6 Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri

Diposting pada
89 / 100 Skor SEO

Pernah mikir nggak sih, cara membersihkan karang gigi sendiri itu gimana? Karena untuk beberapa orang keberadaan karang gigi jadi mengganggu penampilan. Sementara penampilan yang menarik pada diri kita itu bukan hanya terletak pada parasnya yang rupawan saja, melainkan dilihat juga dari keadaan giginya.  

Jadi gigi kita memiliki peranan yang penting nih dalam urusan penampilan kita. Kalau gigi kita bagus, rapi, dan bebas dari karang gigi, dapat dipastikan kalau senyuman yang akan kita tebarkan kepada semua orang akan lebih lebar, dan menawan.

cara membersihkan karang gigi

Karena dengan memiliki gigi yang putih dan bersih dapat membuat penampilan kita semakin sempurna. Percuma aja kan kalau memiliki paras yang rupawan, tapi kondisi giginya tidak terawat dengan baik. Maeu senyum juga jadinya malu-malu. Padahal ada hadist yang menyebutkan bahwa tersenyum kepada sesama itu dapat pahala.

“Senyummu di depan saudaramu, adalah sedekah bagimu” 

(Sahih, H.R. Tirmidzi no 1956).

Karang gigi biasanya disebut juga dengan plak. Karang gigi sebenarnya adalah lapisan tipis yang terdiri dari berbagai jenis mikroorganisme yang terlanjut menempel pada sela-sela gigi atau gusi yang berasal dari makanan. Tanpa pembersihan yang optimal, tumpukan mikroorganisme ini lama-lama akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi.    

Pada plak ini mikroorganisme akan memproduksi asam yang dapat merusak enamel gigi. Sehingga gigi menjadi rentan dan lambat laun akan membuat gigi menjadi rusak.  

Lalu bagaimana cara membersihkan karang gigi sendiri? Sebelum itu kita ketahui dulu dampak apa yang timbul apabila kita meiliki karang gigi

Dampak Karang Gigi

Adanya karang gigi akan memberikan dampak yang tidak baik pada kesehatan gigi. Kalau nggak ditangani dengan serius akan menyebabkan kerusakan gigi, bahkan bisa saja jadi memberikan pengaruh pada bagian kesehatan lainnya. Berikut ini adalah beberapa dampak dari karang gigi apabila tidak ditangani dengan serius:  

– Gigi Berlubang

Penyebab gigi berlubang adalah dari cairan asam akibat berkembangnya mikroorganisme. Lambat laun akan mengikis email gigi yang kemudian akan menimbulkan kerusakan secara bertahap, hingga akhirnya akan menimbulkan lubang pada gigi.  

– Tartar

Istilah ini mungkin bakal asing bagi orang awam kayak kita. Jadi tartar ini adalah karang gigi yang sudah terlanjur mengeras kayak semen, yang sudah nggak bisa dibersihkan pakai sikat gigi biasa. Tartar ini berwarna kekuningan sehingga akan membuat gigi jadi tidak enak dipandang. Teksturnya keropos, jadi kalau nggak dibersihkan secepatnya tartar akan mengikis gigi.  

– Periodonitis

Waduh apaan lagi ini? Periodontitis akan muncul melalui infeksi pada gusi yang umumnya adalah akibat adanya masalah pada gigi. Infeksi ini selanjutnya menyebar, lalu menimbulkan kerusakan tulang gigi di sekitar rahang. Jadi dapat disimpulkan bahwa periodontitis adalah dampak buruk dari gingivitis yang tidak disembuhkan.  

– Gingivitis

Gingivitis dalam bahasa awamnya adalah gusi bengkak, yaitu salah satu dampak yang ditimbulkan oleh karang gigi yang memburuk. Secara kasat mata, gingivitis bisa terlihat dari munculnya warna merah kehitaman dan bentuk gusi yang membengkak. Kalau disentuh atau terkena makanan yang agak tajam, akan mudah terluka dan berdarah.       

Penyebab Timbulnya Karang Gigi

Penyebab utamanya adalah dari hasil sisa-sisa makanan yang kita konsumsi, yang menempel pada sela-sela gigi, kemudian menjadi tebal dan mengeras. Umumnya karang gigi terbentuk setelah 4 – 12 jam setelah mikroorganisme menempel. Apabila dibiarkan terlalu lama akan muncul karang gigi yang nantinya akan merusak gigi.

