Cara Menjadi Freelancer di Situs Freelance Luar Negeri

Bekerja di startup atau menjadi seorang freelancer online saat ini menjadi bagian dari gaya hidup yang diimpikan milenial. Untuk bekerja di startup, hampir semua orang mengetahui cara melamar kerjanya. Tetapi bagaimana cara menjadi freelancer masih banyak yang belum tahu, apalagi menjadi freelancer di situs freelance luar negeri.

Beberapa perusahaan startup di luar negeri, menggunakan jasa freelancer juga. Dan freelancer-freelancer ini bekerja secara online, jadi tidak dibatasi oleh negara. Tetapi dibandingkan dengan project online pada umumnya, jumlah pekerjaan dari perusahaan startup masih kalah banyak.

Pertanyaan umum yang diajukan para calon freelancer, pekerjaan apa yang dibutuhkan untuk menjadi freelance, bagaimana cara memulainya, di mana mencari pekerjaan freelance.

freelancer
Sumber : https://image.freepik.com/free-vector/freelancer-woman-sitting-sofa-working-online-with-laptop-home_268404-46.jpg

Pekerjaan apa yang dibutuhkan untuk menjadi freelance ?

  • Desain Grafis

Profesi desain grafis sangat banyak dibutuhkan dan dicari di dunia freelance. Dari social media hingga kebutuhan desain untuk cetak banyak dicari orang. Termasuk di dalamnya pekerjaan animator atau video editor juga sangat banyak pekerjaannya di platform-platform freelance.

  • Teknologi Informasi

Bahasa pemrograman komputer sangat banyak macamnya dan banyak juga tipe pekerjaannya. Satu sama lain bisa berhubungan tetapi bisa juga sangat berbeda dan tidak berhubungan. Karena sangat banyak macamnya, pekerjaan informasi teknologi pada akhirnya juga sangat banyak.

  • Digital Marketing

Karena platform kerjanya online, maka pekerjaan digital marketing menjadi sangat dibutuhkan. Digital marketing sendiri dibagi menjadi beberapa bidang, seperti SEO, SMM maupun SEM. Dan setiap bidangnya juga membutuhkan banyak keahlian yang berbeda.

  • Penulis

Sebelum adanya dunia freelance online, profesi penulis banyak yang menjadi freelancer. Dari menulis buku hingga menjadi kontributor koran atau majalah. Pada saat freelancer online tumbuh, penulis mendapatkan pilihan lebih banyak lagi untuk mencari project. Selain yang sudah ada sebelum adanya freelance online, penulis juga banyak dibutuhkan untuk menulis artikel online maupun copywriter website-website perusahaan.

  • Virtual Assistant

Virtual assistant adalah pekerjaan general yang tidak membutuhkan keahlian khusus dan dilakukan secara online. Ada kalanya seorang virtual assistant juga melakukan pekerjaan dengan panggilan telepon, tetapi pada umumnya dilakukan secara online. Misalnya data entry, kirim email, posting di sosial media. Bahkan ada juga virtual assistant yang berperan sebagai personal assistant online.

  • Guru Les Online

Profesi guru les online masih tidak sebanyak profesi-profesi lainnya. Tetapi dengan adanya platform les online, termasuk juga platform les online di luar negeri dan ditambah adanya pandemi saat ini, profesi guru les online mulai banyak dicari.

Bagaimana Cara Memulai Profesi Freelance ?

Meskipun sudah menguasai bidang yang dibutuhkan di dunia freelance online, bukan berarti banyak yang langsung tahu memulai untuk mencari project online. Masih banyak yang bertanya-tanya dan belum memulai.

Beberapa tips untuk memulai sebagai freelancer :

  • Siapkan Portofolio

Portofolio adalah hal yang kritikal untuk profesi-profesi desain grafis, programmer, digital marketing dan penulis. Pekerjaan bidang ini menghasilkan item virtual, sehingga penting membuat portofolio untuk meyakinkan klien.

  • Buat Profil Linkedin

Selain portofolio, cara lain untuk menunjukkan bahwa seorang pekerja sudah berpengalaman adalah melalui profil LinkedIn. Sebisa mungkin buat profil LinkedIn yang lengkap dan update termasuk project-project yang sudah pernah dikerjakan.

  • Bergabung dengan Komunitas Freelance Online

Tidak ada buku panduan untuk menjadi freelance online. Meskipun tidak ada panduan buku, resource online untuk menjadi freelance online sangat banyak. Dari berupa artikel, video atau komunitas online. Di awal bisa mempelajari dari artikel atau video. Pada tahap lanjut, bila ada kesulitan dan butuh ada yang membantu, bisa dengan cara bergabung di komunitas freelance online.

  • Membuat Daftar Riwayat Hidup

Seperti halnya melamar pekerjaan pada umumnya, menyiapkan daftar riwayat hidup yang terupdate sebaiknya dilakukan. Kesempatan datang kepada mereka yang sudah siap. Membuat daftar riwayat hidup cukup membuat yang singkat berisi keahlian dan pengalaman. Cukup menggunakan template gratis yang tersedia di internet, seperti template daftar riwayat hidup di Canva.

  • Mempelajari Platform Situs Freelance

Saat ini, situs freelance online di dunia ada banyak. Setiap situs mempunyai cara kerja tersendiri. Jangan sampai salah dengan cara kerja situs ketika mencari project online. Bila tidak mengenal cara kerja situs, project uga tidak bisa didapatkan.

Baca juga SEVA Pusat Mobil Murah

Dimana Mencari Project Freelance ?

Seperti disebutkan dalam tulisan di atas, mencari project freelance melalui situs-situs freelance online. Meski situs freelance online bukan satu-satunya cara, tetapi lebih terjamin keamanan finansialnya dengan adanya jaminan pembayaran dari situs freelance-nya.

Beberapa platform freelance online yang bisa dicoba :

  • Fiverr

Fiverr adalah situs yang menjual paket jasa freelance. Klien di Fiverr adalah pembeli jasa paket yang sudah ditawarkan. Memulai menjual jasa di Fiverr sangat mudah, tetapi untuk mendapatkan klien tidak mudah. Karena setiap orang bisa memulai, maka perlu banyak riset agar jasa yang dijual mendapatkan klien.

  • Upwork

Berbeda dengan Fiverr, Upwork memposting lowongan project yang dibutuhkan oleh klien. Freelancer bebas untuk membuat proposal penawaran kepada klien. Karena ada kebebasan freelancer memilih klien, jadi freelancer harus bisa memilih klien dan project sebaik-baiknya. Selain itu secepat-cepatnya mengajukan proposal apabila ada project yang ingin didapatkan karena persaingan freelancer sangat ketat.

  • Toptal

Situs ini mempunyai cara yang berbeda lagi dengan Fiverr dan Upwork. Mengedepankan tag line top freelance dalam masing-masing industri, Toptal tidak otomatis menerima setiap freelancer yang mendaftar di situsnya. Ada proses seleksi saat freelance mendaftar di Toptal.

  • PeoplePerHour

PeoplePerHour mempunyai cara kerja yang hampir sama dengan Upwork, hanya saja dalam skala yang lebih kecil. Project dari klien lebih sedikit, demikian juga persaingan Freelance tidak seketat Upwork.

Masih banyak situs freelance lain yang bisa dicoba, tetapi situs-situs yang disebutkan di tulisan ini, bisa dicoba karena sudah banyak freelancer yang sukses menggunakan platform tersebut.

 466 total views,  1 views today