Skip to main content

Blog Review & Give Away Semangkuk Rendang di Negeri Paman Sam

Semangkuk Rendang di Negeri Paman Sam ini adalah peraih pemenang pertama dalam lomba Young Adult Locality Novel 2015 yang diselenggarakan oleh Universal NikkoDari judul kita bisa menemukan kata Rendang, artinya nuansa Minang sudah dapat ditebak, jadi wajar jika kita menemukan nuansa Minang yang kental di seluruh adegan. Termasuk penggunaan bahasa yang dipakai penulis, budayanya, adat, tapi jangan risau sodara-sodara, karena selalu ada catatan kaki di setiap dialog yang berbahasa Minang.

Semangkuk Rendang di Negeri Paman Sam

Bercerita tentang jungkir balik dunia Adit. 
Jungkir balik dunia Adit ini sangat rumit.  Ibunya meninggal saat  dia melahirkan Hanif, adiknya. Kemudian disusul dengan kepergian ayahnya akibat kecelakaan saat kerja. Belum lagi sang adik punya penyakit penurunan fungsi otak.  Pokoknya penuh drama banget. Itu juga masih ditambah pula dengan keadaan hidup yang serba pas-pasan, dikisahkan bahwa Adit mesti membiayai  kuliahnya senditi, makin menyedihkan waktu tau adiknya di kampung ditinggal sendiri karena nggak ada saudara yang mau mengurusinya.

Beh... saya nggak kebayang gimana kalau kejadian ini menimpa di kehidupan saya. hiks. 
***
Identitas Buku
Judul                                     :  Semangkuk Rendang di Negeri Paman Sam
Penulis                                 : Ryan Maulana
Editor                                   : Zya Verani dan Astuti Parengkuh
Penyelaras kata                 : Eva Sri Rahayu
Proofreader                       : Richa Miskiyya
The layouter                      : Fuan Fauzi
Desainer cover                  : Dadan Erlangga
Penerbit                              : Universal Nikko
Terbit                                    : Agustus 2018
Tebal                                     : 430 hlm.
ISBN                                      : 978-602-9458-24-4
***

Cara bertutur penulis dalam buku ini sangat lugas dan jelas. Saya suka dangan caranya bercerita. Semua deskripsi yang diciptakan oleh penulis tampak sangat nyata. Seperti keadaan kuliahnya, kejadian waktu KKN, eh kemudian dia cinlok.  Lalu, waktu dia harus kerja serabutan sebagai kuli untuk menyambung hidup. Semua cerita menyedihkan dan penuh drama itu diramu dengan gaya bahasanya yang apik, sehingga menjadi sangat dekat dengan pembaca.

Saya nggak berhenti ngebatin seraya bilang, behhh kasihannya. Dan itu terus berulang, tapi masih terus saya baca.

Adalah ketika saya membaca bagian cerita Adit yang mesti berurusan sama Uni-uni pemilik kontrakan kemudian berujung pada diusirnya Adit karena nggak bisa bayar bulanan. Lalu saat Adit ditinggal nikah sama Siti, padahal mereka sudah pacaran delapan tahun.

Ya pokoknya kasihan banget deh menurut saya. Tapi penulis menuturkannya dengan cara yang menarik, jadi lagi-lagi saya tetap penasaran buat ngerampungkan buku ini.

Banyak pesan moral yang bisa kita ambil dari buku Semangkuk Rendang di Negeri Paman Sam ini.  Kita bisa belajar cara menyayangi saudara yang hakiki dari kisah Adit dan Hanif, yang ternyata Hanif punya keahlian memasak rendang. Lalu Taufan sosok sahabat yang solid dan tanpa pamrih membantu Adit. Dan masih banyak cerita menarik lainnya, jadi kamu mesti baca.