Makanan yang biasanya mudah menjadi karang pada gigi adalah berupa karbohidrat. Karena karbohidrat sangat disukai oleh mikroorganisme, sehingga apabila ada sisa makanan yang mengandung karbohidrat dan tidak tersikat dengan bersih, maka akan menjadi tempat berkembangbiak mikroorganisme, dan dampaknya akan memunculkan suatu karang gigi.

Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri

cara menghilangkan karang gigi

Oke penyebabnya sudah. Terus, bagaimanakah cara menghilangkan karang gigi tersebut? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai cara membersihkan karang gigi sendiri, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Menggunakan Cengkeh

Cara alami pertama yang bisa kita coba untuk menghilangkan karang gigi, yakni dengan menggunakan cengkeh. Selain dapat menghilangkan karang gigi, cengkeh ini juga sudah terbukti ampuh dalam meredakan sakit gigi loh.  

Gimana cara menggunakannya?

Pertama-tama siapkan cengkeh secukupnya, tumbuk hingga hancur, lalu oleskan pada gigi secara merata. Diamkan kurang lebih selama 2 – 3 menit. Kemudian berkumurlah dengan air dingin hingga bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya dikukan setiap malam sebelum tidur, atau minimalnya 2 kali dalam seminggu.

2. Menggunakan Air Garam

Sama halnya dengan cengkeh, air garam ini juga dapat mengikis karang pada gigi dan juga meredakan sakit gigi. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, air garam ini dapat mengobati radang gusi secara alami loh.Kita langsung saja ke cara penggunaannya. Cukup siapkan 1 sdt garam dapur, larutkan pada segelas air hangat, kemudian berkumurlah selama 2 menitan. Jika sudah demikian, silahkan muntahkan kebali air garam tersebut.  

3. Mengunyah Daun Sirih

Tak banyak orang yang tahu, bahwa daun sirih dapat dijadikan ramuan alami untuk mengatasi masalah karang gigi. Selain dapat mengikis karang gigi, ternyata daun sirih juga dapat mengatasi masalah bau mulut.

Cara menghilangkan karang gigi menggunakan daun sirih pun sangat mudah, siapkan beberapa lembar daun cengkih, tumbuk kasar, kemudian oleskan pada gigi secara merata. Diamkan selama 2 – 3 menitan, kemudian berkumurlah dengan air dingin sampai bersih.  

4.  Menggunakan Jus Lemon

Selain enak untuk dikonsumsi, jus lemon juga bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah karang gigi yang membandel.Siapkan segelas jus lemon segar, celupkan sikat gigi kedalamnya, kemudian gosoklah gigi seperti biasa selama 1 – 2 menitan. Jika sudah demikian, silahkan berkumur-kumur lagi dengan air dingin sampai bersih.  

5. Menggunakan Baking Soda

Pada umumnya, baking soda ini kerap digunakan untuk bahan pembuatan berbagai jenis makanan seperti martabak, kue basah, kue kering, dan lain sebagainya. Padahal, baking soda juga dapat digunakan untuk merawat kondisi kesehatan gigi termasuk dalam mengatasi karang gigi. Makanya baking soda bisa dijadikan solusi atas cara membersihkan karang gigi sendiri.

Mengenai cara penggunaannya, siapkan 1 sdt baking soda, campurkan dengan sedikit air, lalu aduk-aduk hingga teksturnya mengental seperti pasta. Setelah itu oleskan pada gigi secara merata, diamkan selama 3 menitan, lalu bilas lagi mulut anda dengan air dingin sampai bersih. 

6. Gosok Gigi Secara Rutin

Gosok gigi yang dilakukan secara rutin dapat mengurangi timbunan karang gigi di dalam mulut. Sikatlah gigi setidaknya 2 kali sehari, yaitu sebelum tidur malam dan satu jam setelah sarapan pagi. Atau setelah makan besar dan saat banyak sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.

