Mari Mengenal Panel Surya Serta Manfaatnya

Penggunaan panel surya berkualitas sebagai energi listrik memang belum familiar buat anak-anak jaman sekarang. Padahal ini merupakan terobosan baru yang sangat efektif dan termasuk energi terbarukan.

Memang selama ini masyarakat menggunakan energi listrik yang berasal dari bahan bakar fosil dimana bakal habis beberapa puluh tahun ke depan. Sehingga mempertimbangkan keefektifan panel surya sebagai pembangkit listrik mutlak diperlukan. Kira-kira seperti itu.

Apa itu panel surya? Mengapa begitu penting?

Baik, kita ulas semuanya sekarang. Apa kamu pernah mendengar istilah panel surya? Jika belum baca ulasan di bawah ini.

Pengertian Panel Surya

Panel surya menurut definisi yang berkembang merupakan suatu alat yang dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan energi listrik yang berasal dari sinar matahari. Sementara sel surya merupakan bagian dari penyusun panel surya itu sendiri. Panel surya menjadi gencar terdengar sebagai penghasil listrik terbarukan lantaran menipisnya bahan bakar fosil yang selama ini dipakai.

Selain menipis, bahan bakar fosil juga dinilai menjadi penyebab efek gas rumah kaca yang sangat berbahaya untuk lingkungan. Meski begitu, penggunaan panel surya ini masih belum begitu populer hanya sebagian masyarakat saja yang mulai sadar akan pentingnya panel surya.

Manfaat Panel Surya

Panel surya sebagai pembangkit listrik tambah istimewa karena memiliki beberapa manfaat yang sangat penting untuk masyarakat diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Hemat bahan bakar. Hal ini dikarenakan panel surya memanfaatkan energi panas matahari yang notabene sudah alam siapkan.
  2. Panel surya mudah untuk dipasang serta bisa dipindah sesuai tempat yang membutuhkan.
  3. Pembangkit listrik ini terbilang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan suara kebisingan serta tidak menyebabkan operasi lingkungan.
  4. Mampu untuk diterapkan secara sentralisasi di PLTS untuk kemudian didistribusikan secara merata ke berbagai wilayah yang belum tersentuh aliran listrik.

Selain apa yang telah disebutkan sebelumnya, penggunaan panel surya sangatlah efektif dan efisien lantaran tidak memerlukan perawatan yang khusus dan alatnya pun bisa bertahan hingga lebih dari 20 tahun lamanya. Jelas ini sangatlah menghemat pengeluaran.

Setelah mengetahui apa itu panel surya dan manfaatnya, apakah kamu tertarik untuk menggunakan panel surya? Jika iya, kamu bisa menghubungi Sewatama.

Sewatama itu adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang suplai listrik yang mana telah berpengalaman di bidangnya lebih dari 27 tahun. Belum lagi, pelayanan terbaik selalu diberikan untuk kepuasan konsumen. Jadi sangat rekomen banget deh.

Kontak Sewatama

Informasi lebih lanjut Anda bisa kunjungi https://sewatama.com/id/

13 thoughts on “Mari Mengenal Panel Surya Serta Manfaatnya

  • Sekarang semakin menipisnya cadangan bahan bakar fosil membuat orang-orang mulai memikirkan untuk beralih ke bahan bakar yang terbarukan. Panel surya ini bisa jadi salah satu pilihan. Cus ah langsung cek websitenya, penasaran apakah aku bisa memakai panel surya ini di rumah, hehe

  • Panel surya ini keren sekali, apalagi di tanah yang tidak terpakai seperti daerah bekas ledakan nuklir di fukushima, saya pernah liat liputannya kalau ternyata tanah yang terkena radiasi itu sekarang dimanfaatkan untuk membuat energi listrik dari tenaga surya.

  • Aku waktu SMA pernah merasakan pakai kalkulator yang ada panel surya mininya. jadi kalau mau ujian atau mata pelajaran yang butuh hitung-hitungan, si kalkulator mini (bentuknya beneran kayak kartu, kecil deh) aku jemur dulu di jendela kelas. Walaupun si kalkulator nggak secanggih kalkulator scientific yang bisa sin tan cos cuma lumayan, dan lucu gitu bentuknya.

  • Cita-citaku nih, kombinasi antara PLN dan panel surya. Tapi setahuku, sepanel sebesar pintu baru bisa mensupply listrik 200 watt. Perlu banyak panel deh.
    Semoga di masa depan, lebih mudah pemasangannya sehingga bisa hemat energi.

  • I am considering makai panel surya juga di rumah masadepanku nanti krn lebih hemat dan guilt free gitu, nah tinggal perlu survey harga dan gimana perawatannya dll nih.

  • Cukup banyak manfaat panel surya untuk kehidupan di era modernisasi ini ms. Mungkin prediksi saya, beberapa tahun ke depan bakal makin banyak orang menerapkan penggunaan panel surya bahkan perusahaan besar bisa jadi menggunakan panel untuk keberlangsungan suplai listrik dlm perusahaan sehingga lebih menghemat pengeluaran biaya.

  • Pernah kepikiran untuk membangun beberapa daerah perbatasan di Kalimantan Barat untuk menggunakan panel surya sebagai sumber energi alternatif disana. Tapi belum terealisasikan karena kendala jarak, sepertinya saya harus terapkan di rumah pribadi dulu. Thanks for information 🙂

  • Awalnya, saya tau panel ini digunakan untuk rumah yang akan memasang asir panas, Mbak. Dan ternyata sangat bagus untuk pembangkit tenaga listrik ya, Mbak.
    Hanya mungkin karena harganya masih tinggi, jadi belum banyak yang memakainya ya, Mbak.

  • Awalnya, saya tau panel ini digunakan untuk rumah yang akan memasang asir panas, Mas Hadi. Dan ternyata menang sangat bagus untuk pembangkit tenaga listrik ya, Mas
    Hanya mungkin karena harganya masih tinggi, jadi belum banyak yang memakainya ya.
    Namun seiring perkembangan waktu, saya yakin akan banyak yang pakai, Mas.

  • Pernah ngebayangin sama suami akan punya rumah dengan panel surya, karena saya tertarik sama yang berbau go green. Semoga nanti dimudahkan jalannya, ada ilmunua, ada uangnya, ada fasilitas nya, seperti sewatama di kota saya

  • Nah materi panel Surya ini menarik krna pro kontra nya.

    Kmren pernah baca katanya pasang panel Surya itu mahal. Bener ga sih kak?

    Aku srg ntn film Thailand yg mana di sana panel Surya udah umum bgt dipakai.. Indonesia kayaknya masih jarang yaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *