Jenis Material Dompet yang Paling Kuat dan Awet

Apakah kamu sedang mencari dompet dan bingung dengan jenis material dompet yang palng kuat dan awet? Semoga artikel di bawah ini bisa membantumu.

Pixabay.com
Dompet merupakan aksesoris tambahan selain untuk menyimpan uang atau kelengkapan lain seperti kartu atm, atau kartu identitas. Selain itu bagi beberapa kalangan dompet juga berfungsi sebagai gaya yang berguna untuk menunjang penampilan. Khusunya wanita, dompet tak dapat lepas dari akvitas sehari-hari mereka seperti berbelanja, kondangan, jalan-jalan atau mendatangi acara khusus. Maka tidak heran apabila dompet dianggap mampu membuat fashion style menjadi kece. 
Dompet juga dibuat dengan bahan yang beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan fashion si penggunanya. Ingin tau apa saja jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat dompet? Yuk simak ulasannya:

Taiga

Bahan pertama yang sering digunakan untuk membuat dompet adalah taiga. Bahan ini sebenarnya perkembangan dari jenis kulit. Bahan taiga sangat mudah dirawat. Bahan taiga memiliki sifat yang kedap air, sehingga mudah dibersihkan apabila terkena noda. Caranya gampang cukup dengan menggunakan minyak kayu putih dan tisu, atau bahkan hanya dengan kain basah saja, noda pada bahan taigan ini akan dengan mudah dihilangkan. Selain itu bahannya elastis namun juga sangat padat dan kokoh. Jika kita menyentuh permukaan bahan ini akan terasara ukiran bergaris-garis dan kasar.

Clemence

Jenis bahan berikut ini biasanya digunakan untuk membuat tas dan dompet untuk wanita. Disebut bahan clemence karena bahan ini berasal dari kulit anak sapi jantan. Tekstur bahannya seperti butiran yang dibuat dengan benjolan halus yang lentur dan datar. Meskipun bahan ini lentur, namun cukup kuat dan awet untuk digunakan dalam jangka panjang. Untuk harga sebuah dompet dengan bahan clemence ini biasanya relative mahal. Jadi harus banyak-banyak menabung jika ingin memiliki dompet dengan bahan clemence ini. 

Kulit

Material selanjutnya adalah berbahan dasar kulit. Jenis bahan yang satu ini sangat banyak digunakan. Di pasaran baik regional maupun online, kita akan dengan mudah menemukan berbagai dompet dan tas wanita yang berbahan kulit. Bahan ini cukup kuat dan awet. Hanya saja, harga tas dan dompet yang terbuat dari kulit sapi atau kambing sangat mahal dikarenakan sulitnya mencari bahan baku. Namun saat ini sebagai alternatif, kulit buaya dan ular makin sering digunakan untuk menggantikan kulit sapi dan kambing. Harga dari bahan kulit ini menjadi terjangkau. Tekstur dari bahan satu ini berpori-pori. Mirip dengan kulit asli yang tidak beraturan dan tidak konsisten. Ada juga yang terbuat dari kulit sintesis sebagi alternative lain untuk harga yang sangat murah namun kualitas tidak murahan. Seperti Dompet Miniso yang terbuat dari material kulit sintesis yang awet karena diproduksi dengan mesin canggih sehingga kekuatan dompet sangat awet dan dengan harga yang terjangkau.

Suede

Selanjutnya material terbuat dari bahan suede. Bahan ini sangat mirip dengan bahan beludru atau berjenis kain. Meskipun mirip namun keduanya sangat berbeda. Suede cenderung memiliki bulu lebih sedikit. Itu dikarenakan bahan ini berasal dari kulit hewan yang dibalik sebelum dilakukan penyemakkan.

Denim

Denim merupakan bahan terbuat dari kain yang tidak hanya pakaian saja yang terbuat dari denim. Kini tas dan dompet juga ada yang terbuat dari bahan yang satu ini. Bahan yang satu ini memiliki tekstur yang kukuh. material bahan yang tersusun dari katun will yang sangat mirip dengan karet yang halus dan tipis. Dompet dengan bahan ini biasanya digemari oleh anak muda. Selain bahannya lembut serta simple, harganya juga sangat terjangkau.
Itulah beberapa material bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan dompet atau tas wanita. Jenis bahan ini cenderung kuat namun kamu juga harus melakukan perawatan agar lebih awet. 
Sekian artikel ini, semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari dompet dengan kualitas bahan yang kuat dan awet.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *