Join Us atau Join With Us?

Pernah kah kamu mendengar atau melihat kalimatJoin Us” dalam sebuah iklan? Kalimat ini biasanya digunakan dalam iklan tempat kursus, ajakan untuk volunteer, atau iklan tentang komunitas.

Intinya adalah frasa ini digunakan dalam sebuah iklan atau pengumuman dengan tujuan untuk mengajak seseorang untuk bergabung kedalam  komunitas, tempat kursus, atau organisasi mereka.

Penggunaan kalimat ini juga biasanya diikuti dengan point-point yang bisa dijual untuk membuat orang-orang yang melihat pengumuman atau iklan tersebut tertarik untuk bergabung.

Selain itu biaanya juga diiklan tersebut diselipkan gambar atau foto-foto orang-orang yang sudah bergabung dalam grup tersebut memiliki ekspresi wajah yang bahagia. Seakaan meyakinkan target mereka bahwa mereka akan bahagia jika bergabung dengan grup ini.

Penggunaan Join Us dan Join with Us

Join Us
Gambar oleh John Hain dari Pixabay

Dari segi grammar, apakah join us merupakan frasa yang tepat untuk digunakan, atau join with us? Keduanya benar. Yang membedakan adalah penggunaannya, penggunaan join us yang tepat adalah ketika suatu grup mengajak seorang individu untuk bergabung dengan grup mereka.

Sedangkan join with us, rasanya lebih tepat digunakan sebagai ajakan sebuah grup kepada grup lain untuk bergabung. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan frasa join us untuk suatu tempat kursus, komunitas atau organisasi adalah penggunaan yang tepat.

Sebagai contoh, iklan yang digunakan oleh English First untuk mengajak orang-orang bergabung dengan mereka bisa menggunakan frasa ini. Juga, agar tidak terkesan kursus bahasa Inggris hanyalah untuk anak kecil atau anak sekolah saja, dalam iklan tersebut juga harus ada gambar orang dewasa yang merepresentasikan EF Adults.

Sehingga orang-orang yang menjadi target dari iklan tersebut dapat mengetahui bahwa EF saat ini sedang membuka pendaftaran untuk bergabung dengan mereka dan pendaftarannya dibuka untuk semua usia.

Mulai dari anak kecil yang baru mulai belajar bahasa Inggris, hingga orang dewasa yang ingin memperlancar bahasa Inggris mereka, bahkan profesional yang sudah lumayan mahir berbahasa Inggris.

Kesimpulan

Kita mungkin sering menemukan frasa “join with us” pada selebaran atau banner baik online maupun secara langsung. Sayangnya, penggunaan frasa tersebut kurang tepat. Mungkin, saat menggunakan “join with us”, maksud hati ingin berkata “gabung dengan kami”.

Namun, sebenarnya jika ingin mengajak orang lain untuk bergabung dengan kita dalam melakukan suatu kegiatan, frasa “join with us” itu keliru. Seharusnya, cukup mengatakan atau menuliskan “join us” saja dalam padanan kata bahasa Inggris.

 1,183 total views,  49 views today