****
Pengen dapetin buku ini secara gratis?
Nah, dalam blog tour kali ini, bakalan ada GiveAway buat pembaca postingan ini yang beruntung. Jadi buat kamu yang pengen membaca kisah seru Semangkuk Rendang di Negeri Paman Sam, ikutan langsung aja GiveAwaynya. Caranya gampang kok!
1. Peserta adalah WNI, dan harus tinggal di Indonesia.
2. Follow akun instagram  penulisnya @ryanadammaulana, dan penerbit @universalnikko. Follow saya sekalian juga boleh, nanti difolback @hd.kurniawan
3. Follow akun twitter @UNIVERSALNIKKO. Karena kamu harus bikin cuitan dengan tagar  #SemangkukRendangDiNegeriPamanSam
4. Tulis di kolom komentar nama akun instagram kamu, dan alasan kenapa kamu kok pengen banget baca buku ini.
Contoh: Hi, akun gue @hd.kurniawan, gue pengen buku ini karena kisahnya gue banget, gue abis ditinggal kawin mantan gue. Jadi kasih gue aja, Pls.

NOTES: GiveAway #SemangkukRendangDiNegeriPamanSam akan berlangsung di blog ini pada 27-30 Oktober 2018. Pemenang akan dipilih secara acak via www.random.org dan diumumkan sehari setelahnya. Jangan lupa ikutan. Tetap semangat, dan good luck, Guys!

Comments

  1. Hai, gue @dereizen (IG) @aa_muizz (Twitter). Gue pengin banget baca buku ini karena gue pengin ketularan semangat juang Adit. Gue juga pengin tahu adat Minang yang kayaknya glamor dan banyak aturan itu. Kayaknya lho ya. Karena gue belum tahu dan pengin tahu. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, gue juga pengin banget baca buku ini karena penulisnya cowok. Jarang banget baca novel yang penulisnya cowok selain novel sastra dan thriller.

      Delete
  2. Hai, kak Hadi. Kenalin, saya Hanat. Izin ikutan giveawaynya, ya!
    Akun Instagram saya @hanatfutuh dan sudah memfollow semua akun Instagram yang disebutkan di atas. Akun Twitter @hanatfutuh juga sudah memfollow akun twitter @universalnikko.

    Kenapa saya pingin baca buku Semangkuk Rendang di Negeri Paman Sam?

    Pertama, saya adalah bookholic. Saya hobi baca buku, terutama novel. Apapun novelnya, siapapun pengarangnya. Saya selalu menghargai setiap novel yang dilahirkan oleh penulis. Entah saya kenal dengan penulisnya ataupun tidak. Namanya juga hobi, tidak pandang bulu.

    Kedua saya adalah pencinta Rendang. Entah seminggu berapa kali, saya selalu makan rendang bersama nasi Padang. Makanya pas tahu ada giveaway buku dengan judul yang ada rendangnya, saya langsung dong tancap gas! Hehe

    Selain itu, saya memang sangat tertarik dengan novel tersebut. Saya membayangkan bagaimana perjalanan seorang Adit survive hidupnya, melewati cobaan demi cobaan. Saya jamin novel ini bakalan bikin saya baper berkepanjangan dan susah move on 😭 tapi begitu lah novel yang luar biasa bagi saya, novel yang mampu mempermainkan emosi pembaca.

    Saya juga sangat senang sekali mendengar cerita tentang rendang dan Minang. Dulu saya pernah membaca sebuah cerita pendek tentang aturan menikah orang Minang. Menarik, berbeda meskipun rumit. Makanya, saya penasaran dengan setiap latar yang diceritakan dalam novel Semangkuk Rendang di Negeri Paman Sam.

    Semoga kak Hadi bersama penulis dan penerbit buku "Semangkuk Rendang di Negeri Paman Sam" memilih saya untuk menjadi pemenang giveaway kali ini 😬

    Terima kasih, salam.

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

#GagasDebut GiveAway | Novel Selamat Datang Cinta by @OdetRahma

Kenapa buku ini harus dimiliki?



Simak Review dan Obrolan saya dengan Penulis Selamat Datang Cinta di postingan saya sebelumnya. Atau, silakan simak review dari Mpok Wuri berikut ini. ENTER!