Pengertian dari Transmisi Manual dan 7 Komponennya

Mungkin beberapa orang seringkali akan merasa awam mengenai pengertian dari transmisi, namun beberapa orang juga sudah mengetahui akan hal itu.

Terlebih lagi bagi orang orang yang sudah terjun pada dunia otomotif akan tidak asing lagi mengenai hal ini. Tapi pada kali ini kita akan membahas mengenai transmisi manual serta komponennya.

Transmisi dalam sebuah kendaraan memiliki peranan penting terlebih lagi pada kendaraan bermotor seperti mobil.

ada mobil dibutuhkan sebuah transmisi untuk membantu proses bekerjanya sebuah mobil. Apalagi mobil memiliki roda yang berjumlah lebih dari dua dan memiliki kerangka yang cukup besar.

Pengertian dari Transmisi, Logam, Mekanika

Pengertian Transmisi

Bagi yang belum mengetahui apa itu transmisi, merupakan komponen yang berada pada sebuah mesin yang memiliki tujuan untuk merubah laju kecepatan beserta tenaga putar.

Hal ini akan langsung menuju pada roda dan selanjutnya akan menggerakkan sebuah kendaraan dengan kebutuhan pengendara.

Namun transmisi manual ini yaitu sebuah komponen yang memindai tenaga kerja yang dihasilkan, melalui mesin setelah itu menuju arah poros roda. Pada poros roda inilah yang membuat sebuah kendaraan dapat berjalan sesuai dengan percepatan yang diatur oleh pengendara itu sendiri.

Komponen Transmisi Manual

Setelah kalian mengetahui pengertian dari transmisi manual. Kini saatnya kita belajar untuk mengetahui kira-kira ada komponen apa saja yang ada di dalam sistem transmisi manual ini.

Nah jika kita lihat lebih dalam, sebenarnya beberapa komponen yang ada di sistem transmisi manual ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, berikut adalah ulasannya.

Transmisi Case

Pada komponen ini memiliki tugas untuk menerima out put yang berasal dari unit kopling serta, didalamnya menjadi sebuah berdiamnya seluruh komponen yang ada di transmisi.

Transmission Gear

Pada komponen ini memiliki tugas yaitu merubah input dari sebuah sistem permesinan yang akan menjadi output torsi, setelah itu hal ini akan meninggalkan transmisi yang dibutuhkan oleh sebuah kendaraan.

Synchroniser atau Gigi Penyesuai

Pada komponen ini memiliki tugas untuk membantu pemindaian kecepatan yang sedang berada pada kondisi putaran yang super tinggi, sehingga ini akan membuat kinerja semakin ringan tentunya.

Gear Shift dan Shift Forklift

Pada komponen ini memiliki fungsi yaitu sebagai alat penggerak bagi pengemudi mobilnya.

Reverse Gear

Pada komponen ini memiliki fungsi yaitu membuat merubah arah dari putaran di output shaft, sehingga membuat sebuah kendaraan menjadi berjalan mundur.

Hub Slave

Pada komponen ini memiliki fungsi sebagai pengunci penyesuaian, yang terjadi dengan sebuah gigi percepatan dengan begitu memungkinkan output shaft berputar ataupun berhenti.

Main Bearing dan Output Shaft

Main bearing memiliki fungsi sebagai bantalan untuk output shaft. Sedangkan output shaft memiliki fungsi untuk menutupi shaftnya dengan sendiri dan menjadi dudukan untuk tongkat persneling.

Fungsi Transmisi Manual

Terakhir, kita akan membahas tentang kira-kira apa sih fungsi dari transmisi manual ini? Dimana fungsi utama dari transmisi di kendaraan adalah untuk menyalurkan tenaga mesin menuju ke roda-roda kendaraan.

Namun selain itu, ada fungsi lainnya dari transmisi manual tersebut.  Untuk itu berikut adalah beberapa fungsi lain dari transmisi manual pada kendaraan yang mungkin belum anda ketahui.

  • Fungsi dari transmisi manual yang pertama adalah untuk menyalurkan tenaga dari putaran mesin menuju ke poros propeller shaft.
  • Mengubah momen yang dihasilkan oleh mesin agar bisa sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh pengendara misalnya seperti beban yang ditanggung dan juga medan yang dilewati.
  • Memungkinkan kendaraan untuk bisa berjalan dengan mundur atau biasa disebut juga reserver. Dimana pada umumnya kondisi ini bisa kita temukan di kendaraan roda empat.

Jika dilihat dari berbagai macam fungsi transmisi manual ini, tentu saja dipastikan jika setiap orang yang punya kendaraan dengan sistem transmisi manual akan jauh lebih paham terkait bagaimana sih kinerja dan juga fungsi dari sistem transmisi manual tersebut.

Nah selesai sudah pembahasan kali ini mengenai pengertian dari transmisi manual dan juga komponen-komponen yang terdapat di sistem transmisi manual pada kendaraan tersebut. 

 599 total views,  1 views today