Fenomena Meme dan Beberapa Dampak Pada Kawula Muda

Fenomena meme di media sosial membawa sebuah candaan baru buat para kawula muda. Bagi saya, ini adalah lelucon paling fenomenal dan segar aja sih. 

Menurut wikipedia, Meme Comic adalah The term Internet meme (pronounced /ˈmiːm/; meem)[1] is used to describe a concept that spreads via the Internet.[2] The term is a reference to the concept of memes, although te latter concept refers to a much broader category of cultural information. 


Apa dah tuh artinya?


Intinya kata Mbak Wiki, meme itu dibaca meem, atau bagi lidah orang Indonesia bacanya mim. Tapi saya tetep bacanya meme sih sesuai tulisannya.

Perkembangan media sosial di Indonesia sekarang ini pesat sekali. Ini juga yang menyebabkan meme menyebar begitu cepat. Bahkan bagi anak muda tertentu, meme malah dijadikan sebagai trend. Nah... supaya kekinian, saya juga ikutan tuh bikin meme seadanya.

Ini nih bentuknya.

Meme Comic Hadi Kurniawan

Semacam korban iklan, atau fakir identitas ini mah. Tapi lupakan. Karena sejatinya, selain memberikan hiburan yang lucu-lucu, fenomena meme comic di Indonesia konon katanya malah memeberikan beberapa dampak untuk psikologis anak muda. Dampak-dampaknya itu katanya begini:

ANAK MUDA MENGANGGAP SEMUA HAL SEBAGAI CANDAAN

Anak muda emang adalah golongan yang paling mudah terbawa arus. Ingat kalimat di situ kadang saya merasa sedih? Kalimat itu menyebar begitu saja, dan tahu-tahu ada aja yang bikin meme. Misal masang foto apa, terus dibikin kalimat yang miris kemudian dibubuhi kalimat di situ kadang merasa sedih. 

Oh ya, pas kejadian Haji Lulung juga sempat heboh tuh. Jadi seamacam menertawakan sesuatu yang tidah patut untuk ditertawakan.

Tapi sebagai anak muda ya kita ambil positifnya aja sih, kadang emang anak muda kayak kita gini suka masa bodoh, kalau kita merasa lucu ya udah ketawa aja. Buat apa kan meduliin Haji Lulung? Kenal juga kagak. *Lol 

MEMBUAT KETAGIHAN DAN LUPA WAKTU 

Katanya hadirnya meme ini dinilai akan membuang waktu. Karena asik dengan satu meme yang lucu, seseorang akan kepo dengan meme yang lain, yang lainnya lagi, lagi dan lagi. 

Dalam hal ini saya bisa sepakat dengan ungkapan itu, namun di sisi lain saya bisa menolaknya.  
Jadi gini, bikin ketagihan sih iya. Lupa waktu juga iya. Tapi kan jauh dari dampak yang katanya negatif itu sebenarnya ada juga kok dampak positifnya. Soalnya bakal menambah kreatifitas anak muda. 

Sekarang meme kan bukan cuma dibuat untuk ngebecandain isu politik, sesuatu yang lagi tren, atau lain-lain. Meme juga bisa dibuat untuk nyinyirin isu percintaan, malah bisa diisi dengan kalimat motivasi, jadi intinya meme bisa dibuat dengan kalimat yang beragam, namun tetap saja menghibur. Karena tujuan utama kreatifitas ini kan satu menghibur.  Dan semua orang sekarang bisa bikin meme. Tak perlu lama-lama. Tak perlu banyak tenaga. Ini terasa mudah. Buktinya di atas saya juga bisa bikin meme sendiri tuh. 

sumber: grup WhatsApp Hirawling Kingdom


MUDAH MENCAP BURUK SESUATU

Bisa iya, jika meme yang dibuat untuk tujuan menyudutkan sesuatu. Tapi kalau yang disudutkan orangnya ganteng begini, apa masih mau mikir buruk lagi? :D 

sumber: instagram

Sekarang itu ya, jadi anak muda juga kudu bisa mikirin mana yang baik dan mana yang buruk. Ngetawain sesuatu itu mending ya sewajarnya aja. Karena kadang yang kita anggap lucu, orang lain menilainya lain. Jadi ya kitanya sendiri yang kudu cerdas. Dan ya, jangan akses www.cerdas.com lah untuk menjadi cerdas.  Haha

Gimana tanggapanmu?

Comments

  1. Ini postingan semacam woro-woro terselubung ya? Hm... sudah kuduga.
    Ngetawain sesuatu yang dirasa 'iya' banget. Ya ngetawain diri sendiri kebanyakan ya?
    Sukses selalu, Mas. Semoga langgeng. Itu aja pesan dariku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak ada pesan terselubung juga sih

      Delete
  2. kalo saya sih biasanya bikin meme buat ngetawain diri sendiri, nyindir diri sendiri, yang ngerjain karya akhir nggak kelar2 :D

    lupa waktu? nggak lupa sih. tapi emang lebih asyik bikin meme ato ngepoin meme ketimbang ngerjain hal bermanfaat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Lucu ya emang :D
      Ketawa itu dimulai dari diri sendiri kan

      Delete
  3. Lebih suka ngepoin meme2 bikinan orang lunayan untuk menghibur hati yg lara

    ReplyDelete
  4. kalo menurut saya sih terkesan lebay kali ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, emang alay :D tapi lucuuu

      Delete
  5. Jargon yg hits dari meme biasanya akan berujung ke lagu dangdut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakaka
      Iya, da aku mah apa atuh :D

      Delete
  6. Saya dari dulu gak suka meme-meme giian, liat aja isinya anak alay dengan bahasa yang kayak fakir odentitas deh. Kadang atara komentar dan kontennya gak nyambung. Saya lebih bersimpatik dengan meme luar seperti 9gag aja

    ReplyDelete
  7. Foto meme emang menghibur sih apalagi kalau kata-katanya bikin ketawa terus \=d/

    ReplyDelete
  8. Yang terakhir bikin sakit mata nih, bang Hadi~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh, kenapa kok sakit mata dek? Hahah

      Delete
  9. saya lebih suka 9gag bro, meme indonesia kayaknya sekarang kurang kocak lagi soalnya lebih bahas cinta-cintaan dan gak jauh dari pembully-an jomblo
    jiahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener.
      Makanya ada yang bilang berdampak pada psikologis remaja :D

      Delete
  10. Yang terakhir. Semacam no mention, terselubung dan entah apapun itu. Wkwkwkw....
    meme indonesia sih kebanyakan cenderung sebagai candaan yang tanpa batas. Seperti adanya bully di salah satu kaum atau entah itu. Mending 9gag, lumayan cerdas ngehiburnya, bahasa inggris walaupun kadang ada kata yang bikin salah artian hehehe...

    Ya intinya selera sih :))

    ReplyDelete
  11. Menurutku sih meme ngelatih kreatifitas juga ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Popular posts from this blog

8Share Indonesia Alternatif Mengumpulkan Duit di Internet

Decolsin Solusi Flu Batuk yang Menyebabkan Kantuk

Cara Paralel Propana Reload ke Jabber