Sawit Kuat Indonesia Hebat dengan Beberapa Fakta Kelapa Sawit - Hadi Ku
News Update
Loading...

Sunday, 1 September 2019

Sawit Kuat Indonesia Hebat dengan Beberapa Fakta Kelapa Sawit

Pixabay.com


Pemerintah kita saat ini sedang mencanangkan untuk melakukan peningkatkan dalam sector pariwisata. 

Katanya sih biar bisa menghasilkan devisa Negara lebih banyak dari selain sumber daya alam. Akan tetapi tidak bakal bisa dipungkiri kalau prospek industry pada kelapa sawit sampai saat ini masih menunjukkan tingkat yang cerah baik yang ada di pasar dalam negeri maupun di pasar dunia.  

Sehingga akan semakin berpotensi menjadi penghasil devisa Negara terbesar. Untuk itu agaknya harus ada peningkatan perawatan kelapa sait di Indonesia supaya dapat lebih menghasilkan panen yang lebih banyak, sehingga devisa Negara juga menjadi lebih meningkat. 

Dengan ketersediaan lahan dan perawatan yang mendukung, serta iklim yang baik, maka Indonesia akan memiliki peluang besar untuk menguasai pasar industry kelapa sawit dunia. 

Untuk itu kelapa sawit Indonesia harus kuat. Karena ketika kelapa sawit kuat maka Indonesia akan jadi hebat.




Tahukah kamu ada beberapa fakta yang menarik dari kelapa sawit? Berikut ini adalah fakta-fakta tentang kelapa sawit yang masih belum diketahui oleh banyak orang:

Satu-Satunya Tanaman Penghasil CPO dan CPKO Sekaligus

Kelapa Sawit adalah tanaman yang menghasilkan minyak lebih banyak jika dibandingkan dengan tanaman penghasil minyak yang lain. 

Oleh karena itu kelapa sawit mampu menghasilkan dua jenis minyak yang berbeda meskipun dari buah yang sama. Yaitu Crude Palm Oil (CPO) dan Crude Palm Kernel Oil (CPKO). 

CPO diambil dari pengepresan buah sawit, sedangkan CPKO diperoleh dari proses pengepresan inti sawit.

Penghasil CPO Dunia Terbanyak

Pada tahun 2008 lalu, Crude Palm Oil (CPO) dunia dihasilkan dari kelapa sawit. Indonesia adalah Negara terbanyak kedua setelah Malaysia yang tercatat memproduksi CPO dari kelapa sawit. 

Untuk itu pemerintah saat ini melakukan usaha peningkatan kualitas produksi kelapa sawit per hektarnya. Wah suatu usaha yang luar biasa nih. Semoga membuahkan hasil ya

Mampu Menghasilkan 3.8 Ton Minyak Nabati Pertahun

Pada setiap 1 hektar kebun kelapa sawit dapat menghasilkan 3,8 ton minyak nabati pertahun. 

Fakta ini cukup mencengangkan jika dibandingkan dengan kedelai yang hanya mampu menghasilkan 0,4 ton saja dalam setiap tahunnya. 

Padahal apabila ditinjau dari jumlah luas lahan produksinya, kebun kedelai merupakan yang paling besar.

Sumber Pendapatan dari 6 Juta Tenaga Kerja Indonesia yang Bekerja

Ada jutaan pekerja Indonesia yang menggantungkan mata pencahariannya dari sector kelapa sawit. 

Hal ini tersebar dari seluruh penjuru nusantara, dari Sabang sampai Merauke. Dari sini juga konon katanya kelapa sawit mampu mengentaskan kemiskinan dari 10 juta penduduk di Indonesia loh. 

Keren kan tuh?

Penghasil Devisa Negara Terbesar di Indonesia

Pada tahun 2015 terdapat data yang menyebutkan bahwa penermaan devisa Negara berasal dari kelapa sawit, yaitu sebanyak US$18,6 miliar. 

Kemudian meningkat lagi menjadi US$23 miliar di tahun 2017 yang setara dengan 300 triliun rupiah. Benar-benar kelapa sawit kuat Indonesia hebat nih!

40% Total Lahan Sawit di Indonesia Milik Rakyat

Belakangan ini banyak isu yang mencuat bahwa kelapa sawit di Indonesia terlalu banyak menguntungkan para pengusaha saja. 

Padahal semua itu tidak sepenuhnya benar. Karena terdapat data dari Dirjen Perkebnunan yang menyebutkan bahwa kepemilikan lahan kelapa sawit antara perusahaan dan rakyat hampir imbang. 

Ada selisih 10% lebih sedikit milik rakyat.

Nah sekarang kita sudah sama-sama tahu nih fakta-fakta tentang kelapa sawit. Postingan ini diikutkan dalam lomba yang diadakan oleh @sawitbaik.id dengan tema sawit kuat Indonesia hebat.


Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done