Cara Mengembalikan Warna Pakaian yang Luntur

Diposting pada
85 / 100 Skor SEO

Pernah nggak sih ngalamin beli pakaian, motifnya bagus banget, tapi pas dicuci warnanya malah luntur? Saya pernah, dan ini jadi pengalaman yang menyedihkan sekali, mengingat pakaian tersebut adalah baju kesayangan karena motifnya saya suka.

Untung beberapa saat yang lalu, ada teman saya yang ngasih tau, kalau warna pakaian yang udah luntur  bisa dikembalikan.

Nah postingan kali ini saya akan membahas tentang cara mengembalikan warna pakaian kesayangan kita.

Tapi sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pakaian jadi gampang luntur atau warnanya cepat pudar.

Berikut ini yang sudah saya rangkum faktor-faktor penyebab pakaian mudah luntur itu sebenarnya adalah kesalahan-kesalahan seperti kesalahan saat mencuci, dan kesalahan waktu menjemur.

Tapi sebelum itu, baca juga cara menghilangkan bau pada sepatu menggunakan peralatan rumah tangga. Loh peralatan rumah tangga bisa buat ngilangin bau sepatu? Bisa. Klik aja buat membaca selengkapnya.

Saya juga baru tahu kalau mencuci dan menjemur pakaian itu ada tekniknya, karena itu menjadi faktor terbesar penyebab warna pakaian jadi gampang luntur.

Misalnya mencuci menggunakan sabun batangan, atau sabun colek, itu bisa menjadi penyebab dua kali warna pakaian jadi cepat luntur.

Kemudian waktu menjemurnya, penjemuran yang baik itu bukan saat sedang panas-panasnya. Karena terik matahari hanya akan menyebabkan pemiasan pada warna pakaian. Kurangi lama waktu menjemur apabila bertatap langsung pada matahari.

Beberapa faktor tersebut tampaknya sepele, tapi sebenarnya adalah penyebab utama gampangnya warna pakaian untuk pudar. Namun jangan khawatir, beberapa faktor penyebab di atas itu dapat diminimalisirkan dengan beberapa tips di bawah ini.

Sebelum kita bahas cara mengembalikan warna baju kita simak dulu tips agar pakaian tidak mudah luntur.

Tips Agar Pakaian tidak mudah luntur

Cara mengembalikan warna pakaian

Ikuti Intruksi dari Label

Biasanya pada kerah pakaian ada instruksi untuk mencuci, jadi untuk mencegah pudarnya warna pakaian kesayangan kita harus mengikuti instruksi yang tertera pada label di kerah pakaian. Ini berguna supaya warna pada serat pakaian jadi tidak gampang memudar dengan terlalu cepat.

Gunakan Deterjen Khusus Baju Berwarna

Mencuci pakaian dengan sembarang sabun dapat menyebabkan gampangnya pemudaran pada warna pakaian. Untuk itu, sebaiknya kita menggunakan deterjen khusus baju berwarna supaya dapat lebih menjaga warna pakaian kesayangan kita itu. Saya biasanya menggunakan Rinso, ini rekomended banget.

Pisahkan Baju yang Warnanya Beda

Ini ternyata penting, Gaes, ternyata mencampur semua pakaian hanya dapat membuat pakaian jadi gampang luntur. Makanya tips berikutnya ini kita harus memisahkan warna pakaian yang  akan dicuci, apalagi pakaian yang mudah luntur untuk menjaga warna pakaian.

Balik Pakaian Saat Menjemur

Kalau ini saya dapat dari ibu saya, jadi pada saat menjemur pakaian sebaiknya bajunya dibalik, supaya meminimalisirkan resiko pemiasan warna pakaian.  Terus katanya juga jangan terlalu lama menjemur pakaian pas lagi panas-panasnya. Karena sinar matahari yang sedang panas itu hanya akan membuat baju jadi cepat pias.

Disetrika Sebelum Dicuci

Mensetrika pakaian sebelum mencucinya ternyata dapat membuat warna pakaian jadi awet. Tips ini saya dapat dari tetangga kemarin, yang ngebahasnya bareng istri. Mereka ngobrolin daster, terus saya nggak sengaja nguping, katanya daster yang baru dibeli sebaiknya disetrika dulu baru dicuci, supaya warnanya tetap terjaga. Begitu kira-kitra. Semoga omongan tetangga saya benar.

Terus muncul pertanyaan lain, gimana sih cara mengembalikan warna baju yang sudah terlanjur pudar? 

Cara mengembalikan warna pakaian yang luntur

Cara mengembalikan warna pakaian

Ternyata ada beberapa rahasia, cara mengembalikan warna pakaian. Di bawah ini dapat sama-sama kita coba terapkan untuk pakaian kesayangan, ini dia cara-caranya:

1. Gunakan MSG

Ternyata MSG nggak cuman berguna sebagai penyedap rasa. Tapi tahu nggak sih kalau MSG juga bisa membantu kita untuk mengembalikan warna pakaian? Caranya gampang, cukup campurkan sedikit MSG dengan deterjen ketika mencuci. Ibu saya sih selalu setia sama Rinso, karena selain dapat membuang noda membandel, Rinso juga bisa menjaga warna pakaian nggak gampang luntur.

2. Jangan Menjemur Terlalu Lama

Menjemur pakaian yang terlalu lama hanya akan membuat warna pakaian gampang luntur, untuk itu kurangi intensitas waktu saat menjemur pakaian. Karena sinar matahari dapat memudarkan pakaian dengan cepat, untuk itu selalu pastikan untuk menjemur pakaian pada saat sinar matahari tidak terlalu terik, dan jangan terlalu lama.Jangan Terlalu Sering Mencuci

Mentang-mentang kesayangan, jangan sering-sering dicuci. Nanti gara-gara pengin supaya pakaiannya nggak dakian jadi dicuci terus. Padahal terlalu sering mencuci pakaian hanya akan membuat pakaian jadi cepat pias.

3. Gunakan Baking Soda dan Lada Hitam

Ini juga bisa dicoba langsung, karena baking soda dan lada hitam mudah untuk dicari. Lada hitam dan baking soda memiliki khasiat untuk mengembalikan warna pakaian, jadi bisa dicoba dengan menaburkan beberapa sendok teh ketika mencuci.

 752 total views,  5 views today

Gambar Gravatar
Hadi Kurniawan adalah nama lengkap dari pemilik blog ini. Berprofesi sebagai guru di Kab. Musi Rawas Utara. Seorang penyendiri yang tak lagi sendiri. Dapat dihubungi di hadisujatman@gmail.com

One thought on “Cara Mengembalikan Warna Pakaian yang Luntur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *