Pemanfaatan Tanah Wakaf yang Baik - Hadi Ku
News Update
Loading...

Friday, 18 October 2019

Pemanfaatan Tanah Wakaf yang Baik

Wakaf tanah
@literasizakatwakaf


Pemanfaatan tanah wakaf termasuk jenis wakaf harta yang tidak bergerak sesuai dengan UU Pasal 16. Dalam Pasal 16 UU No 41 Tahun 2004 menyatakan, ada dua jenis harta yang bisa diwakafkan yaitu benda yang bergerak; dan benda yang tidak bergerak. Benda yang bergerak dapat diartikan sebagai harta benda yang tidak akan habis dikonsumsi, meliputi uang, logam mulia, surat berharga, kendaraan,  hak atas kekayaan intelektual, hak sewa, Saham, dan benda bergerak lain yang sesuai dengan ketentuan syariah dalam peraturan perundang-undangan yang masih berlaku. Sedangkan benda yang tidak bergerak meliputi  tanah dan bangunan.

Badan Wakaf Indonesia (BWI) telah mencatat data saat ini terdapat 430 hektar tanah hasil wakaf yang tersebar di seluruh Indonesia. Potensi kapitalisasinya bisa mencapai sekitar 2000 triliun rupiah.  Kebanyakan tanah-tanah wakaf tersebut dimanfaatkan hanya sebatas pendirian tempat ibadah seperti masjid atau sebagai tempat makam.  Padahal sebenarnya tanah hasil wakaf dapat dimanfaatkan dalam beberapa hal sehingga menjadi wakaf produktif yang dapat bermanfaat bagi kepentingan umat. Karena sebagian besar tanah wakaf saat ini masih dikelola oleh nazhir yang belum cukup  professional.

Manfaat Wakaf Bagi Diri Sendiri

@literasizakatwakaf


Ketika kita memutuskan untuk menjadi wakif, mungkin muncul pertanyaan dalam benak tentang apa saja sih manfaatnya? Maka untuk menjawab pertanyaan tersebut diperlukan sedikit waktu untuk merenung. Bahwa pada dasarnya manfaat wakaf bagi diri sendiri dapat kita rasakan ketika harta yang kita wakafkan berguna untuk kepentingan umat.

Nah, dari sini kita dapat menarik satu benang merah bahwa ketika kita memutuskan untuk menjadi wakif , artinya ini adalah cara kita untuk menyedekahkan sebagian harta yang kita miliki dengan tujuan membantu kepentingan umum dan umat. Dari tujuan ini saja kita sudah akan mendapatkan amalan. Karena kita telah menjalankan kegiatan yang sesuai dengan syariat Islam.

Untuk itu ada beberapa manfaat wakaf bagi diri sendiri diantaranya: bermanfaat umum, dengan kata lain manfaat dari wakaf yang kita berikan dapat dirasakan  oleh masyarakat pada saat wakaf yang telah kita berikan digunakan untuk membantu kepentungan umum.



Membantu saudara kita yang mengalami kesusahan, dengan bantuan pemberian wakaf dari kita, saudara-saudara kita yang sedang kesusahan dapat mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Maka manfaat wakaf bagi diri sendiri berikutnya adalah mempererat tali persaudaraan, biasanya kerap terjadi kesenjangan social antara si kaya dan si miskin, sehingga dengan melakukan wakaf, kita bisa menjalin keakraban antar masyarakat. Yang artinya manfaat wakaf selanjutnya adalah mengurangi perselisihan, adanya masalah kesenjangan kadang-kadang malah membuat timbulnya perasaan iri atau ingin memiliki harta yang sama dalam bermasyarakat. Hal ini tentu  saja tidak bisa dibenarkan, sebab Allah SWT telah memberikan rejeki sesuai dengan ukuran dan takaran yang berbeda-beda. Sehingga dengan melakukan wakaf, hubungan antara masyarakat dapat lebih seimbang.

Selain itu, dengan menjadi wakif akan menyadarkan kita bahwa harta yang kita miliki ini tidaklah kekal, sebab ada sebagian harta orang lain dari sebagian harta yang kita miliki. Dengan menjadi wakif juga akan membuat kita belajar memunculkan jiwa sosial demi tujuan yang lebih baik.

Berikut ini Contoh Pemanfaatan Tanah Wakaf yang Baik

Dalam proses menjadikan suatu wakaf ke dalam bentuk wakaf produktif, memang sangat erat kaitannya dengan peran dari pengelola wakaf (Nazhir). Karena, berfungsi atau tidaknya suatu wakaf  sangat bergantung pada kemampuan nazhir dalam mengelolanya.

Selama ini tanah yang diwakafkan oleh seseorang biasanya dimanfaatkan untuk pembangunan masjid atau makam saja. Namun, jika nazhir memiliki kompetensi yang mumpuni, tanah yang diwakafkan dapat dijadikan sebagai wakaf produktif dalam bentuk yang lain, sebagai sarana untuk menghasilkan keuntungan. Tanah yang telah diwakafkan dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan beberapa aspek, seperti aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

Sosial

Misalnya dengan memberikan bantuan berupa daging, akan membantu masyarakat yang kurang mampu, supaya mendapatkan asupan gizi daging yang sehat.

Pendidikan

Pembangunan sekolah-sekolah yang dikhususkan untuk anak yang kurang mampu sekaligus membantu tujuan Bangsa Indonesaia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. 


Anak-anak tersebut dapat memperoleh mendidikan yang layak serta dapat tersenyum bahagia karena bisa sekolah.


Ekonomi

Misalnya dengan cara membuat suatu bangunan yang dapat dimanfaatkan sebagai tujuan investasi seperti: membangun Warung Kuliner, Ruko, atau Hotel Syariah, yang nantinya dapat disewakan sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang dapat digunakan untuk pengamanan asset wakaf atau untuk tujuan pemenuhan kebutuhan lainnya.  
 

Kesehatan

Sebagai salah satu upaya membantu umat manusia dalam aspek kesehatan, wakaf tanah dapat juga digunakan untuk membangun Rumah Sakit. Betapa banyak pasien kurang mampu yang kemudian dapat terbantu dengan adanya pembangunan Rumah Sakit.


Tata Cara Berwakaf

Menurut hemat saya untuk melakukan wakaf yang harus kita lakukan adalah menghadap Nazhir (pengelola wakaf) untuk  pembuatan akta ikrar wakaf  di hadapan Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf yang selanjutnya akan kita sebut dengan PPAIW.

Lalu Ikrar wakaf dilaksanakan oleh wakif kepada Nazhir di hadapan PPAIW yang membutuhkan saksi sekitar dua atau tiga orang. Ikrar  tersebut kemudian dinyatakan  dalam bentuk tulisan atau cukup hanya secara lisan yang dituangkan dalam Akta Ikrar Wakaf (AIW) yang akan disampaikan oleh PPAIW.

Selanjutnya PPAIW akan menyampaikan AIW kepada Departemen Agama (Depag) dan Badan Wakaf Idnoensia (BWI) yang tujuannya untuk memuat register umum wakaf pada BWI. Kemudian dilakukan peninjauan apakah uang yang akan diwakafkan atau tanah wakaf benar-benar dalam keadaan tuntas, dalam arti bebas dari sengketa atau ikatan siapapun.


Share with your friends

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done