5+ Buah Pisang untuk Ibu Hamil & Manfaat Pisang untuk Pria

Saya baru tahu kalau buah pisang untuk ibu hamil sangat baik. Dan yang bikin saya tercengang itu adalah ternyata ada juga manfaat pisang untuk pria. Padahal selama ini pisang di rumah saya jarang disentuh, dan dibiarkan begitu saja sampai terlalu matang, lalu kulitnya menghitam.

Postingan kali ini akan membahas tentang buah pisang untuk ibu hamil dan manfaat pisang untuk pria yang perlu diketahui.

National institute of health memberikan rekomendasi kepada ibu hamil untuk mengonsumsi 3-4 buah pisang perhari, karena katanya ada kandungan nutrisi yang baik untuk perkembangan janin dan ibu hamil itu sendiri.

Buah pisang mengandung 105 kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan selama hamil, makanya buah pisang untuk ibu hamil itu termasuk kebutuhan yang wajib dipenuhi. Apalagi mencari buah pisang itu bisa dibilang mudah, karena buahnya ada terus di setiap musim.

Buah Pisang untuk Ibu Hamil

buah pisang untuk ibu hamil
https://pixabay.com/photos/banana-fruit-yellow-healthy-shell-2060720/

Sebelum kita bahas manfaat pisang untuk pria, kita bahas dulu manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang perlu diketahui.

Buah Pisang Kaya akan Asam Folat

Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Makanya pada saat cek kehamilan pertama kali, obat yang diberikan oleh Bidan biasanya nggak jauh dari asam folat. Asam folat juga bisa ditemui pada pisang, makanya buah pisang untuk ibu hamil itu penting, untuk mencegah defisiensi asam folat yang mampu menyebabkan bayi yang lahir prematur.

Baca juga Resep Kolak Pisang Mutiara yang Maknyus

Buah Pisang Mengandung Zat Besi untuk Mencegah Anemia

Kekurangan zat besi pada ibu hamil biasanya umum terjadi. Akibatnya dapat membuat ibu hamil anemia yang dapat menyebabkan komplikasi selama tahap kehamilan akhir atau pada saat persalinan. Sehingga terkadang buah pisang untuk ibu hamil jadi dibutuhkan, karena kandungan zat besi pada pisang cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Buah pisang mengandung rata-rata 3% zat besi per 225 gram pisang, sementara itu zat besi yang terkandung pada buah pisang dapat menghasilkan hemoglobin yang berguna untuk mengurangi anemia.

Pisang dapat Membantu Mengatasi Sembelit

Buah pisang mampu meredakan gejala perut kembung serta mampu menghaluskan gerakan usus. Sehingga pisang untuk ibu hamil dapat berguna untuk meningkatkan asupan dalam makanan tanpa suplemen buatan.

Soalnya buah pisang mengandung 6 gram serat rata-rata setiap pisang.yang akan membuat ibu hamil buang air besar membentuk tinja, jadi bisa mengatasi sembelit.

Pisang Dapat Mencegah Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Selama hamil, perempuan akan mengalami pembengkakan yang disebabkan oleh kurangnya asupan potasium. Teori ini ditemukan oleh American Pregnancy Association.

Dengan pemenuhan potassium yang cukup akan membantu mengurangi pembengkakan selama kehamilan. Buah pisang untuk ibu hamil dapat membantu mencegah dan mengurangi pembengkakan tersebut secara alami. Meskipun terjadinya pembengkakan itu sendiri perlu diperhatikan sebagai pre-eklamasia.

Pisang Mampu Mengurangi Mual dan Muntah

Pagi hari biasanya ibu hamil sering mengalami mual dan muntah. Ini terjadi selama trimester pertama kehamilan atau dengan kata lain yakni tiga bulan awal pertama kehamilan. Jika buah pisang yang dikonsumsi rutin pada tahap awal hamil dapat membantu mengurangi rasa mual dan muntah, atau yang biasa dikenal dengan istilah morning sickness.

Pisang Dapat Meningkatkan Energi

Kandungan pada buah pisang mampu memberi energi untuk ibu hamil dengan cepat. Khususnya buah pisang yang dipadukan dengan susu. Buah pisang mengandung 3 jenis gula alami. Yaitu, glukosa, fruktosa dan sukrosa, sekitar 28 gram gula alami per 225 gram buah pisang. Gula alami ini akan mudah dicerna sehingga dapat memberikan energi bagi ibu hamil dengan cepat.

Itulah tadi manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Ternayata buah yang mengandung protein, karbohidrat dan vitamin C ini banyak manfaatnya untuk wanita hamil. Selain itu antioksidannya juga mampu membantu menjaga ibu hamil dari paparan radikal bebas.

