Cara Investasi Mudah untuk Pasangan Baru Menggunakan OVO | Invest

Menurut BKKBN ada sekitar 2 juta pasangan yang menikah di setiap tahunnya. Umumnya semua pasangan baru, pasti akan banyak sekali menghadapi yang namanya penyesuaian diri buat menjalani kehidupan bersama.

Saya juga mengalaminya di dua tahun terakhir ini. Selain harus menyesuaikan diri dengan karakter pasangan, saya juga harus menyesuaikan diri dengan segala hal yang berkaitan dengan keuangan.

Makanya penting bagi pasangan baru seperti saya ini untuk memikirkan strategi keuangan yang tepat apalagi agar semua hal dapat berjalan sesuai rencana. Karena kasus rumah tangga yang hancur kebanyakan akibat masalah keuangan.

Strategi Pengelolaan Keuangan Pasangan Baru

Sebagai pasangan baru kita harus banyak-banyak belajar masalah keuangan. Bertanya dengan yang sudah expert lebih baik. Atau jika malu, ada baiknya untuk perbanyak membaca buku maupun artikel yang bisa kita temukan secara gratis di internet.

Menurut artikel yang pernah saya baca, kita bisa menggunakan 3 strategi pengelolaan keuangan sebagai pasangan baru, yakni:

Mengelola uang dengan akun terpisah masing-masing

Memang ada beberapa pasangan baru yang tetap menggunakan akun masing-masing untuk menyimpan keuangan. Menurut saya pribadi ini sah-sah saja. Namun yang harus ditekankan adalah komunikasi kepada pasangan dan beberapa kesepakatan yang disetujui bersama.

Misalnya siapa yang akan membiayai kebutuhan sehari-hari? Siapa yang akan mengalokasikan untuk investasi? Dan sebagai pasangan muda yang pikirannya masih segar, kita juga bisa menggali diskusi secara serius dan mengkompromikannya dengan pasangan terkait keuangan. Atau bisa juga dipikul bersama. Yang penting antara kita dengan pasangan bisa memiliki pandangan yang sama dan sejalan.

Mengelola keuangan dengan akun bersama

Kebanyakan orang merasa strategi seperti ini adalah yang terbaik. Karena kita benar-benar bisa terbuka dengan keuangan, tidak ada istilah uangku dan uangmu, yang ada hanyalah uang bersama. Saya setuju akan ini, untuk itu belum lama ini saya sempat mengusulkan kepada istri untuk membuat tabungan bersama atas nama anak. Selain bisa digunakan sebagai dana darurat, akun ini juga bisa dijadikan sebagai tabungan untuk sekolah anak sekian tahun ke depan.

Atau kombinasi keduanya, punya akun terpisah dan punya akun bersama

Model kombinasi ini kalau benar strateginya bisa jadi yang terbaik dari semuanya. Namun bisa juga jadi bentuk model yang paling rumit. Di satu sisi, masing-masing bisa punya tabungan yang bisa digunakan untuk kepentingan pribadi, selain dana yang harus dialokasikan ke akun bersama tentu saja. Namun, jika salah strategi bisa-bisa malah bikin pusing. Jadi saya rasa yang model seperti ini hanya disarankan kepada pasangan baru yang mau repot dengan masalah keuangan.

Kelebihan dan Kekurangan

Untuk memudahkan kita dalam menemukan kelebihan dan kekurangan masing-masing strategi, kita bisa melihatnya dari tabel di bawah ini.

Jenis StrategiKelebihanKekurangan
Akun TerpisahPemenuhan kebutuhan pribadi lebih mudahSulit sekali untuk menabung, dan akan terasa repot jika sudah punya anak
Akun BersamaSemua dipikul bersama sehingga terasa lebih adil dan tidak saling terbebani, termasuk dana pendidikan anakJika ada pengeluaran pribadi akan terasa sungkan kepada pasangan
KombinasiPunya kebebasan untuk membelanjakan dana pribadi tanpa sungkan kepada pasanganPerlu banyak rekening bank

Tips Keuangan Pasangan Baru

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan oleh pasangan baru terkait masalah keuangan. Berikut ini di antaranya:

Terbuka

Sebisa mungkin kita harus tetap terbuka kepada pasangan, karena ini adalah hal yang utama terkait masalah keuangan. Terutama apabila kita sudah melakukan pembelanjaan yang sebenarnya belum begitu perlu, setidaknya dengan terbuka pasangan kita akan lebih menghargai dibandingkan kita hanya diam saja.

Bertanggung Jawab

Masalah keuangan dalam rumah tangga tidak cukup hanya dilakukan sendiri. Untuk itu perlu adanya kesadaran bahwa hal ini adalah tanggung jawab bersama sebagai pasangan baru.

Solid

Pasangan itu ibaratnya adalah suatu tim kerja, untuk itu kita perlu yang suatu kesolidan agar terjalin bentuk dorongan yang membangun terkait masalah keuangan.

Percaya dengan Pasangan

Cara terbaik sebagai bentuk percaya pada pasangan terkait masalah keuangan adalah dengan tidak menanyai pasangan berapa banyak uang yang telah dibelanjakan. Dengan begitu kita juga bisa lebih bijaksana sebagai pasangan baru tanpa harus melukai perasaannya.

Saling Belajar

Saling belajar itu penting, agar tidak terjadi salah satu merasa dominan lebih jago melakukan ini dan itu. Ada baiknya lakukan diskusi bersama untuk menemukan tujuan yang paling tepat.

