Kenali 7 Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri dengan Gejala dan Penyebabnya

Diposting pada
88 / 100 Skor SEO

Bakteri adalah suatu mikroba yang sangat kecil dengan dua jenis. Ada bakteri baik, dan ad bakteri jahat. Bakteri baik biasaya terdapat pada yoghurt dan tempe, yang tentu saja berguna bagi tubuh kita. Sedangkan bakteri jahat dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Oleh karena itu kita harus berhati-hati.

Ingat nggak dulu jaman kita sekolah guru-guru kita selalu bilang, kalau kebersihan adalah pangkal dari kesehatan? Karena penyakit yang disebabkan oleh bakteri berawal dari kurangnya kebersihan yang kita lakukan.

Padahal menjaga kebersihan itu termasuk penting. Oleh karena itu sebisa mungkin kita dapat menjaga kesehatan agar tidak terkena bakteri jahat. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Selain dari kebersihan, penyakit yang disebabkan oleh bakteri juga dapat masuk melalui makanan atau minuman. Maka dapat dikatakan bahwa bakteri jahat ini membahayakan, karena kalau sudah terjangkit kita bisa saja menularkan penyakit kepada orang lain.

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri sangat beragam, bisa ringan, bahkan juga bisa parah. Tergantung dengan seberapa kuat daya tahan tubuh kita.

Beberapa Penyakit yang disebabkan oleh Bakteri

Video di atas membuka pengetahuan kita bagaimana bentuk suatu bakteri. Tentu saja itu sudah dilakukan proses pembesaran sehingga dapat dilihat oleh manusia tanpa menggunakan alat sama-sekali.

Bakteri jahat memang membawa penyakit, beberapa penyakit tersebut diantaranya adalah TBC, Tipes, Disentri, Diare, Kolera, Pneumonia, dan Leptopirosis. Nah kenali semuua gejala dan penyebab penyakit yang disebabkan oleh bakteri tersebut di bawah ini:

TBC

  • Gejala: Berat badan akan turun drastis, batuk-batuk kronis, demam tinggi, kurang nafsu makan.
  • Penyebab: Infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang telah mengalami penyebaran melalui sekresi batuk. Bakteri ini akan menyebar melalui udara dan terhirup ke paru-paru orang lain, pada saat sistem imun orang tersebut lemah maka ia akan terinfeksi dan menjadi penderita TBC berikutnya.

Tipes

  • Gejala: Demam hingga 40ºC dan berlangsung sampai beberapa hari, sakit perut, sembelit atau diare.
  • Penyebab: tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang menyebar dari feses atau urin penderitanya. Makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi oleh bakteri dari feses atau urin ini yang kemudian dapat memicu munculnya tipes.

Diare

  • Gejala: mulas, feses encer dari biasanya, lebih sering BAB, dehidrasi dan kelelahan.
  • Penyebab: penyebab yang cukup sering adalah akibat masuknya berbagai jenis bakteri seperti Escherichia coli, Campylobacter, Clostridum difficile, Salmonella, dan Shigella yang kemudian menginfeksi sehingga memicu penyakit diare.

Kolera

  • Gejala: diare yang terlalu sering, dehidrasi, mulas, mual dan muntah bahkan terjadi kram perut.
  • Penyebab: disebabkan oleh infeksi bakteri Vibrio cholerae yang dapat memproduksi toksin CTX. Racun ini akan menyebabkan tubuh sulit menyerap air, akibatnya air lebih banyak dikeluarkan dalam bentuk diare. Makanan laut, terutama kerang yang tidak dimasak hingga matang kerap menjadi penyebab penularan utama penyakit ini.

Disentri

penyakit yang disebabkan oleh bakteri
  • Gejala: diare yang disertai darah, muntah, mual dan kram perut.
  • Penyebab: disebabkan oleh infeksi bakteri Shigella pada saluran pencernaan, yang paling umum adalah jenis Shigella sonnei, selain itu kurangnya menjaga kebersihan dapat menyebabkan bakteri ini mengontaminasi makanan atau minuman dengan mudah sehingga menyebabkan penyakit disentri.

Pneumonia

  • Gejala: batuk kering atau batuk berdahak warna hijau atau tercampur darah, napas pendek, timbul rasa sakit saat menarik napas dan demam.
  • Penyebab: infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae yang menular melalui udara sehingga menyebabkan kontaminasi dalam makanan dan minuman.

Leptospirosis

  • Gejala: mual, demam, sakit kepala, nyeri otot, muntah, meriang, diare, sakit perut, ruam dan konjungtivitis.
  • Penyebab: makanan atau minuman yang terkontaminasi urin tikus atau anjing yang membawa bakteri Leprosis.

Demikian gejala dan penyebab 7 penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah kontaminasi bakteri bisa terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa kita sadari.

Semua gejala dan penyebab penyakit yang disebabkan oleh bakteri di atas akan menjadi parah apabila tidak ditangani dengan baik. Namun bukan berarti tidak dapat dicegah. Karena mendingan mencegah dari pada mengobati.

Salah satu cara yang paling mudah untuk melakukan pencegahan adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun yang mampu membunuh kuman dalam 10 detik. Seperti sabun lifebuoy.

 263 total views,  1 views today

Gambar Gravatar
Hadi Kurniawan adalah nama lengkap dari pemilik blog ini. Berprofesi sebagai guru di Kab. Musi Rawas Utara. Seorang penyendiri yang tak lagi sendiri. Dapat dihubungi di hadisujatman@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *