Makanan untuk Saluran Cerna yang Sehat

Makan bukan hanya salah satu kesenangan besar dalam hidup, tetapi juga penting untuk kesehatan dan kesejahteraan manusia. Makanan yang kita makan semestinya harus yang mampu menyehatkan tubuh, memberikan energi dan meningkatkan fungsi semua organ vital.

Itulah mengapa penting untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan menerapkan kebiasaan makan yang masuk akal. Untuk kesehatan saluran cerna yang lebih baik, ikuti tips sederhana ini:

Eating for a Healthy Digestive System

Makan makanan berserat tinggi

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan adalah dengan menjaga pola makan yang tinggi serat dan kaya buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Ini membuat proses pencernaan normal berjalan lancar, membantu mencegah sembelit dan menjaga berat badan yang sehat. Selain itu, diet tinggi serat membantu mencegah atau mengobati kondisi seperti divertikulosis, sindrom iritasi usus besar (IBS), dan wasir.

Pastikan mendapatkan serat larut dan tidak larut

Ini membantu sistem pencernaan kita dengan cara yang berbeda, karena keduanya memiliki fungsi masing-masing untuk tubuh. Serat tidak larut (umumnya berasal dari bahan dalam bahan makanan nabati) tidak dapat dicerna oleh tubuh, tetapi berfungsi untuk menambah jumlah kotoran kita. Sehingga dengan demikian dapat memungkinkan makanan dan produk limbah melewati usus.

Sedangkan serat larut, di sisi lain, menarik air dan membantu mencegah tinja yang terlalu cair. Kita bisa mendapatkan serat tidak larut dari gandum, sayuran, dan biji-bijian, sementara makanan seperti dedak gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan menyediakan serat larut.

Hal ini sejalan dalam jangka panjang, karena pemenuhan kedua jenis serat ini dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi, menurunkan kejadian alergi, dan memberikan efek positif bagi perkembangan sistem kekebalan tubuh.

Minimalkan asupan makanan tinggi lemak

Meski lemak katanya baik untuk orang yang sedang diet, namun kalau bisa sebaiknya dihindari. Makanan berlemak cenderung memperlambat proses pencernaan, yang dapat menyebabkan sembelit. Namun demikian, kita memang membutuhkan lemak dalam makanan, jadi cobalah untuk memasangkan makanan berlemak dengan makanan berserat tinggi agar lebih mudah dicerna.

Pilih daging tanpa lemak

Tubuh kita membutuhkan protein sebagai bagian dari diet sehat, tetapi kita juga perlu menghindari potongan daging berlemak yang cenderung mempersulit pencernaan. Pilih potongan daging tanpa lemak, seperti unggas tanpa kulit. Karena bagian itu tidak hanya lebih baik untuk saluran pencernaan, tetapi juga lebih menyehatkan jantung.

Tambahkan probiotik ke dalam diet

Ini adalah mikroorganisme yang merupakan jenis bakteri sehat yang sama yang secara alami ada di saluran pencernaan kita. Probiotik membantu menjaga seluruh tubuh agar tetap sehat dengan menangkal efek dari pola makan yang buruk, antibiotik, dan stres.

Jika dikonsumsi setiap hari, mereka juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, memecah laktosa, menjaga terhadap IBS, dan umumnya memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sumber probiotik yang baik termasuk yogurt rendah lemak atau kefir.

Jumlah bakteri baik yang cukup dapat membantu mengontrol sistem kekebalan tubuh, menentukan hal-hal seperti apakah anak memiliki reaksi alergi terhadap makanan tertentu, atau seberapa efektif ia melawan virus flu. Bakteri ini juga membantu mengatur metabolisme dan penambahan berat badan. Selain itu  juga dapat mempengaruhi suasana hati dan berpotensi melindungi anak dari gangguan kesehatan mental seperti autisme atau depresi, demikian menurut Erica Sonnenburg, PhD, Senior Research Scientist di Department of Microbiology and Immunology, Stanford University School of Medicine.

Dancow.co.id

Ikuti jadwal makan yang teratur

Ahli gizi dan ahli lainnya setuju bahwa makan sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan  sekitar waktu yang sama setiap hari memungkinkan pencernaan makanan kita dengan baik. Ketika kita tidak makan pada waktu yang konsisten, itu menyebabkan perut kita bekerja terlalu keras, yang sering menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan. Makanlah setiap 3 hingga 4 jam agar perut kita dapat mencerna isinya dengan baik.

 307 total views,  1 views today