Investasi

Selain tips dan strategi di atas, melakukan investasi itu juga penting, karena tergolong sebagai pengelolaan keuangan jangka panjang. Salah satu cara investasi yang tepat dilakukan oleh pasangan baru adalah dengan menggunakan Ovo | Invest.

OVO | Invest, Cara Baru Investasi Aman dan Mudah

Kita mungkin mengenal OVO hanya sebagai aplikasi pembayaran. Padahal tidak sesederhana itu. Banyak fitur di dalamnya yang bisa membantu kita dalam melakukan pengelolaan keuangan. Nah baru-baru ini OVO meluncurkan fitur baru yang bernama OVO | Invest.

OVO | Invest adalah fitur investasi reksadana yang berada di aplikasi pembayaran OVO. Layanan ini diluncurkan pada tanggal 26 Januari 2021 lalu. Terobosan terbaru untuk berinvestasi lewat e-money dan e-investment yang sangat mudah dan dapat dilakukan dengan Rp10.000 saja.

Cara Registrasi dan Melakukan Pembelian Reksadana via OVO | Invest

Untuk memudahkanmu dalam melakukan pembelian reksadana di OVO | Invest, berikut ini adalah tahap-tahap yang harus dilakukan yang disertai dengan tangkapan layar.

  1. Klik Mulai Sekarang – syarat utama kita harus memilki saldo minimal Rp 10.000 di akun OVO. Setelah itu tekan invest dan pilih Mulai Sekarang.
  2. Centang syarat dan ketentuan, lalu isi profil resiko kita sebelum melanjutkan pendaftaran. Jangan lupa baca semua ketentuan yang berlaku lebih teliti, lalu berikan ceklis dan pilih Lanjutkan.
  3. Isi identitas diri sesuai KTP – setelah mengisi identitas, tunggu verifikasi yang akan dilakukan oleh tim OVO | Invest. Estimasi selama 1 x 24 jam. Bila berhasil akan muncul notifikasi dan kita akan bila lanjut membeli reksadana.

Cara Beli Reksadana Via OVO | INVEST

image
  1. Klik Beli – tekan tombol Beli, lalu pilih perusahaan investasinya, masukkan nominal pembelian. Klik lanjutkan, lalu setuju
  2. Setelah berhasil akan muncul tampilan seperti di bawah ini

Cara Jual Reksadana Via OVO | Invest

image 1
  1. Masuk ke dan pilih investasi yang mau kita jual.
  2. Masukkan nominal yang ingin dicairkan. Klik konfirmasi lalu pilih proses pencairan.
  3. Masukkan security code yang sudah kita terima pencairan reksadana langsung masuk ke rekening OVO kita.

Keuntungan Berinvestasi Lewat OVO | Invest

Banyak sekali keuntungan yang dapat kita rasakan dengan melakukan investasi di OVO | Invest, di antaranya sebagai berikut:

  1. Proses cepat dan mudah, bahkan bisa dilakukan dalam sekali duduk saja
  2. Pembelian reksadana terjangkau hanya mulai dari Rp. 10.000 jadi cocok buat pasangan baru yang masih bingung ngatur keuangan tapi sudah pengen investasi.
  3. Pencairan dana langsung ke OVO Cash.
  4. Potensi keuntungan dan return investasi yg sangat jelas dan terpampang di aplikasi.
  5. Dapat memantau kinerja portofolio investasi via aplikasi.

Dari uraian di atas jelas bahwa investasi itu sangat penting di usia muda. Apalagi sebagai suami kita dituntut untuk memiliki tanggung jawab yang besar. Untuk itu selama di bulan Ramadan ini, ada baiknya kita perbanyak melakukan investasi. Investasi melalui OVO | Invest, dan menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas sebagai bentuk investasi akhirat.

Dari investasi juga nantinya akan muncul kemudahan serta rasa ikhlas untuk membangun keluarga yang harmonis, membesarkan anak-anak untuk meraih mimpinya di masa depan, dan sebagainya. Karena kita tidak akan pernah tahu bagaimana dan apa yang akan terjadi esok hari. Dengan melakukan investasi, saya akan senantiasa siap, menjadi ayah yang tangguh serta menjadi suami yang siaga.

Seandainya uang 10.000 dibelanjakan di minimarket maka akan habis sekali belanja.
Tapi kalau dibuat investasi, nilainya bisa jadi bertambah. Makanya di postingan kali ini aku bener-bener serius ngajakin teman-teman semua buat belajar investasi pakai OVO | Invest.

Semua orang bisa invest kok. Blogger juga bisa menginvestasikan sebagian fee dari hasil kerjanya untuk invest. Mahasiswa bisa menyisihkan uang dari orangtuanya untuk invest. Para suami juga bisa invest tipis-tipis di luar uang belanja bulanan istri, dan istri pun demikian. Pokoknya gak ada alasan untuk gak invest, apalagi di OVO | Invest bisa dimulai dengan hanya 10ribu saja.

Tapi jangan lupa pula untuk sedekah. Karena kalau dipakai buat infaq dan sadaqah bisa bertambah dan panen kebaikan, apalagi mumpung bulan ramadhan kayak gini ya kan. Yuk pasang aplikasi OVO di hapemu sekarang! Atau ikuti tautan berikut ini!

 1,130 total views,  5 views today