8 Cara Membuat Website Ramai Pengunjung

Diposting pada
92 / 100

Gimana sih cara membuat website ramai pengunjung? Setiap blogger selalu menyanyakan hal itu. Siapa sih yang nggak pengen punya traffic yang baik, ya kan? Semetara itu traffic yang baik datangnya dari ramainya pengunjung yang nyambangi blog.

Jujur ya, kadang jadi kabar buruk banget pas udah bikin postingan, eh tapi pengunjungnya tidak ada. Jangankan ada yang berkomentar, yang baca pun nggak ada. Saya pernah ngerasa semenyedihkan itu selama menjadi blogger.

Tapi kabar baiknya, nggak ada hal apapun yang nggak bisa dilakukan. Jadi bukan barang yang mustahil dilakukan. Termasuk menerapkan semua cara membuat website ramai pengunjung. Saya sedang mempelajari ini juga sih. Karena selama ini ya paling banyak pengunjung harian saya juga 500.

Jialah. Ternyata meningkatkan pengunjung itu ada caranya.

Cara Membuat Website Ramai Pengunjung

cara membuat wevsite ramai pengunjung

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan kalau kita pengin website atau blog yang kita kelola dikunjungi oleh banyak orang, sehingga traffic nya bagus. Apalagi sudah ada adsense yang terpajang. Maka dapat dipastikan juga bisa menambah penghasilan bayaran perkliknya.

Berikut ini yang harus diperhatikan, kita bahas semuanya satu persatu.

Riset Kata Kunci

Hal pertama yang harus dilakukan agar pengunjung website jadi terbidik adalah dengan melakukan riset kata kunci. Ini tuh sama pentingnya seperti seorang mahasiswa yang harus melakukan penelitian sebelum mengerjakan skripsi.

Ada banyak tools baik yang gratis ataupun berbayar yang bisa kita gunakan. Untuk itu melakukan riset kata kunci menjadi poin pertama dalam meningkatkan pengunjung.

Fokus pada Satu pembahasan

Para expert percaya, website yang membahas tentang satu topik saya lebih mendapatkan traffic yang lebih baik dibandingkan dengan website atau blog yang membahas semua topik.

Dalam dunia perbloggeran dikenal yang namanya niche. Maka memutuskan untuk membuat niche terlebih dahulu itu penting supaya pembahasan yang ada pada website lebih terarah, dan masyarakatnya juga jadi jelas.

Template yang Simpel

Template yang digunakan pada website juga mempengaruhi jumlah pengunjung. Karena pengaruhnya berada pada performa. Blogg atau website yang loadnya lama, akan memberikan citra yang buruk. Maka memutuskan untuk memilih template yang simpel itu penting.

Tapi jangan yang terlalu simpel, gunakan perpaduan warna yang tepat, kurangi fitur tidak penting, supaya website tampak lebih profesional dan elegan. Dengan begitu pengunjung pun akan dengan senang hati buat balik lagi.

Buat Konten yang Viral

Konten yang viral biasanya bakal dengan mudah melejit. Apalagi konten yang telah dibuat itu bagus, sesuai dengan masa kini, serta dapat menjadi trendsetter bagi segala usia.

Maka lebih produktif membuat konten yang bermanfaat itu baik, Sodara-sodara. Selain itu peran sosial media juga sangat penting untuk membuat konten buatan kita menjadi viral.

Interaktif di Sosial Media

Ini bagian yang terpenting dalam cara membuat website ramai pengunjung. Saya pernah dikasih tau seorang blogger ternama, satu grup di WA, menurutnya membagikan satu postingan setiap hari ke media sosial itu worthed buat meningkatkan traffic. Bahkan postingan yang lama-lama sekalipun.

cara membuat website ramai pengunjung

Selain itu dengan kita lebih interaktif membagikan konten di media sosial, kita juga secara tidak langsung dapat berupaya untuk meningkatkan engagement pada semua followers kita. Tujuannya apa lagi sih kalau bukan buat memotivasi mereka biar mau berkunjung ke website atau blog kita.