Manfaat Pisang untuk Pria

at pisang untuk pria

Dari sebuah jurnal yang dibuat oleh Hisban Hamid Ariski dan Melisa Intan Barliana yang berjudul “KARAKTERISTIK DAN MANFAAT TUMBUHAN PISANG” menyebutkan bahwa banyak masyarakat yang tidak tahu tentang manfaat buah pisang secara farmakologis, karena minimnya sosialisasi terkait manfaat buah pisang.

Hal ini menyebabkan masyarakat cenderung lebih memilih untuk sekedar memakan buahnya saja. Berdasarkan studi literatur dari hasil penelitian terdahulu didapatkan kesimpulan bahwa pisang memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat diluar daging buah yang sering dikonsumsi.

Bagi sebagian pria, mungkin pisang dianggap sebagai buah yang murah dan kurang menarik. Bahkan kebanyakan pria juga yang malah tidak suka memakan buah pisang. Padahal selain memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, buah pisang juga berguna untuk pria. Berikut ini sederet manfaat pisang untuk pria yang perlu diketahui.

Pisang Bisa Menyembuhkan Oligosperma

Manfaat pisang untuk pria salah satunya adalah untuk menyembuhkan oligosperma. Oligosperma adalah keadaan dimana pria memiliki jumlah sel sperma yang jauh dari batas normal. Hal ini dapat menganggu kesuburan pria yang dapat mengakibatkan sulitnya menghasilkan keturunan.

Pisang Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma

Kandungan zink yang terdapat pada buah pisang memiliki manfaat buat pria, karena mampu merangsang produksi sperma. Sehingga buah pisang cocok untuk dikonsumsi sehari-hari bagi pria yang baru saja menikah dan ingin segera memiliki momongan.

Pisang Dapat Memperbaiki Ereksi

Mengalami disfungsi ereksi adalah momok yang menakutkan bagi semua pria. Karena akibatnya dapat membuat pria jadi tidak percaya diri.

Tapi tenang, salah satu manfaat pisang untuk pria adalah mampu mengatasi disfungsi ereksi. Kandungan yang terdapat pada buah pisang ternyata mampu meningkatkan produksi testosteron yang berguna untuk membantu mengatasi pria yang mengalami disfungsi ereksi. 

Pisang Mampu Meningkatkan Stamina Pria

Buah pisang mengandung enzim bromelain yang dapat membuat stamina seksual pria jadi meningkat. Enzim tersebut merupakan sumber vitamin B yang dapat berguna untuk meningkatkan energi pada pria ketika berhubungan seksual.

Oleh sebab itu, ketika hendak bercinta sangat disarankan untuk mengonsumsi buah pisang terlebih dahulu, karena mampunmeningkatkan aliran oksigen yang berguna untuk memperkuat performa saat berhubungan seksual.

Pisang Mampu Menjaga Kesehatan Prostat

Prostat adalah salah satu organ yang dimiliki pria. Organ ini sangat penting bagi pria, karena dari sanalah proses reproduksi dapat terjadi.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan prostat menjadi sangat penting. Salah satunya yakni dengan memperbanyak konsumsi buah pisang, karena pisang mengandung magnesium dan juga mangan yang berguna untuk menjaga kesehatan prostat.

Pisang Sangat Baik untuk Tekanan Darah Tinggi

Solusi yang dapat dijadikan alternatif untuk melakukan pengobatan darah tingi secara alami adalah dengan mengonsumsi buah pisang. Karena buah pisang mengandung kalium sekitar 4673 mg, tapi sangat rendah sodium 1 mg, dengan demikian buah pisang memiliki rasio sempurna dalam mencegah tekanan darah tinggi.

Menjaga Tubuh Terhidrasi dengan Buah Pisang

Bagaimana makanan padat dapat membantu hidrasi? Potasium memunuyai peran dengan mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh, khususnya elektrolit yang hilang (seperti sodium, magnesium, kalsium, dan potasium) setelah aktivitas fisik yang banyak menguras keringat. 

Aktivitas fisik dengan intensitas sedang sampai tinggi dapat menyebabkan perubahan selular kecil pada potasium. Oleh karena itu, merujuk kepada  International Society of Sports Nutrition, para atlet selalu didorong untuk mengonsumsi makanan kaya kandungan potasium agar mampu melawan ketidakseimbangan yang tidak terjadi, dan itu ada pada buah pisang.

Itulah tadi manfaat pisang untuk pria dan bagi ibu hamil. Semoga dapat bermanfaat dan memberi sedikit tambahan wawasan buat para pembaca.

Baca juga Kegunaan Pisang yang lain.

 494 total views,  3 views today