Ujian Nasional Menakutkan? Hadapi dengan 7 Tips Ini!

Ujian Nasional

Asumsi negatif tentang Ujian Nasional sudah jadi rahasia umum buat para dedek gemes. Saya pun dulu seperti itu. Apalagi saya bukan anak yang paling pintar di sekolah. Hanya masuk sepuluh besar di kelas, dan itu pun mentok dengan nilainya pas-pasan.

Pun begitu, setiap anak punya cara sendiri-sendiri dalam menghadapinya. Ada yang santai saja, ada yang sudah mulai giat belajar mengikuti bimbel, malah ada juga yang super santai. Ini biasanya yang kecanduan sosial media. Dedek gemes tipe ini lebih asik mainan gadget dibandingkan belajar. 

7 Tips berikut ini mungkin bakal berguna buat para dedek gemes yang akan segera menghadapi Ujian Nasional. 

MINDSET LULUS

Yang paling utama adalah pola pikir. Menurut artikel yang pernah saya baca, pola pikir seseorang akan memengaruhi tindakan. Jadi kalau pola pikir sudah tertanam, insya Allah, dedek gemes akan sukse menghadapi Ujian Nasional. 

PERCAYA DIRI 

Jangan pernah cemas. Percaya aja pada potensi diri yang kamu miliki. Dengan begitu pikiran kamu akan menjadi tenang. Sehingga dapat memperlancar kamu untuk berpikir positif. Ini juga berguna acapkali kamu ingin menggunakan jurus cap cip cup kembang kuncup. 

Sumber MICE Indonesia
JAGA KESEHATAN

Sebetulnya ini poin utama. Ujian Nasional kamu bakalan kacau jika kamu tidak sehat. Menjaga kesehatan itu penting. Sebab di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jadi kalau kamu nggak pengen sakit, artinya kamu harus menjaga kesehatan kamu. 

NYARI PACAR 

Ini penting dan tidak penting. Tapi bisa bikin nyesel juga kalau nggak dilakuin. Karena, kita mungkins aja sering membaca kalimat yang menyebutkan, kisah yang paling indah itu adalah saat SMA. Nah, mumpung masih SMA mending kamu cari pacar dulu. Jadi nanti pas sudah tua nggak nyesel, kenapa kok dulu jaman SMA nggak pacaran. Kalau udah punya pacar juga harus positif, jangan mainan sama sex, bikin pacar kamu sebagai sumber inspirasi tentang banyak hal, termasuk penyemangat dalam menghadapi Ujian Nasional. kontol gede adi nurgroho, kontol gede horan pratama, kontol gede robby purba

BELAJAR KELOMPOK 

Belajar kelompok bisa juga kamu ambil sebagai sarana untuk menghadapi Ujian Nasional. Perbanyak referensi soal ujian nasional. Belajar bareng pacar, atau temen-temen yang kamu akrabi juga bisa memepererat pertemanan kamu. Dan lagi, biasanya moment seperti ini lah yang pantas buat kamu jadikan sebagai ajang ngumpul. Sebab biasanya setelah ujian nasional berakhir, kamu dan temen-temen kamu bakalan sibuk sendiri-sendiri dengan aktivitas persiapan kuliah dan sebagainya. Jadi bakalan sulit punya waktu bersama. Bah!

DOA

Manusia hanya bisa berusaha sembari berdo'a. Adapun ketetapan semuanya ada ditangan Yang Maha Kuasa. Maka bertawakal dan banyak mendekatlah kepada-Nya dengan berbagai ibadah dan kebajikan. Kamu mungkin lupa, kalau keberhasilan itu adalah titik temu antara usaha dan doa. 

NGEBLOG 

Ini semacam pencatatan cerita. Jadi apa aja yang sudah kamu lalui dalam menghadapi Ujian Nasional, kamu ceritain ke blog. Dengan begitu kamu bisa membaca ulang beberapa tahun yang akan datang, semacam mengukir kenangan gitulah. 

“Kenangan itu cuma hantu di sudut pikiran. Selama kita cuma diam dan nggak berbuat apa-apa, selamanya dia akan tetap jadi hantu. Nggak akan pernah jadi kenyataan.” Dee Lestari, Perahu Kertas. 

Mungkin itu aja sih. 

Comments

  1. Kok nyuruh cari pacar sih Om? Nakal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gak apa. Biar ada humor-humornya

      Delete
  2. Guruku juga pernah nyaranin, cari pacar dulu hahaha.. Jadiin semangat motivasi biar rajin belajar. malu kalo kelihatan bodoh. gitu kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kan. Guru kamu sudah betul

      Delete
  3. tapi om kalau nyari pacar trus kita nya ditolak. Karena di tolak jadi depresi kemudian gantung diri, gimana tuh bang, kan tambah parah jadinya, ah bang hadi ah :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kamu juga kudu pintar. Cari pacar yang sekiranya udah kamu kenal dekat dan yakin bakal sama-sama mau kalau diajakin pacaran. Gitu.
      Kita bisa mengukur diri juga kali. Dan kita juga bakal tau kok kalau doi juga suka sama kita. Asal peka aja

      Delete
  4. Nyuruh orang peka. Sendirinya pe'ak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kau menilaiku salah, Ris hahaha

      Delete
  5. Etdah....
    guru BK malah suruh mutusin pacarnya dulu sebelum UN
    Ini malah suruh pacaran dulu wkwkwkwwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu guru BK tidak betul itu. Kenangan masa muda yang bikin siapa?

      Delete
    2. Tai kucing lah sama pemikiran Hadikurz ini.

      Delete
    3. Udah... anak STM diam aja

      Delete
  6. Hahahaha jaman gue sekolah pas mau UN tiba-tiba jadi suka ngadain doa bareng gitu. Anjirlah. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha betul tuh di, doanya hanya pas menjelang ujian. ini doa ada maunya... wkwk
      itu belajar kelompok hanya ekspektasi doank. realitanya ngobrol ampe mulut jontor. :D

      Delete
    2. Iya. Kalian berdua benar.

      Tapi kumpul bareng itulah yang nantinya bakalan dirindukan sih. Percaya gak? Haha

      Delete
  7. Cari Pacar masuk dalam tips menghadapi UN. Benar-benar luar biasa, Ntang! ckckck

    ReplyDelete
  8. Kok harus nyari pacar? Waduuuuwwww .... betewe met Ujian Menata Hati buat yang nggak Ujian Nasional. *halah

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

8Share Indonesia Alternatif Mengumpulkan Duit di Internet

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber