Menguasai Pelajaran Lewat Video Belajar - Hadi Ku
News Update
Loading...

Thursday, 23 May 2019

Menguasai Pelajaran Lewat Video Belajar


Mendapat pendidikan yang terbaik, tentu menjadi harapan dari setiap orang tua kepada siswa-siswinya. Untuk itu mereka tidak akan berhati-hati memasukkan siswa-siswinya ke sekolah yang memiliki kualitas terbaik, walaupun dengan biaya yang tidak murah. Hal itu dilakukan tentu agar siswa-siswinya mendapatkan pengajaran yang baik.
Namun demikian kualitas sebuah institusi pendidikan tidak hanya ditentukan dari besaran biaya yang dibutuhkan dalam mendidik mereka. Faktor yang paling penting adalah kualitas dari pengajar atau guru yang terkait. Dalam hal ini guru harus memiliki keterampilan belajar yang lebih kreatif.
Selain itu, institusi pendidikan juga baiknya memiliki kemampuan lebih dalam membuat media pembelajaran yang kreatif, agar merangsang siswa-siswi menyerap materi pelajaran lebih dalam. Sehingga siswa-siswi lebih nyaman dalam belajar dan cepat dalam memahami pengajaran yang diterimanya.  Salah satu media yang paling sering dipergunakan dalam kegiatan pengajaran adalah video.

Video Belajar dinilai dapat membuat siswa-siswi lebih mudah menangkap dan memahami materi pengajaran. Karena siswa-siswi lebih tertarik pada tayangan berbagai macam aksi, seperti suara, animasi dan juga teks dalam sebuah video. Selain itu kegiatan belajar melalui video tersebut juga mampu merangsang keterlibatan indera dari siswa-siswi, sehingga akan membuat mereka lebih cepat mengerti dengan materi yang diajarkan.
Berbeda ketika jika guru menggunakan metode atau cara berceramah atau membaca yang dilakukan oleh guru, yang biasanya hanya mengaktifkan sensor indera penglihatan dan indera pendengaran.
Kelebihan Video Belajar, adalah siswa-siswi dapat mengulang pembelajaran tersebut di rumah ketika mereka merasa belum paham dengan penyampaian yang disampaikan di sekolah. Meskipun misalnya ada siswa-siswi yang tertinggal pelajaran, ia bisa belajar melalui video pengajaran tersebut dengan memutarnya secara berulang-ulang hingga mereka faham.
Salah satu aplikasi yang menyajikan Video Belajar adalah Ruangguru. Di dalamnya terdapat ruang-ruang seperti Ruang Video, Ruang Les, Ruang Latihan, dan lain-lain. Video yang tersedia adalah video-video persiapan UN dan SBMPTN untuk kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA.
     Apa itu Ruangguru?
Ruangguru adalah sebuah aplikasi pendidikan di mana siswa mulai SD hingga jenjang SMA dapat belajar lebih mudah dengan antarmuka yang interaktif. Beberapa ruang belajar yang disediakan antara lain video belajar yang bisa diulang, layanan bimbingan belajar on-demand, tryout ujian online, dan lain-lain.
     Fitur Aplikasi Ruangguru
Layanan Ruangbelajarmenawarkan tempat belajar seluruh mata pelajaran atau tergantung paket yang dipilih. Di layanan ini siswa dapat mempelajari berbagai topik dan pembahasan baik dalam bentuk teori tulisan atau video. Masing-masing topik disusun berdasarkan kelas dan program pembelajaran pemerintah. Untuk versi gratis, Ruangguru hanya menyediakan satu sampai dua topik pembahasan lengkap dengan video.
     Cara mendaftar Ruangguru sangat mudah
1.    Kunjungi website Ruangguru di https://RuangGuru.com
2.    Klik menu ‘Daftar’ yang terdapat pada pojok kanan
3.    Pilih daftar sebagai murid
4.    Masukan data diri kamu secara lengkap
5. Ketika kamu sudah terdaftar kamu hanya tinggal memilih paket yang ada pada Ruangguru.


Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done