Finpedia Membuat Hidup Lebih Mudah

Setelah pandemi, dan sekarang dilakukan PPKM memberikan banyak dampak untuk masyarakat Indonesia. Banyak pelaku usaha yang mengeluhkan masalah finansial mereka, seperti mandegnya usaha bisnis yang sedang mereka jalani. Bahkan tidak sedikit juga yang akhirnya memutuskan gulung tikar karena sukarnya mencari modal usaha bisnisnya.

Ada pula yang secara terpaksa memincam uang sebagai modal usaha kepada rentenir yang padahal sebenarnya bukannya membantu, malah hanya menambahi utang piutang yang kemudian menyulitkan usahanya. Kalau sudah begitu pusingnya bakal dobel, dan berlipat-lipat.

Solusi paling masuk akal adalah dengan mencari pinjaman modal, yang tidak hanya harus aman, tapi juga memiliki kepercayaan yang tinggi, dan dapat diajukan secara online.

Finpedia Alternatif Terbaik

finpedia
sumber: finpedia.com

Menurut artikel yang saya baca, Finpedia adalah platform fintech yang memiliki konsep marketplace layanan jasa keuangan agar memudahkan pengguna dalam mengakses beragam jenis produk jasa keuangan termasuk kartu kredit dan pinjaman pribadi maupun konsumtif, atau pinjaman produktif sebagai modal usaha dalam sektor UMKM.

Teknologi yang digunakan Finpedia diharapkan dapat memudahkan penggunanya, dengan kata lain Finmedia berharap dengan kecanggihan teknologi ini bisa membantu penggunanya mengambil keputusan yang akurat dalam memilih produk jasa keuangan melalui rekomendasi produk jasa keuangan yang disesuaikan dengan kebutuhan finansial dan profil resiko pengguna pada saat memulai pencarian.

Mengutip dari laman kontan.co.id, katanya dengan menggunakan teknologi machine learningbig data dan artificial intelligence Digiscore, semua LJK akan dapat memahami profil risiko calon peminjam dan dapat mengambil keputusan kredit dengan lebih baik.

Dengan begitu menurut saya Finpedia adalah alternatif terbaik untuk melakukan pinjaman online. Karena Finpedia sudah terjamin terpercaya dan sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan nomor: S-225/MS.72/2020. Selain itu Finpedia juga sudah tergabung dalam asosiasi fintech Indonesia (AFTECH), jadi tidak perlu diragukan lagi legalitasnya.

Sebagai informasi tambahan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan: Terselenggara secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel, Mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, dan. Mampu melindungi kepentingan konsumen juga masyarakat.

Cara Mengajukan Pinjaman di Finpedia

Cara melakukan pinjaman melalui Finpedia dapat dilakukan dengan mudah dan sewaktu-waktu darimana pun. Karena semua prosesnya dapat dilakukan via online. Di bawah ini adalah beberapa panduan untuk mengajukan pinjaman di Finpedia:

Buka Situs Finpedia

Untuk melakukan peminjaman, yang pertama kali harus kita lakukan adalah mengakses situs Finpedia melalui laman https://www.finpedia.id melalui browser ponsel maupun laptop. Lalu login melalui menu yang ada di pojok atas sebelah kanan. Jika belum mempunyai akun, bisa buat akun terlebih dahulu. Kemudian lakukan verifikasi dengan cara input nomor ponsel yang aktif, dan masukkan OTP yang kita terima via SMS.

Menentukan Jenis Pinjaman

Ada beberapa jenis pinjaman di Finpedia, semua jenis pinjaman memiliki fitur masing-masing. Jadi pastikan sudah memahami dengan betul jenis pinjaman mana yang akan dipilih. Untuk membantu memilih pinjaman di Finpedia, berikut ini akan saya uraikan secara ringkas jenis-jenis pinjaman yang ada di Finpedia:

Pinjaman Online

Setidaknya ada 19 pinjaman online yang terdaftar di Finpedia, seperti: IDANA, Akulaku, Pinjam Modal, Akseleran, Kredito, Modalku, UKU, Danadidik, KoinWorks, Pintek, Invertree, Uangme, Pinjam Indo, Adakami, Julo, One Hope, Danamas, KreditCEpat, dan Finplus.

Untuk melakukan pinjaman ke sini, ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan, yakni:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP),
  • Paspor (Jika Ada),
  • Nomor HP yang aktif,
  • Nomor rekening bank,
  • Surat Keterangan Usaha atau pekerjaan yang sedang dijalani saat ini

Semua dokumen ini harus dipersiapkan sebelum melakukan proses peminjaman, karena berguna dalam proses verifikasi saat menjelang pencairan dana pinjaman.

