5 Cara Mendapatkan Bitcoin yang Perlu Diketahui Pemula

Mata uang crypto seperti Bitcoin saat ini menjadi pilihan investasi yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan investasi Bitcoin berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Tidak salah jika kemudian investasi Bitcoin banyak dilirik masyarakat luar negeri maupun Indonesia.

Meski menawarkan keuntungan yang besar tetapi Anda tidak bisa begitu saja terjun dalam investasi ini. Sebagai pemula diharuskan untuk lebih dahulu memahami cara kerja investasi ini. Selain itu, juga harus tahu bagaimana cara memulai trading Bitcoin. Dibawah ini akan dibahas mengenai cara mendapatkan Bitcoin.

5 Cara Mendapatkan Bitcoin yang Perlu Diketahui

Inilah cara untuk mendapatkan Bitcoin bagi pemula:

Pahami Risiko Trading Bitcoin

Gambar 1 Investopedia.com

Sebelum memutuskan untuk investasi mata uang crypto seperti Bitcoin, Anda diharuskan untuk mempelajari serta memahami risikonya. Bagi pemula di dunia investasi, aset Bitcoin dinilai lebih cocok dipilih karena memiliki kapitalisasi pasar yang besar dan juga lebih mapan.

Meski harga Bitcoin fluktuatif namun kerangka peraturannya lebih jelas dibandingkan dengan mata uang digital lainnya. Dengan begini maka bisa membantu meminimalisir risiko di masa depan. Bitcoin itu sendiri menjadi aset crypto yang paling likuid sehingga mudah untuk diperjualbelikan.

Meski begitu, Anda harus bisa mengatur batas. Jangan sampai melakukan investasi Bitcoin dengan nilai investasi yang lebih besar dengan kemampuan finansialnya. Harga Bitcoin saat ini sendiri berada di angka $44,274.

Lihat Prospek Jangka Panjang

Bagi pemula di investasi Bitcoin, tidak disarankan untuk trading Bitcoin Harian. Alasannya karena sifat Bitcoin mudah berubah sehingga harganya fluktuatif atau naik dan turun secara drastis dalam beberapa hari.
Melihat kondisi ini harusnya bisa dijadikan pelajaran untuk pemula supaya tidak terjebak dalam kasus “panic selling”atau “panic buying”.

Terlebih lagi jika harga Bitcoin turun drastis secara tiba-tiba sehingga sangat merugikan. Maka dari itu, sebagai pemula bisa mencoba untuk melakukan investasi Bitcoin untuk jangka panjang.

Jangan Membeli Bitcoin Hanya Saat Harganya Turun

Gambar 2 Blocknewsafrica.com

Sebagai investasi yang memberikan peluang besar untuk mendapatkan banyak keuntungan, membuat banyak anggapan yang salah mengenai investasi Bitcoin. Salah satunya yaitu jika ingin sukses trading crypto Bitcoin maka harus menerapkan prinsip buy low dan sell high. Prinsip ini dilakukan dengan harapan bisa mendapatkan untuk atau mendapatkan banyak uang. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Harga Bitcoin turun biasanya disebabkan oleh alasan tertentu yang berkaitan dengan kondisi pasar. Supaya Anda bisa mendapatkan uang maka dapat memulai trading Bitcoin dengan nominal yang kecil. Seiring berjalannya waktu nominal uang yang diperdagangkan bisa ditingkatkan secara bertahap ketika profit sudah meningkat.

Manajemen Risiko dengan Diversifikasi Aset Kripto

Apakah Anda pernah mendengar istilah “jangan menaruh telur dalam keranjang yang sama”? Istilah ini ternyata berlaku dalam investasi mata uang crypto. Jangan sekali-kali menaruh semua uang dalam satu aset saja, sebaiknya melakukan diversifikasi portofolio.

Diversifikasi portofolio berarti memasukkan uang ke aset kripto yang berbeda sehingga tidak hanya investasi Bitcoin saja. cara ini tidak hanya berpotensi untuk mendatangkan untung yang maksimal tetapi strategi ini dinilai bisa mengurangi risiko.

Dengan begini maka Anda masih memiliki cadangan apabila sewaktu-waktu ada satu aset yang performanya sedang menurun.

Aktifkan Fitur Beli Otomatis

Gambar 3 Au.finance.yahoo .com

Salah satu kesulitan yang biasanya dialami oleh pemula adalah membaca pergerakan pasar. Selain itu, juga kesulitan membaca arah bergeraknya Bitcoin dan masih bingung bagaimana caranya menentukan entry level. Namun, kesulitan-kesulitan tersebut tidak lagi dialami karena sudah ada platform exchange yang menyediakan fitur beli berulang secara otomatis.

Salah satu platform exchange yang menyediakan fitur beli otomatis adalah Indodax. Keberadaan fitur ini akan membuat Anda bisa mendapatkan jumlah lebih banyak ketika nilai Bitcoin berkurang sehingga keuntungan yang diperoleh lebih besar.

Selain kelima cara mendapatkan Bitcoin diatas, Anda juga harus lebih teliti dalam memilih platform jual beli cryptocurrency yang aman dan percaya. Indodax menjadi platform jual beli cryptocurrency yang direkomendasikan. Indodax menyediakan banyak fitur, seperti keamanan two factor authentication, trading, deposit dan withdraw yang mudah, analisis chart, stop loss dan sebagainya.

Bagi Anda yang ingin investasi mata uang Crypto seperti bitcoin tetapi belum tahu bagaimana caranya mining bitcoin. Tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan ilmunya di Indodax. Indodax menyediakan kanal edukasi yang bernama Indodax Academy yang bisa dimanfaatkan untuk belajar. Setelah memahami investasi ini bisa melakukan pembelian ataupun penjualan di Indodax, baik melalui website resmi atau di aplikasi mobile.

 419 total views,  3 views today

Leave a Reply