5 Cara Memutihkan Gigi

Gigi menjadi bagian tubuh yang berpengaruh pada penampilan. Mengingat, gigi akan selalu terlihat saat berbicara dan tersenyum. Banyak orang yang kurang percaya diri jika giginya tampak berwarna kuning. Maka dari itu banyak orang yang rela melakukan berbagai perawatan agar giginya kembali putih .

Gigi kuning memang kerap menganggu penampilan. Namun tahukah ternyata kita bisa diputihkan kembali loh dengan cara sederhana asalkan dilakukan dengan rutin. Berikut 5 cara memutihkan gigi.

Rajin sikat gigi dan flossing

Sikat gigi adalah kunci dari kebersihan mulut dan gigi. Karena itu menyikat gigi merupakan hal penting untuk mencegah warna gigi menjadi kuning. Paling tidak kita harus menyikat gigi dua kali sehari dan menyikatnya secara menyeluruh hingga ke sela-sela gusi.

Selain menyikat gigi, melakukan flossing juga termasuk penting. Flossing adalah membersihkan gigi dengan benang gigi. Melakukan flossing setelah makan berguna untuk menghilangkan sisa makanan yang ada di sela gigi, serta mencegah timbulnya plak yang dapat merusak gigi.

Ubah pola makan

Tahukah kamu jika beberapa makanan dan minuman seperti kopi, dan jus juga bisa menodai gigi. Makanan asam dapat membuat gigi kuning dan mengisik enamel gigi.

Maka dari itu, selalu menyikat gigi sekitar 30 menit setelah makan dapat membantu mencegah kerusakan gigi. Tapi, jangan terlalu terburu-buru menyikat gigi karena dapat menyebabkan kerusakan.

Mengurangi asupan gula juga penting, karena makanan manis dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri yang hanya menyebabkan timbulnya plak dan meradangkan gusi.

Sebaiknya kosumsi makanan yang kaya akan kalsium, seperti susu, keju, brokoli, dan sebagainya. Makanan yang tinggi kalsium dapat melindungi gigi dari erosi email gigi. Dengan begitu, gigi bisa tetap sehat dan terlihat putih.

Berhenti merokok

Buat perokok aktif, waspadai gigi dapat berubah kuning. Maka berhenti merokok adalah salah satu cara untuk membuat gigi tetap putih.

Noda kuning pada gigi akan muncul pada perokok karena pengaruh bahan kimia yang terkandung di rokok, yaitu nikotin dan tar.

Nikotin sebetulnya adalah zat yang tidak berwarna. Namun, ketika telah bersinggungan dengan oksigen, maka zat ini akan berubah menjadi kuning.

Menyikat gigi dengan soda kue

Sikat Gigi secara Teratur

Dilansir dari Healthline, ternyata soda kue memiliki sifat pemutih alami, tak heran jika soda kue ini menjadi salah satu bahan yang digunakan pada pasta gigi.

Namun, tentu saja soda kue tidak bekerja begitu saja, seperti sihir yang langsung mampu memutihkan gigi dalam semalam. Menggosok gigi menggunakan soda kue akan terlihat hasilnya setelah digunakan secara konsisten secara berkala.

Untuk menggunakannya, cukup mencampurkan satu sendok teh soda kue dengan dua sendok teh air. Lalu, gunakan secara rutin hingga beberapa minggu.

Periksa Gigi secara Rutin

Pemeriksaan gigi yang teratur setiap enam bulan sekali dapat menghilangkan noda kuning di gigi dalam jangka panjang. Dengan cara berkonsultasi kepada dokter yang tepat mengenai cara merawat gigi agar senantiasa putih juga penting.

Untuk noda yang sulit dihilangkan dengan cara tradisional, maka hal yang paling mungkin dilakukan harus menjalani pembersihan gigi dengan bantuan dokter gigi. Dengan pembersihan gigi secara rutin melalui dokter gigi, berbagai masalah pada gigi pun dapat dicegah. 

Demikian 5 cara memutihkan gigi yang dapat dicoba. Selain yang telah tersebut di atas, kita juga dapat memutihkan gigi dengan cara tradisional, yakni menggunakan arang, karena arang sifatnya abrasive dan dapat menyerap noda pada gigi.

Baca juga cara membersihkan karang gigi.

 803 total views,  1 views today

Leave a Reply