Review Dapodik 2018

Udah pasang dapodik baru belum nih? Buat yantg belum unduh silakan ke link ini klik aja coy!

Jadi per Agustus ini udah lahiran dapodik baru buat taun ajaran 2017/2018, namanya Dapodik 2018. Mantap ya namanya, padahal sekarang masih ada di tahun 2017, ya setidaknya empat bulanan lagi baru deh ketemu 2018. Tapi aplikasi yang sangat menyibukkan para Operator Sekolah ini beneran lahir dengan nama itu. 

Saya sudah pasang dua hari yang lalu. Dan berikut review saya. 

1. Instalasi

Mungkin dimulai dari sini. Instalasi seperti biasa, karena ini bukan patch jadi kudu uninstall aplikasi sebelumnya yaitu 2017.c
Kalau sudah baru deh bisa dipasangkan atau diinstal aplikasi Dapodik 2018. Di bagian ini tidak ada perbedaan sama sekali. 


2. Registrasi 

Sebenarnya untuk menu yang ini masih sama kayak sebelumnya. Ada dua cara registrasi, yang pertama secara online dan yang kedua offline. 

Bedanya hanya ada di tampilan sebelah kanan, itu ada semacam slideshow yang menampilkan gambar tahun pelajaran 2017/2018 semester ganjil. Kemarin saya coba registrasi secara online. Tidak perlu waktu lama kok. Mungkin karena sinyal juga mendukung, jadinya cepat, kira kira 5 menitan lah. Nah ini tampilan menu registrasinya. Benar-benar sama. 


menu registrasi
3. Login

Waktu login sama banget. Cuma masukkan username dan password doang, nggak ada yang spesial di menu ini.

4. Halaman Utama Dapodik.2018

Nah, di laman ini baru lah muncul beberapa item yang tidak pernah ada pada dapodik sebelum-sebelumnya. 

Halaman utama dapodik 2018

Tampilannya seperti di atas itu. 

Ohya, jangan kaget kalau pada dapodiknya akan muncul Kepala Sekolah Belum Dipilih. Kalau pada Dapodik sebelumnya cukup memasukan SK Kepala Sekolah di GTK, kali ini lain. Perlu mengeklik menuh ubah (yang logonya gambar pensil) pada nama Kepala Sekolah, lalu cari bagian form Jenis PTK  ganti yang semula Guru Kelas  menjadi Kepala Sekolah. 

Bagian penerima BOS muncul Tidak, sama aja kayak yang sebelumnya, otak atik di bagian laman Sekolah. 

Terus ada penambahan item baru, terletak di bawah laman Nilai, yaitu laman Jadwal. Jadi di Dapodik kali ini Ops bakal ditambah ribet dengan menu itu. Hanya saja, ini tidak seribet waktu harus ngisi jadwal online pada simpatika kok. Sebab pada laman ini sudah punya link khusus pada pembelajaran yang telah diinputkan pada rombel. 

Baik, sisanya sama. 

Terus juga ada penambahan Validasi Pusat. Laman ini saya belum begitu paham. 

5. Singkronisasi 

Bagian ini samaaa. Kudu melakukan Validasi. Di aplikasi Dapodik 2018 ini ada dua biji Validasi, yang satunya Validasi Pusat. Isinya sih nyaris sama. Bedanya di Validasi ada report tentang data valid, invalid atau warning. Nah di Validasi Pusat ini nggak ada kayak gitu. 

Sinkronisasi


Proses singkronisasi pada Dapodik 2018 ini tetap masih harus melalui tahap Validasi. Cuma kali ini saya dapat problem nih. Ada tulisannya Disconected, nah loh? Bagaimana ini. 

Saya asumsikan ini adalah masalah sinyal di rumah saya. Tapi beberapa teman bilang dan menyarankan saya buat pasang SecurityKiss Tunnel. Ini bakal saya coba lagi besok, kalau masih bernasib sama ya baru saya pasang Kiss Tunel. Atau ada yang punya solusi lain?


Comments

  1. Saya nggak tau apa itu Dapodik Om Ntang... apa khusus pegiat/pegawai pendidikan saja?

    ReplyDelete
  2. Dapodik itu apa ya,? Apakah hanya untuk pelajar atau gmna,

    ReplyDelete
  3. Artikel ini sangat bagus loh guys .. silahkan di read yah
    DIMENSIQQ
    AGEN DOMINO
    AGEN POKER
    DOMINO ONLINE
    AGEN BANDARQ

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Kamus Bahasa Linggau