Apakah Kegunaan Solar Cell?

Diposting pada
90 / 100 Skor SEO

Tahukah apa kegunaan solar cell? Penggunaan solar cell memang belum begitu masif di Indonesia. Bahkan, pemanfaatan energi surya di Indonesia baru sebesar 0,05% dari potensi yang ada.

Padahal Indonesia berada di garis khatulistiwa, di mana sinar matahari di Indonesia sangat melimpah. Jadi apabila kegunaan solar cell dapat dilakukan secara maksimal, dapat memberikan banyak manfaat untuk masyarakat.

Mengingat matahari selalu bersinar sepanjang tahun, sehingga sangat optimal sekali jika masyarakat Indonesia menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Baca juga: Mengenal Panel Surya dan Manfaatnya

Apa Arti Solar Cell?

kegunaan solar cell

Solar Cell adalah sebuah komponen yang biasa digunakan untuk mengubah energi dari cahaya matahari menjadi energi listrik menggunakan prinsip yang disebut dengan efek photovoltaic. Efek photovoltaic adalah fenomena di mana munculnya tegangan listrik karena timbulnya hubungan dari dua elektroda. Efek photovoltaic ini ditemukan pertama kali oleh Henri Becquerel (wikipedia.org) pada tahun 1839.

Energi listrik yang telah diproduksi biasanya dapat digunakan untuk kebutuhan listrik, bahkan ada pula yang disimpan dulu dengan baterai.

Cara kerja sistem panel bertenaga matahari ini tetap dapat berjalan meski keadaan sore, malam hari maupun hujan sekalipun karena menggunakan bantuan baterai tersebut. 

“Ada kabel yang masuk ke panel listrik rumah. Karena panel surya terintegrasi ke panel listrik rumah, otomatis ketika ada konsumsi listrik dari barang elektronik, misalnya nyalain TV, atau AC, maka tenaga listrik diambil dari panel surya dulu

Komponen Solar Cell

Ada 4 komponen utama solar cell, yakni sebagai berikut:

  • Solar Panel
  • Controller Solar Panel
  • Baterai
  • Inverter

Solar Panel

Solar Panel merupakan sebuah alat yang terdiri dari sel surya berfungsi untuk mengkonversikan cahaya matahari menjadi energi listrik yang bermuatan DC. Ada 3 buah tipe solar panel, yaitu:

  1. Solar Panel Monocrystallin
  2. Solar Panel Polycrystallin
  3. Solar Panel Thin Film

Controller Solar Panel

Controller Solar Panel adalah sebuah komponen yang berada di dalam sistem PLTS, komponen ini berfungsi sebagai pengatur arus listrik, baik terhadap arus yang masuk dari panel maupun arus beban keluar.

Solar Controller terbagi menjadi 2 type yaitu:

  1. PWM
  2. MPPT

Baterai

Baterai merupakan alat penyimpan tenaga alur listrik yang searah. Ada beberapa jenis baterai yang dikenal di Indonesia, yaitu:

  1. Aki basah/ konvensional,
  2. Aki MF ( Maintenance Free ) / Kering.
  3. Aki VRLA ( Valve Regulated Lead Acid )
  4. Aki Lithium

Inverter

Inverter merupakan rangkaian elektronika daya yang dipakai untuk mengubah tegangan searah (DC) menjadi tegangan bolak-balik (AC). Dengan kata lain, inverter adalah kebalikan dari adaptor yang memiliki fungsi untuk mengubah tegangan bolak-balik (AC) menjadi tegangan searah (DC).

Inverter pada umumnya terbagi menjadi 4 type yaitu :

  1. Inverter Modified Sine Wave
  2. Inverter Square Sine Wave
  3. Inverter Pure Sine Wave
  4. Inverter Grid Tie

Kegunaan Solar Cell

Ada beberapa keguanaan solar cell yang perlu diketahui.

  • Hemat Bahan Bakar – Karena bahan utamanya adalah cahaya matahari, maka penggunaan solar cell ini dapat dipastikan hemat biaya.
  • Individual – karena dapat diterapkan secara sentralisasi dan dapat didistribusikan ke tempat-tempat yang benar-benar dibutuhkan, maka sistem tersebut tidak memerlukan jaringan distribusi
  • Dapat dipasang di mana saja – jadi gampang dipindahkan sesuai dengan kebutuhan.
  • Bersifat Moduler – artinya kapasitas listrik yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan cara merangkai modul secara seri dan pararel.

Keunggulan Panel Surya

  1. Keunggulan menggunakan panel surya memanfaatkan energi matahari, dan matahari adalah sumber energi yang paling berlimpah di bumi.
  2. Panel surya termasuk ramah lingkungan karena tidak memancarkan emisi gas rumah kaca yang berbahaya, seperti karbon dioksida. Panel surya juga tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim.
  3. Banyak negara di dunia menawarkan insentif yang menguntungkan bagi pemilik rumah yang menggunakan panel surya, termasuk di Indonesia melalui GoSurya.co.id
  4. Masa pakainya mencapai sekitar 20 tahun jadi tidak kehilangan banyak efisiensi dalam masa pakainya.
  5. Hemat energi, keunggulan menggunakan panel surya selanjutnya ialah anda bisa menghemat energi karena dengan masa pakainya mencapai 25-30 tahun kedepan.

Harga Solar Cell

Lalu pertanyaan yang muncul adalah berapa harga solar cell? Berikut ini harga solar cell berdasarkan marketplace.

iprice.co.id –

iprice.co .id

Tokopedia

tokopedia

Shopee

shopee

 2,631 total views,  2 views today

Gambar Gravatar
Hadi Kurniawan adalah nama lengkap dari pemilik blog ini. Berprofesi sebagai guru di Kab. Musi Rawas Utara. Seorang penyendiri yang tak lagi sendiri. Dapat dihubungi di hadisujatman@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *