Bagaimana Jika gigi tumbuh miring?

Tahukah apa penyebab gigi tumbuh miring? Dari beberapa artikel yang saya baca, ternyata penyebab gigi tumbuh miring itu karena banyaknya gigi yang tumbuh di rongga mulut, sehingga menyebabkan ruang gusi menjadi semakin sempit dan hanya menyisakan sedikit ruang untuk pertumbuhan gigi bungsu atau gigi yang paling akhir. ‘

Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan pertumbuhan gigi tumbuh miring. Biasanya orang yang mengalami tumbuh gigi miring mengalami gejala nyeri, atau demam, akibat pembengkakan gusi.

Menurut laman halodoc yang ditulis oleh dr. Rizal Fadli, gigi bungsu yang tumbuh miring memiliki risiko adanya infeksi. Sehingga satu-satunya cara untuk mengatasinya yakni dengan cara mencabut gigi bungsu yang tumbuhnya miring tersebut melalui operasi.

Prosedur ini sering disebut dengan operasi gigi bungsu. Gigi bungsu yang tumbuh miring disebut impaksi gigi bungsu dalam istilah medis.

gigi tumbuh miring

Apa sih gigi bungsu itu?

Gigi bungsu biasanya muncul terakhir pada bagian geraham setelah gigi-gigi yang lain tumbuh permanen. Umumnya gigi ini tumbuh di usia sekitar 18 hingga 20 tahunan akhir.

Karena tumbuhnya paling terakhir, gigi bungsu sering membawa rasa sakit. Penyebabnya adalah tatanan gusi yang terdapat pada rahang sudah permanen, sementara rahang tidak lagi mengalami pertumbuhan untuk memberikan tempat untuk gigi bungsu.

Sehingga kemunculan gigi bungsu menjadi sangat menyakitkan karena menyempil di sela-sela geraham yang ada.

Masalah yang sering di hadapi pada gigi bungsu

Setiap orang tidak memiliki rahang yang besar, sehingga untuk beberapa orang kerap mengalami masala saat tumbuhnya gigi bungsu. Beberapa masalah diantaranya adalah sebagai berikut:

Bernanah

Biasanya dikenal dengan abses gigi. Gusi bernanah dapat menimbulkan komplikasi terhadap kondisi kesehatan. Nanah yang muncul pada gigi atau gusi dapat menyebar ke bagian rahang, lalu ke leher, atau ke bagian kepala, dan ke bagian tubuh lainnya. Jika sudah begini, seseorang menjadi rentan terserang penyakit.

Patah

Gigi bungsu juga bisa mengalami patah seperti gigi lainnya. Penyebab patahnya gigi bungsu dapat bermacam-macam, namun umumnya terjadi akibat gigi bungsu yang mengalami keropos atau mengalami kerusakan. Gigi keropos atau gigi yang sudah rusak biasanya disebabkan oleh perawatan gigi dan gusi yang kurang baik.

Nyeri

Gigi bungsu yang tumbuh di area yang sempit dapat menimbulkan rasa nyeri. Apalagi jika mengalami impaksi atau gigi yang tumbuh miring. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan gigi menyesuaikan dengan lokasi sempit yang ada pada rongga mulut.

Tips Meredakan Nyeri saat tumbuh gigi bungsu

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh rasa sakit ketika tumbuh gigi bungsu. Meskipun begitu tips di bawah ini hanya bersifat sementara, jika sakit berlanjut hubungi dokter.

  1. Kumur dengan Air garam – air garam dapat membantu meredakan infeksi akibat bakteri yang menumpuk di sekitar gigi bungsu. Jadi, jika kamu mengalami nyeri pada gigi, kamu bisa mencoba meredakan rasa nyeri akibat infeksi gigi bungsu dengan cara berkumur menggunakan air garam.
  2. Kompres dengan air dingin atau hangat – mengompres menggunakan air hangat dapat memperlebar pembuluh dan melancarkan aliran darah di area yang mengalami infeksi. Sementara mengompres dengan air dingin dapat meredakan peradangan dan pembengkakan. Sebaiknya lakukan secara bergantian selang 15 menit.
  3. Minum Pereda Nyeri – Obat pereda nyeri sepeti ibuprofen atau paracetamol dapat menjadi solusi untuk meredakan nyeri sementara. Meski dapat meredakan nyeri dan bengkak, obat nyeri ini hanya memberi efek sementara saja. Artinya, kamu tetap perlu memeriksakan diri ke dokter gigi. 

 581 total views,  1 views today

Leave a Reply