4 Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Untuk Kelola Keuangan Bisnis

Dalam menjalani sebuah bisnis, mengatur dan mengelola keuangan tentu menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh suatu perusahaan. Seperti yang kita semua ketahui, keuangan yang dimiliki oleh perusahaan akan menentukan keberlangsungan dari jalannya sebuah perusahaan. Karena hal ini akan berhubungan langsung dengan untung rugi yang akan dialami oleh perusahaan. Maka dari itu, dalam mengelola keuangan, perusahaan tidak boleh melakukannya secara sembarangan.

Dalam melakukan pengelolaan keuangan bisnis, saat ini banyak perusahaan yang sudah memanfaatkan aplikasi akuntansi. Aplikasi ini sendiri dapat mempermudah perusahaan dalam upaya pengelolaan dan pengaturan keuangan yang ada di perusahaan dengan lebih efektif dan efisien.

Untuk mengetahui rekomendasi aplikasi akuntansi terbaik untuk pengelolaan keuangan bisnis, simak penjelasan artikel berikut sampai tuntas ya!

Apa Itu Aplikasi Akuntansi?

Aplikasi akuntansi adalah sebuah sistem yang dibuat dan dirancang secara khusus untuk mempermudah jalannya suatu bisnis dalam mengolah proses perhitungan yang berkaitan dengan akuntansi, mulai dari mengumpulkan data transaksi, hingga membuat laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat melalui perangkat seperti komputer, tablet, dan smartphone.

Melalui aplikasi ini, proses akuntansi yang panjang dan rumit akan diubah menjadi lebih mudah untuk dimengerti dan dioperasikan dengan biaya yang jauh lebih murah.

Penggunaan dari aplikasi akuntansi sendiri memiliki tujuan bagi perusahaan agar dapat memudahkan penyusunan laporan keuangan yang meliputi neraca (balance sheet), laba rugi (profit loss statement), cash flow, hingga laporan akhir.

Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Terbaik

Aplikasi Akuntansi

Adapun beberapa rekomendasi aplikasi terbaik yang dapat digunakan oleh perusahaan, di antaranya adalah sebagai berikut.

RedERP

Rekomendasi aplikasi akuntansi yang pertama adalah software akuntansi RedERP. Software RedERP sendiri memiliki berbagai macam fungsi yang dapat membantu operasional perusahaan agar menjadi lebih baik, salah satunya adalah terkait dengan proses akuntansi.

Software akuntasi RedERP menawarkan beragam macam solusi yang dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan pengelolaan keuangan agar menjadi lebih terukur dan termonitor dengan optimal.

Tidak hanya itu, aplikasi RedERP juga dapat membantu perusahaan dalam meminimalisir terjadinya kesalahan seperti human error hingga fraud.

Wave

Wave adalah salah satu aplikasi akuntansi yang dapat digunakan secara gratis. Aplikasi satu ini sangat cocok bagi bisnis yang berskala kecil. Namun, fitur-fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini tidak selengkap dengan aplikasi lainnya yang berbayar.

SAP

SAP adalah aplikasi akuntansi yang berasal dari negara Jerman dan sudah cukup terkenal di Indonesia. Software ini sendiri merupakan aplikasi yang sudah berbasis cloud dengan menawarkan berbagai macam kemudahan dalam melakukan manajemen keuangan yang terdapat di perusahaan.

MYOB (Mind Your Own Business)

MYOB merupakan salah satu aplikasi akuntansi terbaik yang ada di negara Australia. Uniknya, aplikasi satu ini cocok untuk digunakan pada berbagai macam skala bisnis, mulai dari skala kecil, menengah, hingga besar. 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Akuntansi untuk Bisnis

Berikut adalah beberapa keuntungan dalam menggunakan aplikasi akuntansi untuk bisnis.

  • Meminimalisir terjadinya kesalahan dalam perhitungan seperti human error
  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan
  • Memudahkan perusahaan dalam melakukan pemantauan terhadap pasar global
  • Memudahkan perusahaan dalam membuat dan mengolah laporan keuangan secara cepat dan praktis
  • Memudahkan staf perusahaan dalam melakukan perubahan atau perbaikan yang diakibatkan dengan adanya kesalahan dalam melakukan penginputan data

Itulah informasi mengenai rekomendasi aplikasi akuntansi yang perlu kita ketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kita!

 539 total views,  1 views today

Leave a Reply