Pengertian Google Keyword Planner dan 5 Manfaatnya

Diposting pada
90 / 100 Skor SEO

Hai, apa kabar? Tahukah pengertian google keyword planner? Bagi blogger, kehadiran google keyword planner menjadi sangat penting dalam hal riset keyword. Karena dengan melakukan riset sebelum melakukan posting, akan memudahkan blogger dalam menulis materi pada blognya.

Untuk itu, agaknya penting membahas pengertian google keyword planner. Dengan mengetahui pengertian Google Keyword Planner akan memudahkan kita selaku bloggerdalam melakukan riset kata kunci seperti yang sudah saya uraikan sebelumnya.

Google Key Planner

Pengertian Google Keyword Planner
Image by Wokandapix from Pixabay

Pengertian Google Keyword Planner

Menurut hemat saya, pengertian Google Keyword Planner adalah tool atau alat yang disediakan oleh Google kepada para pengguna Google adwords supaya dalam pemasangan adwords lebih tepat sasaran dan dapat mendatangkan pengunjung ke situsnya. Selain itu tools ini juga dapat kita manfaatkan dalam membuat rencana dalam memilih judul, deskripsi dan kata kunci yang sesuai dengan postingan yang akan kita buat.

Sementara itu Keyword Planner adalah fitur gratis yang disediakan oleh Google Ads kepada para pengiklan untuk membuat kampanye Search Network yang baru. Para pengiklan dapat menggunakan Keyword Planner untuk menelusuri keyword dan melihat perkiraan keyword. Keyword Planner akan membantu pengiklan dalam memilih bid dan anggaran yang lebih kompetitif untuk dipakai bersama kampanye. 

Manfaat Google Keyword Planner

Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan menggunakan Google Keyword Planner, sebagai berikut:

  1. Mengetahui keyword yang paling unggul yang sering dicari oleh pengguna Google,
  2. Pengguna Google Adwords biasanya menentukan bid / harga yang diberikan untuk satu klik dengan memanfaatkan saran dari Google Keyword Planner,
  3. Memantau kompetitor dengan keyword serupa.
  4. Mengetahui keywoord yang dicari pengguna pada setiap harinya/ realtime,
  5. Blogger dapat menikmati Google Keyword Planner secara GRATIS

Adwords Planner

Pengertian Google Keyword Planner
Image by William Iven from Pixabay

Untuk mendapatkan perkiraan dan metrik historis pada adwords planner, yang perlu dikalukan adalah sebagai berikut.

  1. Login terlebih dahulu ke akun Google Ads
  2. Pada sudut kanan atas terdapat lambang ghHokfUMreWJ7NrM9GTSuJ7ki7fwur m7ms2nksLLL0EbzKuFZm8hJDviDJH3cb8CLp =w18 h18, klik bagian itu
  3. Lihat di bagian “Perencanaan”, lalu klik Keyword Planner
  4. Pada kotak penelusuran “Dapatkan metrik dan perkiraan untuk keyword”, tambahkan keyword yang dipisahkan oleh koma
  5. Kemudian klik Mulai untuk melihat rekomendasi.
  6. Untuk melihat statistik histori yang pernah dilakukan, seperti penelusuran bulanan rata-rata atau data persaingan, pilij Metrik historis yang terdapat pada bagian atas halaman.

Tips Menggunakan Google Keyword Planner

Fitur utama Google Keyword Planner adalah Discover New Keywords dan Get Forecast and Search Volume. Kelihatannya memang sedikit fiturnya. Tapi, kita dapat memaksimalkan semua fitur tersebut untuk melakukan riset keyword. Begini caranya:

Manfaatkan Filter Kata Kunci

Google Keyword Planner memang membatasi maksimal 10 keyword dalam satu kali riset. Tapi, kita dapat menemukan lebih banyak keyword dengan menggunakan filter. Caranya dengan memasukkan keyword pada fitur Discover New Keywords, kita akan menemukan hasil riset keyword. Kemudian klik add filter > keyword.

Mencuri Keyword Kompetitor

Dengan Google Keyword Planner, kita dapat mencuri ide-ide keyword dari kompetitor. Pada fitur Discover New Keywords, kita dapat memasukkan URL website untuk riset keyword. Nah, di sana kita juga bisa memasukkan URL website kompetitor kita. 

Temukan Kata Kunci Paling Potensial

Google Keyword Planner memberikan banyak saran keyword. Kita punya banyak ide keyword yang dapat kita targetkan. Tentu kita harus memberikan prioritas kepada keyword yang punya potensi lebih bagus.

Atur Lokasi Pencarian

Secara default, Google Keyword Planner akan melakukan riset keyword planner berdasarkan negara yang kita daftarkan pertama kali. Tapi, kita juga dapat mempersempit jangkauan riset keyword hingga tingkat kota sekalipun. Ini akan menguntungkan kita yang mengincar pelanggan lokal. Caranya gampang, pada hasil riset keyword Discover New Keywords, klik menu Locations. 

Ketahui Perangkat yang Digunakan dan Lokasi Populer

Dengan Google Keyword Planner, kita juga dapat mencaritahu perangkat apa yang sering dipakai pengguna untuk mencari keyword dan lokasi populer untuk keyword tersebut.

Kesimpulan

Google Keyword Planner sangat membantu dalam menemukan keyword terbaik untuk hasil SEO yang maksimal. Dulu orang memakai Google keyword tool sebagai alat untuk melakukan riset keyword pada websitenya, supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan diharapkan dapat mendatangkan pengunjung yang akurat dan tepat sasaran, serta sesuai dengan produk atau jasa yang akan dijual melalui webnya.

Namun lain dulu lain sekarang, jaman sekarang para blogger dan orang yang memiliki bisnis online akan beralih ke Google Keyword Planner karena google keyword tool dianggap sudah ketinggalan jaman.

Google Keyword Planner adalah tool dari google yang sebenarnya disediakan untuk para pemasang iklan Google adwords agar pada saaat memasang iklan adwords jadi lebih tepat sasaran dalam mendatangkan pengunjung ke situs/website.

Dengan adanya tool ini, kita dapat melakukanlah Riset Keyword terlebih dahulu sebelum menentukan judul website, deskripsinya, hingga keyword yang akan ditulis buat blog bisnis miliknya.

 492 total views,  1 views today

Gambar Gravatar
Hadi Kurniawan adalah nama lengkap dari pemilik blog ini. Berprofesi sebagai guru di Kab. Musi Rawas Utara. Seorang penyendiri yang tak lagi sendiri. Dapat dihubungi di hadisujatman@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *