Cara Memilih Komunitas Trader yang Tepat Untuk Anda Belajar Trading tahun 2021

Di tahun 2021, seiring bertumbuhnya perekonomian digital di bidang online trading, komunitas trading semakin menjamur di mana-mana. Di kota besar sampai kota pelosok, makin banyak orang-orang yang sudah tidak asing lagi dengan istilah trading.

Komunitas trading ini ada yang masih bersifat exclusive, kopi darat, grup whatsapp, grup telegram, semua bertumbuh dengan sangat pesat seiring pandemi melanda di seluruh penjuru dunia. Kini, semakin banyak orang-orang yang sulit mendapatkan akses untuk melakukan bisnis konvensional. Kondisi yang serba sulit ini memaksa orang untuk kreatif bisa berbisnis dari rumah.

Orang-orang kini bisa belajar trading cukup dari youtube, sudah bisa langsung praktek di rumah. Cukup modal internet dan perangkat smartphone saja, sudah cukup menjadikan Anda seorang trader.

Cara Memilih Komunitas Trader

Biasanya, para mentor pengajar trading menyediakan akses-akses pembelajaran dengan syarat bergabung ke komunitas atau menjadi nasabah mereka.

Namun, untuk Anda yang ingin terjun ke dunia trading, alangkah baiknya teman-teman memperhatikan beberapa aspek berikut ini dalam memilih komunitas trader:

Memiliki sistem kurikulum pembelajaran yang jelas

20210303 215000

Sebuah komunitas yang baik, pasti memiliki kurikulum edukasi yang jelas pula. Tanpa adanya program edukasi yang jelas pada suatu komunitas, maka sebaiknya Anda hindari. Jangan bergabung di komunitas yang memaksa Anda untuk tetap bodoh dengan tidak mengedepankan edukasi, melainkan menawarkan kemudahan trading atau titip dana. Yang harus Anda percayai dalam trading sebaiknya diri Anda sendiri.

Memiliki rekanan broker yang jelas

20210303 214955

Pilihlah komunitas trader yang bekerja sama dengan broker yang memiliki rekam jejak yang jelas, legalitas yang jelas, dan tidak punya reputasi yang buruk. Komunitas yang bekerja sama dengan broker yang legal, seharusnya memiliki integritas yang jelas, dan juga memiliki komitmen untuk menjaga dana dari nasabah itu sendiri.

Prinsip trading yang profit, paling pertama adalah keamanan. Broker yang memiliki izin di Indonesia, haruslah broker yang transaksinya dilaporkan langsung ke Bursa Berjangka Jakarta, terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI.

Memiliki mentor yang memiliki reputasi dan amanah

20210303 214942

Memiliki mentor yang tepat, adalah syarat mutlak untuk Anda bisa sukses mendapatkan profit dari bisnis trading. Tanpa mentor yang tepat, Anda akan menemui banyak kesulitan saat praktek trading nanti. Jika Anda memilih mentor yang memiliki rekam jejak yang jelas, tentunya Anda akan trading dengan lebih nyaman, tanpa beban, dan mentor yang amanah tentunya akan membimbing Anda ketika Anda sedang loss. Biasanya, seorang mentor akan kebingungan ketika sudah memiliki nasabah yang banyak, alhasil banyak nasabah yang pada akhirnya terlantar.

Punya base community yang jelas

20210303 214936

Sebuah komunitas trader yang baik, seharusnya memiliki base community / sarana wadah perkumpulan yang jelas. Baik secara offline, maupun online. Biasanya komunitas yang jelas, memiliki struktur organisasi yang jelas, pembagian tugas yang jelas, member yang jelas, dan grup online yang rapi, baik itu dari grup Whatsapp, Telegram, atau grup di Facebook. Jangan bergabung dengan komunitas abal-abal yang tidak bisa menyediakan Anda fasilitas diskusi di grup.

Memiliki forum diskusi analisa harian yang akurat dan accountable

20210303 214927
salah satu forum tradehub.id

Sebuah komunitas haruslah memiliki forum untuk berdiskusi hasil analisa harian. Dalam sebuah komunitas trading, akan ada pembahasan tentang trading dibahas setiap harinya. Seperti pembahasan yang ada di salah satu forum komunitas trader terdapat layanan analisa harian yang secara terbuka di share di forum, memiliki sub diskusi yang jelas, dan rekam jejaknya bisa dilaporkan secara transparan.

Dengan laporan analisa yang transparan, tentunya pembelajaran akan pemahaman market akan lebih optimal dan bisa membuat progress kemajuan yang terukur dalam membangun portofolio trading yang konsisten.

5 hal di atas itulah yang sekiranya Anda perlu perhatikan sebelum memilih komunitas trading. Jangan sampai Anda mengabaikan 5 poin di atas ini.

Jangan sampai karena mengabaikan salah satu poin di atas, pada akhirnya Anda mengalami kerugian yang tak terduga di masa yang akan datang. Tetap jaga prinsip aman dalam setiap transaksi Anda. Trading yang aman sudah pasti bisa profit, namun trading yang profit, belum tentu aman.

 1,054 total views,  1 views today