Dalam melakukan upaya cara mmbersihkan karang gigi sendiri, pastikan untuk selalu menggunakan pasta gigi ber-flouride agar gigi kita terlindungi. Flouride adalah mineral yang berfungsi untuk mengikat enamel gigi sehingga permukaan gigi Anda jadi lebih keras dan tahan terhadap serangan asam dari bakteri.

Salah pasta gigi pasta gigi yang ber-flouride adalah Pepsodent yang sudah terbukti bertahun-tahun sebagai andalan keluarga Indonesia untuk membersihkan dan melindungi gigi.

Demikian 6 cara membersihkan karang gigi sendiri menggunakan peratn sedanya, jangan lupa baca juga cara memilih mobil bekas pilihan expert terbaik melalui tulisan saya yang  ini SEVA mobil bekas.  

 592 total views,  2 views today

Gambar Gravatar
Hadi Kurniawan adalah nama lengkap dari pemilik blog ini. Berprofesi sebagai guru di Kab. Musi Rawas Utara. Seorang penyendiri yang tak lagi sendiri. Dapat dihubungi di hadisujatman@gmail.com

24 thoughts on “6 Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri

  1. iya nih jika pola makanan kita ga baik misal terlalu manis akan terasa lengket di gigi, jika tak segera di bersihkan pastinya deh akan mengerak jadi karang gigi tuh. thx banget infonya nih cara menghilangkan karang gigi sendiri sebelum di bawa ke dokter

  2. Aku termasuk salah satu orang yang ngerasa karang gigi jadi alasan paling males kalau makan sembarangan. Meskipun beberapa gigiku udah ada karangnya, malah seringnya dibersihin sendiri. Ya walau harus ada luka di mana-mana. Enggaklah.

    Tapi, sebenarnya kalau dibawa ke Dokter jadi gampang dan bentar banget bersihinnya. 😀

  3. Emang kalo gigi bagus, makin PD hahah.. Makanya.. saya getol banget biasain ke anak anak buat gosok gigi. Alhamdulillah saya gak punya karang gigi dibagian depan. Kadang ada yang rontok sendiri yang bagian dalam gigi..

  4. Wah, itu semua bahan-bahannya aku ada di rumah. Pohon sirih pun ada. Selama ini kukira bersihkan karang gigi harus ke dokter gigi. Makasih Kak infonya…

  5. Saya juga bermasalah nih sama karang gigi. Biasanya tiap 6 bulan sekali ke dokter gigi. Tapi sekarang karena Covid, dokter gigi nggak menerima pasien kecuali emergency gigi. Tips di atas mungkin bisa jadi alternatifnya

  6. Saya dulu pernah nyoba bersihkan gigi pakai air garam, dikumur-kumur lalu dibuang. Tapi kalo sekarang ini saya pilih yang praktis saja menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan untuk membersihkan karang gigi..

  7. Lagi punya bbrp masalah gigi nih, salah satunya karang gigi. Rencananya mau periksa ke dokter gigi, tp gara2 wabah jadinya tak tunda. Pdhal ini gigi udah mulai sering ngilu. Tips di atas mo tak cobain dulu deh, biar nggak makin parah.

  8. Saya belum pernah yang nyobain dengan cengkeh itu.
    Yang lainnya udah, tapi bukan dengan tujuan utama membersihkan karang gigi sebenarnya, karena dulu sering sakit gigi, untuk membuat nyaman rongga mulut. Ternyata juga sebagai pembersih karang gigi juga.
    Makasih informasinya.

  9. Jadi ingat jaman kecil dulu kalau sakit gigi gusi bengkak disuruh kumur-kumur paakai air hangat yang dikasih garam sama nenekku. Emang jadi sembuh sih . Baru tau ternyata emang air garam bisa sembuhin gusi bengkak baca artikel ini.

  10. ini nih artikel yang aku cari selama ini, ternyata banyak juga ya cara untuk menghilangkan karang gigi, karena sekarang sedang mengalami karang gigi aku mau coba satu-satu ah tipsnya. Intinya tetap mencegah yaa sebelum kejadian seperti ini. thanks informasinya bermanfaat!

  11. Saya biasanya menghilangkan karang gugi dengan cara scaling ke dokter gigi, tapi karena sekarang mesti di rumah aja, cara di atas mau dicoba aj, dan pastinya lebih murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *