3 Tahapan Payroll dengan Aplikasi Payroll

Diposting pada
85 / 100 Skor SEO

Pernahkah mendengar aplikasi payroll? Gaji adalah hak karyawan yang harus diterima setiap bulannya. Untuk memenuhi hak karyawan, HRD melakukan pengelolaan gaji beberapa tahapan yang tersusun runtut dan sistematis dengan integrasi antar komponen gaji.

Aplikasi Payroll dapat mengelola komponen payroll yaitu; gaji pokok, tunjangan transportasi, tunjangan makan, BPJS, jaminan pensiun dan lain sebagainya. Tahapan yang cepat membuat kinerja HRD jauh lebih efektif dan efisien. Di samping itu, karyawan juga akan menerima gaji mereka dengan tepat waktu. 

Aplikasi Payroll

Tahapan Payroll Bulanan dengan Aplikasi Payroll

Tahapan penggajian atau payroll setiap bulan cukup beragam pada setiap perusahaan tergantung dengan kebijakan dan peraturan. Berikut adalah tahapan dalam payroll bulanan yang biasanya dilakukan dalam sebuah perusahaan:

Baca Juga: Manfaat Payroll Outsourcing

Hitung Reimbursement dan Lembur

Tak jarang pekerjaan mengharuskan karyawan untuk bepergian ke luar kota dan menggunakan uang pribadi untuk beberapa keperluan. Contohnya adalah uang pulsa untuk keperluan bisnis dan biaya penginapan saat karyawan melakukan perjalanan dinas. Biaya-biaya yang harus ditalangi oleh karyawan sebelumnya tersebut masuk ke dalam reimbursement.

Ada masanya juga ketika job load karyawan tergolong banyak sehingga hari itu karyawan harus melakukan lembur. Karyawan yang lembur akan menerima uang lembur di periode gaji berikutnya. Tak semua perusahaan memberlakukan cara pembayaran reimbursement dan lembur dengan cara yang serupa.

Beberapa perusahaan yang membayarkan uang lembur dan reimbursement secara terpisah dari payroll.

Hitung jam kehadiran

Karyawan yang datang atau hadir tepat waktu akan menerima upah yang sesuai. Beberapa perusahaan juga memberlakukan kebijakan tunjangan kehadiran tergantung jabatan dan posisi karyawan di perusahaan.  Data kehadiran dan pulang karyawan tersimpan pada sistem absensi yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi payroll.

Proses payroll

Tahapan paling akhir adalah proses payroll. Setelah melakukan pemilihan terhadap komponen yang berasal dari payroll data source, selanjutnya akan dilakukan proses perhitungan payroll. Setelahnya HRD akan mengirimkan gaji ke nomor rekening karyawan. Nomor rekening miliki karyawan yang berbeda-beda dilihat melalui fitur menu bank.

Ada dua tipe proses payroll secara general, yaitu:

  1. Standar untuk bulan berjalan
  2. Rapel untuk periode yang telah lewat

Mudah bukan tahapan-tahapan di atas? Cara payroll manual tidak bisa memfasilitasi tahapan payroll di atas.  Jika dapat merasakan kemudahan tahapan payroll yang akurat dan cepat, untuk apa menghabiskan waktu berkutat dengan payroll manual? Lebih baik beralih ke aplikasi payroll !

Tentunya kemudahan tahapan di atas membuat Anda ingin merasakannya di perusahaan. LinovHR hadir untuk keperluan perusahaan dalam penyediaan aplikasi payroll.

Sebelum mendapatkan aplikasi payroll, sebaiknya lakukan konsultasi mengenai kebutuhan perusahaan bersama tim Linov HR dengan menghubungi 0812 9368 0442 atau website@linovhr.com. Yuk, coba gratis Aplikasi Payroll sekarang juga!

 494 total views,  3 views today

Gambar Gravatar
Hadi Kurniawan adalah nama lengkap dari pemilik blog ini. Berprofesi sebagai guru di Kab. Musi Rawas Utara. Seorang penyendiri yang tak lagi sendiri. Dapat dihubungi di hadisujatman@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *