Kenapa Pinggang Kita Sakit? Yuk Kenali 5 Penyebabnya

Sakit pinggang adalah keluhan yang biasanya timbul pada bagian pinggang di usia berapapun, kondisi ini dapat dipicu oleh beragam penyebab, seperti postur tubuh yang kurang baik ketika beraktivitas, gangguan otot, terlalu lama duduk dengan posisi yang keliru, gangguan tulang belakang, cedera karena benturan saat terjatuh, ataupun disebabkan oleh organ yang ada di dalam.

Sakit pinggang biasanya berlangsung dalam beberapa hari hingga beberapa minggu, terutama jika sakitnya disebabkan oleh cedera otot. Pada beberapa kasus, sakit pinggang ini dapat berlangsung hingga lebih dari tiga bulan.

sakit pinggang
sumber: shutterstock

Nyeri punggung bagian bawah dapat disebabkan oleh beberapa hal di luar penyakit yang mendasari. Contohnya aktivitas yang berlebihan seperti olahraga yang terlalu keras atau terlalu sering mengangkat beban, duduk dalam waktu lama – biasanya dialami ketika wfh gini harus vicon berjam-jam, tidur atau berbaring dalam posisi yang tidak nyaman – kaum rebahan nih kudu baca, penggunaan tas punggung yang tidak tepat, atau manipulasi kiropraktik.

Kenapa Pinggang Kita Sakit?

sakit pinggang

Untuk menyamakan persepsi agar kita dapat memahami bahaya dan risiko dari sakit pinggang belakang jikalau mendadak. Salah satu hal yang perlu diketahui adalah mengapa nyeri pinggang tersebut dapat datang dan apa yang jadi penyebabnya. Mungkin tidak pernah kita duga sebelumnya kalau sakit pinggang bisa disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan sepele, seperti di bawah ini:

Posisi Duduk yang Membungkuk

Kebiasaan duduk yang terlalu membungkuk akan membuat terjadinya penekanan beban yang teramat lebih pada pinggang belakang bagian bawah. Hal ini bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit. Jika kita harus wfh dan mengharuskan kiti duduk dalam waktu yang cukup lama, dan suka sembarang melakukan kebiasaan duduk yang terlalu membungkuk, alangkah baiknya untuk istirahat sejenak agar tulang belakang kembali rileks.

Kualitas Alas Tidur yang Tidak Baik

Usia alas tiddur yang berusia lebih 10 tahun, sebenarnya sudah kehilangan fungsinya secara maksimal untuk menopang berat tubuh kita saat tidur. Selain masalah las tidur yang usang, penyebab sakit pinggang belakang yang sering dialami oleh banyak orang juga bisa disebabkan oleh posisi tidur yang tidak sesuai.

Posisi tidur yang banyak disarankan untuk kesehatan pinggang belakang adalah tidur dengan posisi terlentang, meringkuk menyamping,, dan telungkup. Selain kelima posisi tidur itu dapat melindungi pinggang bagian belakang agar tidak sakit, hal ini juga dapat membuat kita memperoleh kualitas tidur yang lebih baik. Jadi semacam sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Obesitas

Berat badan yang berlebihan bukan hanya menjadi ancaman bagi persendian saja, melainkan dapat pula menjadi penyebab sakit pinggang bagian belakang yang sangat menggangguaktivitas. Karena obesitas akan memberikan tekanan yang jauh lebih besar pada tulang belakang bagian bawah.

Otot Tegang

Penyebab lain kenapa pinggang kita sakit adalah adanya gerakan yang kita lakukan secara tiba-tiba yang kemudian membuat otot tulang belakang menjadi tegang. Tentunya hal ini bisa menimbulkan rasa sakit pada pinggang belakang. Bahkan bahayanya kondisi otot tegang ini dapat menimbulkan ligamen dan otot robek.

Faktor Genetik

Nyeri sakit pinggang yang sering kita alami juga bisa dipicu oleh faktor genetik, misalnya memasuki usia lanjut, beban pekerjaan yang tergolong berat, kebiasaan merokok, jarang berolahraga, dan sebagainya. Sakit pinggang belakang yang berada di bagian kanan bisa saja menjadi pertanda buruk bagi kesehatan, seperti: radang usus buntu, penyakit ginjal, penyempitan tulang belakang, dan batu ginjal.

Jadi, penyebab sakit pinggang belakang bisa disebabkan oleh berbagai masalah otot, tulang, sistem saraf, hingga organ dalam tubuh.

Penyakit Tertentu

Selain beberapa penyebab yang sudah dijelaskan di atas, sakit pinggang belakang juga dapat disebabkan oleh adanya penyakit lain tertentu, misalnya:

  • Cakram pecah atau herniasi
  • Radang sendi
  • Linu pinggul
  • Infeksi ginjal
  • Infeksi tulang belakang
  • Kanker tulang sumsum belakang
  • Osteoarthritis
  • Gangguan sistem pencernaan
  • Endometriosis

*Catatan: sebagian penjelasan dikutip dari artikel di situs anlene.

 507 total views,  1 views today