Kredit Tanpa Agunan

Ada beberapa kelebihan kredit tanpa agunan di Finpedia

  • Tidak membutuhkan jaminan.
  • Lebih fleksibel untuk berbagai macam tujuan.
  • Proses pengajuan cukup cepat dan mudah.
  • Suku bunga yang relatif tinggi.
  • Plafon dan tenor yang terbatas.
  • Pinjaman didasarkan pada status profesi dan penghasilan.

Itulah kenapa banyak pengguna yang memilih pinjaman jenis ini di Finpedia. Tak tanggung – tanggung, di sini Finpedia menggandeng 8 lembaga keuangan terkait kredit tanpa agunan (KTA), seperti: BCA, BRI, OCBC NISP, DBS, Standar Charted, Tunaiku, BFI FInance, dan Bank Maybank.

Kredit Kendaraan Bermotor

kredit kendaraan bermotor ini Finpedia bekerjasama dengan OCBC NISP, dengen kemudahan yang menawarkan tenor sampai 5 tahun. Mengutip dari laman Finpedia, “Pinjaman kredit kendaraan bermotor (KKB) adalah salah satu fasilitas pinjaman yang diberikan Finpedia untuk pembelian kendaraan bermotor baik mobil atau motor untuk penggunaan sehari-hari ataupun usaha.”

Apakah kredit kendaraan bermotor juga berlaku untuk mobil bekas atau second?

Ya, selain untuk membeli mobil baru dari dealer, kredit kendaraan bermotor juga dapat digunakan untuk mobil bekas atau second hand.

Berapa harga mobil yang dapat dijadikan kredit kendaraan bermotor?

Kredit kendaraan bermotor menerima mobil baru dengan nilai harga mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 2 miliar. Sedangkan untuk mobil seken, harga kendaraan yang bisa diajukan mulai dari Rp20 juta.
Untuk kendaraan seken, juga ada yang menggunakan dasar usia kendaraan dalam pemberian kredit kendaraan bermotor.
Maksimal usia kendaraan yang bisa dibiayai oleh adalah 12 tahun hingga berakhirnya masa kredit.

Apakah pembelian hanya dapat melalui dealer resmi merek kendaraan bermotor tersebut?

Pembelian mobil atau motor dengan mekanisme kredit kendaraan bermotor juga dapat dilakukan di dealer mobil atau motor lain selain dealer resmi dan juga lewat lembaga keuangan penyedia kredit.

Bagaimana cara mengajukan kredit kendaraan bermotor?

Untuk bisa mengajukan kredit kendaraan bermotor, kamu perlu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, mulai dari KTP, KK, Buku Nikah (jika sudah), bukti kepemilikan tempat tinggal (SHM, SHGB, SHGU, perjanjian KPR dan sebagainya), slip gaji dan rekening koran kemudian menandatangani perjanjian, dan menyiapkan DP untuk ditransfer.
Untuk kendaraan bekas, terdapat syarat tambahan seperti faktur pembelian, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Biaya-biaya apa saja yang terdapat di dalam kredit kendaraan bermotor?

Saat mengajukan kredit kendaraan bermotor, umumnya terdapat biaya provisi, biaya administrasi, biaya appraisal, biaya asuransi mobil, biaya fidusia notaris, biaya apabila terjadi penalti, dan biaya penitipan dokumen penjaminan.

Lakukan Simulasi

Untuk meminimalisir kerugian maupun penyesalan setelah melakukan pinjaman, alangkah baiknya untuk melakukan simulasi perhitungan pinjaman terlebih dahulu. Simulasi perhitungan ini bertujuan untuk menghitung suku bunga pinjaman, tenor, jumlah pinjaman beserta DP yang akan dibebankan pada saat melakukan pinjaman di Finpedia.

Mengajukan Pinjaman

Setelah sudah memastikan semua persyaratan yang dibutuhkan ada, jenis pinjaman yang akan dipilih pun sudah dirasa cocok, kemudian setelah melakukan simulasi juga seuai dengan yang diharapkan, maka langkah selanjutnya kita bisa langsung mengajukan pinjaman yang sesuai dengan yang kita butuhkan.

Pemberian modal pinjaman di Finpedia juga dapat dilakukan menggunakan kartu kredit yang dapat kita akses langsung melalui laman https://www.finpedia.id/kartu-kredit.

Kartu kredit terbagi dalam beberapa jenis, mulai dari kartu kredit untuk menghemat gaya hidup, belanja dan liburan. Masing-masing jenis memberikan promo yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan. Keuntungan lain menggunakan kartu kredit adalah kartu tersebut bisa dijadikan sebagai alternatif pemenuhan dana darurat. Kamu bisa melihat seluruh informasi terkait kartu kredit di Finpedia.id

 419 total views,  5 views today