Tanam Backlink

Di tahun 2020 ini tanam backlink masih berpengaruh untuk meningkatkan traffic website. Ini bisa dilakukan dengan cara membuat kerjasama dengan blogger lainnya, atau dengan menjadi guest post, bahkan kalau punya uang lebih bisa membeli backlink, atau menyediakan content placement.

Sehingga website yang kita kelola akan mendapatkan kredibel yang baik, yang mampu membuat pengunjung datang dan kembali lagi. Makanya cara membuat website ramai pengunjung itu salah satunya ya dengan tanam backlink ini.

Gunakan Iklan Berbayar

Sebenarnya tergantung tujuannya. Kalau emang mendesak banget, semua hal yang bisa dikerjain udah dilakukan, tapi pengunjung tidak kunjung ramai juga, nah menggunakan jasa iklan berbayar pun dapat dipilih. Misalnya dengan menggunakan iklan google adword, atau facebook ads. Cuma untuk menggunakan fitur ini juga kita perlu modal.

Apapun jasa iklan yang dipilih, pastikan untuk menggunakan jasa iklan yang memiliki track record yang baik ya, Zeyeng. Yang praktis sih memang mending pakai google adwords sih.

Berapa biaya iklan di Google Ads?

Biaya Google Adwords itu bervariasi karena Google menggunakan sistem lelang (Auction). Anda harus melakukan optimasi iklan untuk ditampilkan dalam unit iklan dengan biaya paling efisien. Di Indonesia, Biaya klik mulai dari Rp 800 pada Search, Rp 150 pada Display dan Rp 30 per-view pada Video.

15 Apr 2019

Kutipan di atas saya ambil di google, data pada 15 April 2019. Baru setahun, jadi sepertinya di 2020 ini kalau pun naik ya belum jauh dari nilai itu.

Gunakan Domain yang Mudah diingat

Nah ini yang paling penting. Kadang alamat domain menjadi kata kunci utama di mesin pencarian. Jadi ingat film Kambing Jantan yang pemainnya Raditya Dika.

Di sana Dika punya blog namanya kambingjantan.com, terus ada temennya cewek mau nyari kambing untuk qurban, eh nyasar ke blognya Dika. Terus mereka jadian deh, tapi sayang nggak jadi menikah ya.

Kalau domain sudah dipilih, jangan sampai salah memilih penyedia hosting juga. Karena domain dan hosting itu menjadi satu kesatuan yang penting untuk membuat website ramai pengunjung.

Ada banyak sekali penyedia domain dan hosting yang terpercaya, baik yang lokal maupun internasional. Salah satunya mungkin bisa dilihat dari video youtube di bawah ini.

Optimasi SEO

Optimasi SEO sangat penting dilakukan apabila ingin mendapatkan banyak pengunjung. Optimasi SEO dapat dilakukan dengan 2 cara, offpage dan onpage. Keduanya sama-sama memiliki andil yang besar dalam melakukan cara membuat website ramai pengunjung.

Plugin SEO juga berperan untuk memudahkan kita selaku pengelola blog maupun website dalam melakukan optimasi. Ada banyak plugin SEO yang bisa digunakan, baik yang free maupun yang pro.

Kalau semua hal sudah dikerjain, tapi masih juga berkendala. Ada satu hal lagi yang bisa kita kerjakan, yakni dengan menggunakan jasa perawatan sebagai upaya dalam menemukan cara membuat website ramai pengunjung melalui Webpraktis yang terkemuka.

 329 total views,  1 views today

Gambar Gravatar
Hadi Kurniawan adalah nama lengkap dari pemilik blog ini. Berprofesi sebagai guru di Kab. Musi Rawas Utara. Seorang penyendiri yang tak lagi sendiri. Dapat dihubungi di hadisujatman@gmail.com

2 thoughts on “8 Cara Membuat Website Ramai Pengunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *