Wakacau, Sekolah Induk di Info GTK Warna Merah




Ada yan ngalamin hal serupa? Kalau kejadian seperti ini emang bikin cemas juga sih. Pertama, ada perasaan beban tersendiri yang bakal dirasa. Akibatnya bakal memicu apa saja. Bisa stress berlebih. Parahnya malah bikin mudah marah. 

Kedua, bakal dicap nggak baik. Misalnya dikatain nggak becus ngerjain ini. Ya elah, padal kadang dibelain melek malam juga. Kadang emang yang komentar itu nyelekit banget, kita yang jalanin cuma bisa diem, sedangkan rencana Tuhan tetap ada. Udahlah senyumin. 

Jadi ini sebenarnya apa? 
Buat yang nggak tahu ini adalah Info GTK. Ngejelasinnya gimana dah, agak ribet juga ya. Intinya ini adalah biodata PNS. Harus diunduh dan diprint. Gunanya adalah untuk digunakan sebagai pemberkasan sertifikasi. Bahasa sepelenya begitu.  +Edotz Herjunot  mungkin lebih bisa ngejelasin. Hehe 

Terus kalau udah kejadiannya seperti ini bagaimana? 

Dari berbagai sumber, katanya ada 6 penyebab kenapa hal ini bisa terjadi. 

1. Tidak/Belum diisi Pembelajaran Pada Semester Sebelumnya


Saya ngecek dapodik. Karena semua ini berkaitan dengan dapodik. Rasanya nggak mungkin kalo masalah saya ini terletak di sini. Jadi alasan ini tidak terjadi pada saya. Jadi pembelajaran pada semester sebelumnya aman. 

2. Status Induknya Pada Dapodik Tidak Dicentang


Saya sudah ngecek juga. Sejak input pertama kali juga sudah saya centang. Kalo ngerjain dapodik pasti tahulah di mana letak yang saya bahas ini. Ada di Penugasan GTK yes. 

Lanjut

3. Mengajar di Lebih dari 1 Sekolah dan Dicentang Sekolah Induk Semua


Ini mungkin terjadi. Karena hari ini, guru sertifikasi harus penuh mengajar 24 jam selama seminggu. Artinya, perlu mengajar di sekolah lain apabila guru yang bersangkutan di sekolah induknya kekurangan jam. Tapi di kasus saya ini, gurunya sudah cukup mengajar 24 jam. Jadi saya rasa bukan. 


4. Mengajar di Lebih dari 1 Sekolah dan Dicentang Bukan Sekolah Induk Semua


Sama kasusnya dengan poin ke 3. Jadi saya rasa bukan ini yang saya alami dengan GTK saya ini. Jadi pasti ada alasan yang lain. Oke, kita cek yang selanjutnya. 

5. NUPTK Dipakai di Sekolah Lain


Ya ini masih mirip-mirip dengan poin ke 3 dan 4. Tapi di kasus saya nggak mungkin, sebab emang GTK ini hanya mengajar di sekolah yang dapodiknya saya kelola. Jadi alasan di poin ini lewatkan saja. 

6. Salah Mengetik NUPTK


Nah, kayaknya feeling saya condong ke sini. Sebab beberapa hari terakhir di dapodiknya muncul tanda seru. Terus diproseslah dengan cara vervalptk. Caranya dengan klaim NUPTK. Tapi kalo di form NUPTK pada dapodiknya tidak terkunci, cukup lakukan input manual dari sana aja. Singkron. Selesai. 


Jadi solusi dari kasus ini, perhatikan dulu ada di poin mana. Biasanya info GTK berkaitan sekali sama Dapodik, jadi bakal rajin dan harus rajin singkron sih kayaknya. 

Sekian


Comments

  1. wah kacau!!








    gue kagak ngerti ini apaan. Hahahha

    ReplyDelete
  2. Ini apa sik? Maap gak ngerti :(

    ReplyDelete
  3. Artikel ini sangat bagus loh guys .. silahkan di read yah
    DIMENSIQQ
    AGEN DOMINO
    AGEN POKER
    DOMINO ONLINE
    AGEN BANDARQ

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Kamus Bahasa Linggau