Cara Membuat Bumbu Rujak

Rujak di Indonesia sendiri sebenarnya mirip seperti salad buah. Tentu saja buah yang digunkaan sedikit berbeda dan yang paling membedakan adalah saus atau bumbunya. Kalau di Eropa atau Amerika bumbu atau sausnya menggunakan mayonnaise atau olive oil saja.

Di Indonesia bumbu rujak itu banyak sekali variasinya. Ada yang bumbu kacang, bumbu guris pedas atau juga bumbu petis. Nah dari variasi inilah yang membuat Indonesia semakin kaya akan makanan unik dan enak.

Bumbu rujak ini sendiri tergantung dari kesukaan masing-masing individu. Oleh karena itu resep yang tersaji di bawah ini sangat bervariasi untuk bumbu rujaknya.

Berikut cara membuat bumbu rujak!

Bumbu Rujak Dengan Kacang

Resep Rujak buah bumbu%2Bkacangjpg
dari kulinerkita.com

Bumbu rujak yang pertama adalah dengan kacang. Kacang yang digunakan adalah kacang tanah. Selain kacang tanah, siapkan bahan lainnya juga seperti cabe pedas, bawang putih, gula merah dan asam jawa.

Cara membuat bumbu rujak dengna kacang ini adalah dengan melarutkan atau merendam asam jawa dulu. Setelah itu cuci bersih cabe dan masukkan ke dalm cobek. Ulek cabe dengan bawang putih.

Tambahkan garam sedikit saja dan goreng kacang dulu. Setelah itu ulek kacangnya bersama cabe dan bawang putih. Setelahnya masukkan gula merah dan air asam jawa tadi. ulek lagi dan bumbu rujak siap dicocol dengan buah yang segar seperti manga, nanas dan belimbing.

Bumbu Rujak Petis

rujak petis foto resep utama
dari resepantigagal.com

Bumbu rujak selanjutnya ini adalah bumbu rujak khas dari daerah Surabaya atau Jawa Timur. Bahan-bahan yang dibutuhkan dan harus siapkan adalah cabe, bawang putih, kencur, kacang tanah sedikit saja, gula merah dan petis hitam. Selanjutnya siapkan air biasa saja.

Caranya adalah goreng dulu kacang tanahnya. Setelah itu ulek cabe, kencur dan bawang putihnya. Tambahkan garam dan ulek sampai halus. Masukkan kacang goreng dan ulek. Masukkan gula merahnya dan kemudian tambahkan air.

Selanjutnya masukkan petis hitamnya dan tambahkan air lagi. Ulek lagi dan aduk sampai tercampur. Rujak petis ini bisa dimakan dengan buah kedondong, timun, bengkuang dan sayuran juga. Sayuran  matang seeprti toge, dan kangkung. Kemudian dimakan dengan kerupuk atau tempe goreng enak sekali.

Bumbu Rujak Gurih Pedas

photo
dari cookpad.com

Bumbu rujak itu tidak harus basah dan dibuat. Bebarapa orang hanya suka bumbu rujak yang gurih dan pedas saja jadi tidak repot juga. Untuk bumbu yang satu ini ada 2 pilihan. Bisa siapkan cabe pedas dan garam kemudian diulek dan siap jadi cocolah buah segar. Selanjutnya beri bubuk bawang putih, dan bubuk cabe.

Bubuk bawang putih dan bubuk cabe dicampur jadi satu dan kemudian tinggal cocol buahnya. Jika kurang hurih tambahkan royco atau masako ayam.

Rujak Bumbu Kecap

4387174=s1280=h960
dari cookpad.com

Bumbu rujak yang selanjutnya ini juga tidak aklah enak dengan lainnya. Meskipun berapa orang tidak suka karena ada rasa manis pada kecap. Namun enak sekali. Bahan yang diperlukan cabe pedas, garam, kacang tanah, gula merah dan kecap manis. Gula merahnya sedikit saja.

Ulek dulu cabe dan garamnya. Kemudian ulek kacang gorengnya sampai halus. Selanjutnya masukkan gula merahnya dan ulek sampai halus. Untuk bumbu ini airnya diganti dengan kecap manis. Lalu tuangkan kecap manis secukupnya saja.

Jika masih merasa kurang asin, tambahkan garam lagi. Bumbu rujak kecap ini juga enak sekali dimakan dengan mangga muda, pepaya mengkal, belimbing muda, bengkuang, kedondong, dll.

Setelah tahu macam-macam bumbu rujak di atas, mana nih yang jadi favoritmu?

 183 total views,  3 views today