanya untuk peruntukan keluarga digunakan asuransi jenis rawat inap) yang dapat membantu keluarga dalam menanggung tagihan yang besar. Manfaat rawat inap ini sendiri perlu diperhatikan lebih lanjut apakah sudah termasuk dengan biaya kamar, kunjungan dokter, biaya pengobatan, laboratorium, dsbnya. Selain dari manfaat perawatan inap yang diberikan, rumah sakit rujukan juga menjadi penting untuk diketahui agar sesuai dengan kebutuhan keluarga.

Pilihan premi dan polis asuransi

Penting bagi kamu (khususnya kepala keluarga) untuk menentukan mana produk asuransi yang memerlukan biaya premi yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial keluarga. Jangan sampai, membeli produk asuransi mengganggu kamu dalam mencapai tujuan finansial kamu yang lain di masa mendatang. Selain itu, kamu juga perlu mengecek polis asuransi yang telah kamu pilih apakah memang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Proses klaim

Terakhir, kamu perlu memperhatikan juga proses klaim produk asuransi yang akan kamu pilih, Apakah prosesnya bertele-tele dan menyulitkan atau tidak. Dokumen atau data apa saja yang diperlukan dalam proses klaim. Sesuaikan dengan kemampuan kamu, ya!

Nah, itu tadi hal yang perlu diperhatikan kamu dalam memilih asuransi kesehatan bagi keluarga. Tunggu apalagi? Segera pilih produk asuransi kesehatanmu sekarang!

 731 total views,  7 views today