4 Faktor Penyebab Kanker Pada Serviks yang Perlu Diketahui Wanita

Kanker serviks atau dikenal juga dengan nama kanker mulut rahim merupakan salah satu kanker yang mengerikan dan termasuk yang paling banyak diidap oleh para wanita di seluruh dunia. Kanker pada serviks menempati urutan ke-dua penyakit kanker yang paling banyak menyerang wanita, setelah kanker payudara.

Kanker serviks stadium 4 menjadi tingkat keparahan tertinggi dari kanker serviks. Dalam kondisi ini, kanker serviks sudah masuk ke dalam tahap stadium lanjut. Ada beberapa faktor penyebab kanker serviks yang harus diwaspadai.

kanker pada serviks
dari www.pfimegalife.co.id

Ciri-ciri Kanker Serviks Stadium 4

ciri kanker serviks
dari pixabay

Dari artikel yang saya baca, umumnya ciri-ciri kanker serviks awal meliputi perubahan jadwal menstruasi, keputihan yang baunya busuk, dan nyeri saat berhubungan intim, serta terjadinya perdarahan pada vagina di luar siklus menstruasi setelah melakukan hubungan seks atau setelah menopause.

Dari survey yang pernah dilakukan oleh Globocon, jumlah penderita kanker serviks pada tahun 2018 mencapai 32.469. Sedangka angka kematian yang disebabkan oleh penyakit kanker serviks juga tak kalah banyak. 

Ciri-ciri kanker serviks stadium 4 termasuk dalam gejala lanjutan. Ciri-ciri ini biasanya juga dialami oleh penderita kanker serviks stadium IIB – IVB, yaitu ketika sel kanker sudah keluar dari serviks dan uterus (rahim).

Berikut ini ciri-ciri kanker serviks stadium 4, yang merupakan gejala lanjutan meliputi:

  1. Nyeri pada punggung bawah, perut di bagian bawah, atau pada tulang
  2. Rasa lelah yang tidak bertenaga, kehilangan selera makan, dan penurunan berat badan drastis
  3. Pucat karena sering pendarahan yang abnormal dari vagina
  4. Sesak napas akibat anemia atau penyebaran kanker ke paru-paru
  5. Penurunan jumlah urin, urin yang berdarah, atau inkontinensia urine
  6. Kebocoran urin atau tinja ke dalam vagina, yang terjadi karena munculnya saluran abnormal (fistula) antara vagina, kandung kemih, dan rektum
  7. Sembelit
  8. Konstipasi
  9. Pembengkakan pada salah satu tungkai

Secara statistik, harapan hidup penderita kanker serviks setelah terdiagnosis digambarkan dalam 5-year survival rates5-year survival rates untuk kanker serviks stadium 4 adalah 16% untuk stadium 4A dan 15% untuk stadium 4B. Angka 16% berarti 16 dari 100 orang masih dapat hidup setelah lima tahun terdiagnosis kanker serviks stadium 4A.

data di atas dikutip langsung dari laman aladokter

Maka dari itu, rasanya penting untuk melakukan pemeriksaan skrining, seperti pap smear, supaya dapat mendeteksi kanker serviks secara dini. Semakin rendah stadium kanker serviks saat ditemukan, maka akan semakin tinggi pula harapan hidup pasien.

Baca juga cara membuat lauk untuk penderita Asam Urat.

Faktor Penyebab Sakit Kanker Pada Serviks

Lalu, apa saja yang dapat menyebabkan kanker serviks? Apa faktor resiko yang harus diwaspadai? Setidaknya ada 4 faktor yang bisa menjadi penyebab sakit kanker pada serviks. Sebagai berikut:

  • Mutasi Genetik – kondisi ketika sel-sel sehat di dalam tubuh berubah menjadi sel abnormal. Sel abnormal ini lalu berkembang menjadi sel kanker yang selanjutnya menjangkiti bagian tubuh yang paling rawan.
  • Imunosupresi kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menurun karena berbagai faktor. Sistem kekebalan tubuh menjadi bagian penting agar sel kanker tetap dalam kondisi tidak aktif dan tak berubah menjadi penyakit. Sakit kanker pada serviks dapat terjadi saat seorang wanita mengalami apa yang disebut imunosupresi. 
  • Infeksi Klamidia – adalah penyakit pada kelamin yang disebabkan oleh kuman chlamydia trachomatis. Penyakit kelamin yang satu ini dapat menyerang pria maupun wanita dengan beberapa gejala yang berbeda. Kuman penyebab penyakit ini dapat menular melalui hubungan intim dan perilaku seks yang tak sehat. 
  • Virus HPV (Human Papilloma Virus) – Virus ini dapat menular dari manusia melalui hubungan seksual. Pada saat masuk ke tubuh wanita, HPV akan menghasilkan protein yang dikenal dengan E6 dan E7. Meskipun HPV menjadi penyebab sakit kanker pada serviks, namun ada beberapa faktor yang meningkatkan resiko seseorang terkena kanker serviks. Beberapa di antaranya adalah:
    • Berganti-ganti pasangan
    • Merokok
    • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
    • Mempunyai anak lebih dari 5
    • Melahirkan pada usia di bawah 17 tahun
    • Menderita penyakit menular seksual lainnya.

Itulah tadi beberapa penyebab sakit kanker pada serviks yang harus diketahui. Terimakasih sudah membaca, jangan lupa baca juga artikel kesehatan lainnya.

 555 total views,  3 views today